One Championship: Angela Lee Umumkan Pensiun di One Fight Night 14

Angela Lee memilih mundur dari MMA termasuk One Championship menyusul kematian tragis adiknya di usia 18 tahun.

oleh Thomas diperbarui 30 Sep 2023, 14:44 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 14:36 WIB
Angela Lee (One Championship)
Angela Lee (One Championship)

Liputan6.com, Jakarta- Keputusan mengejutkan dibuat atlet MMA wanita ternama Angela Lee pada One Fight Night 14 yang berlangsung di Singapura, Sabtu (30/9/2023). Angela mengumumkan pensiun dari mixed martial arts yang sudah membesarkan namanya menyusul kematian adiknya yang baru berusia 18 tahun.

Wanita 27 tahun tersebut berada duduk di sisi kandang menyaksikan One Fight Night 14 di Singapore Indoor Stadium. Angela kemudian bergabung dalam ruang komentar untuk laga utama antara Stamp Fairtex dan Ham Seo-hee, yang akan bertarung memperebutkan sabuk juara sementara.

Angela meletakkan sabuknya di atas kanvas di dalam Circle Singapore Indoor Stadium sebelum laga, saat wawancara dengan komentator ONE Mitch Chilson setelah laga pendukung utama.

Setelah pengumuman mengejutkan Angela Lee, gelar juara untuk pertarungan Fairtex dengan Ham tersebut ditingkatkan menjadi gelar tak terbantahkan.

Fairtex yang berhasil memenanginya usai menang TKO atas Ham pada ronde ketiga. Fairtex ini merupakan juara sejati ONE di kategori MMA, Kickboxing dan Muay Thai.

“Saya di sini hari ini untuk secara resmi mengumumkan pengunduran diri saya. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar, kepada ONE Championship, kepada Chatri [Sityodtong, ketua, ONE], kepada tim saya, dan kepada semuanya. Ada begitu banyak pertarungan di dalam dan di luar arena," ujar Angela Lee.


Kepergian Adik Jadi Penyebab Utama Angela Lee Mundur

Angela Lee kemudian memeluk suaminya dan sesama petarung Bruno Pucci, serta putri mereka yang berusia dua tahun, dalam perjalanan keluar dari Circle, sebelum bergabung dengan ruang komentar untuk acara utama.

Adik Angela Lee, Victoria meninggal dunia pada Desember tahun lalu karena bunuh diri. Victoria sudah sempat mencoba bunuh diri pada November 2017. Ketika itu Victoria dengan sengaja mengendarai mobilnya menuruni lereng bukit hanya beberapa minggu sebelum jadwal mempertahankan gelar.

Kepergian Victoria yang tragis sangat memukul Angela Lee. “Dia [Victoria] adalah rekan latihan utama saya. Jadi saya tahu bahwa ini adalah keputusan yang tepat dan saya hanya menutup pintu pada bab ini dan siap untuk membuka bab berikutnya yaitu Fightstory,” katanya kemudian kepada media di belakang panggung.


Petarung Wanita Terbaik ONE Championship

Angela Lee merupakan petarung wanita terbaik dalam sejarah ONE Championship. Dia memiliki rekor bertandingan 11 kali menang dan tiga kali kalah. Angela tinggal di Hawaii, tapi merupakan kelahiran Kanada dari orang tua asal Singapura dan Korea.

Pertama kali Angela Lee menjadi juara di One Championship pada tahun 2016 saat masih berusia 19 tahun. Dia pun menjadi juara dunia termuda dalam sejarah mixed martial arts.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya