Resmi Jadi WNI, Justin Hubner Ungkap Alasan Pilih Bela Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Justin Hubner mengungkap alasannya bersedia membela Timnas Indonesia dibanding Belanda usai mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023) pagi WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 06 Des 2023, 18:18 WIB
Diterbitkan 06 Des 2023, 16:30 WIB
Foto: Wajah Semringah Justin Hubner usai Disumpah Jadi WNI, Siap Perkuat Timnas Indonesia
Pemain naturalisasi Indonesia, Justin Hubner, mengungkap alasannya memilih membela Timnas Indonesia dibanding Belanda usai pengambilan sumpah WNI yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham), Jakarta Timur, Rabu (06/12/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Justin Hubner resmi menjadi warga negara Indonesia. Pesepak bola berusia 20 tahun itu mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta pada Rabu (6/12/2023) pagi WIB.

Dengan demikian, Justin Hubner menyusul rekan-rekannya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang sudah lebih dulu menyandang status sebagai warga Tanah Air. 

Trio pemain semula memang diagendakan menjalani proses naturalisasi yang hampir bersamaan lantaran hendak didapuk untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Piala Dunia U-20 2023. 

Akan tetapi, naturalisasi Hubner sempat terhenti sementara ketika Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan tak bisa berpartisipasi di turnamen resmi FIFA tersebut. 

Barulah pada awal November, PSSI memberi update positif soal pemindahan kewarganegaraan pemain berdarah Indonesia-Belanda itu. 

Justin Hubner bersedia melanjutkan proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI per 6 Desember 2023, meski ia sejatinya pernah dipanggil memperkuat Timnas Belanda U-20


Alasan Justin Hubner Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Justin Hubner
Pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner. (dok. PSSI)

Pasca pengambilan sumpah kewarganegaraan, Justin Hubner pun mengungkap alasannya memilih melanjutkan naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. 

Ia merasa kagum dengan tim Merah Putih yang punya basis suporter besar. Penggawa muda Wolverhampton Wanderers pun menilai Timnas Indonesia saat inj punya generasi emas yang berpotensi mendulang prestasi.

"Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda. Saya berpikir kita punya generasi yang bagus dan bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini," ucap Hubner pasca mengambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023). 

"Saya sangat bahagia dan bangga bisa bermain untuk timnas Indonesia," sambung pesepak bola berusia 20 tahun kepada awak media.


Ambisi Hubner Bersama Timnas Indonesia

Justin Hubner
Momen Justin Hubner resmi menyandang status WNI setelah diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Meski baru sehari menjadi warga negara Indonesia, Justin Hubner rupanya sudah punya ambisi besar bersama Skuad Garuda. Ia berniat membantu Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

"Semoga timnas kita bisa lolos ke Piala Dunia tentunya. Dan di Piala Asia, semoga bisa memenangkan beberapa pertandingan di sana. Kami ingin membuat Indonesia bangga atas apa yang kami lakukan," ucap Hubner. 

"Saya sudah tidak sabar untuk pergi ke Qatar dan menghadapi Jepang, Vietnam, dan negara lainnya. Semoga kami bisa meraih banyak hal dan saya akan melakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan," pungkas dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya