4 Pemain yang Berpotensi Tinggalkan Manchester City Sebelum Pep Guardiola

Pelatih Manchester City Pep Guardiola diisukan bakal hengkang dari Etihad usai kontraknya berakhir pada pengujung musim depan. Namun, sebelum sang juru taktik angkat kaki, ada deretan pemain yang berpotensi lebih dulu meninggalkan The Citizens. Siapa saja mereka?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 31 Mei 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 03:00 WIB
Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, diperkirakan bakal pergi dari Etihad akhir musim depan. Namun sebelum dia angkat kaki, ada deretan pemain yang diklaim berpotensi cabut lebih dulu meninggalkan The Citizens. (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berpotensi kehilangan sosok penting skuadnya dalam waktu dekat. Di tengah kontroversi Financial Fair Play (FFP), kabar soal kepergian manajer Pep Guardiola juga berembus kian kencang, mengingat ontrak sang juru taktik bersama The Citizens memang bakal habis pada musim panas 2025.

Kepergian Guardiola tak ayal bakal menyebabkan kehilangan besar bagi klub raksasa Liga Inggris. Pasalnya, pria berkepala plontos itu memainkan peran penting di balik keberhasilan City merangsek jadi salah satu tim kuat Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

GiveMeSport mencatat, Pep Guardiola yang bertugas di Etihad sejak 2016 mampu mempersembahkan trofi Liga Champions perdana klub sekaligus menciptakan treble winners musim lalu. Dia juga membawa City menorehkan sejarah gemilang dengan menjadi juara Premier League empat musim berturut-turut.

Sayangnya di sisi lain, laporan Daily Mail juga menyebut pria berusia 53 tahun sudah siap-siap angkat kaki dari Etihad akhir musim depan. Menariknya, Guardiola tak jadi satu-satunya nama beken City yang bakal pergi.

Sejumlah pemain juga dirumorkan segera cabut meninggalkan klub. Malahan, mereka digadang-gadang bisa pergi lebih dulu ketimbang juru taktik Pep Guardiola. Siapa saja pemain yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ederson

Foto: Dua Gol Erling Haaland ke Gawang Tottenham Dekatkan Man City Cetak Rekor 4 Gelar Beruntun Liga Inggris
Kiper Manchester City, Ederson Moraes berbicara dengan pelatih Pep Guardiola usai ditarik keluar akibat cedera saat menghadapi Tottenham Hotspur pada laga tunda pekan ke-34 Liga Inggris 2023/2024 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Selasa (14/5/2024). (AP Photo/Kin Cheung)

Ederson jadi nama pertama yang berpotensi meninggalkan Manchester City. Kiper asal Brasil itu sejatinya cukup jadi andalan di bawah mistar gawang, dengan situs Transfermarkt mencatat dia telah tampil dalam 43 laga di semua kompetisi untuk The Citizens musim ini.

Hanya saja, GiveMeSport mengungkap pria berusia 30 tahun itu diam-diam dispekulasikan tergiur dengan daya tarik finansial yang dimiliki klub-klub Arab Saudi. Alhasil, dia berpotensi cabut dari Etihad untuk memberi promosi kepada kiper City lainnya, Stefan Ortega.


2. Kalvin Phillips

Foto: Deretan Pemain yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Pep Guardiola
Sejak pindah ke Manchester City, karier Kalvin Phillips malah menurun. Selain kalah bersaing dari Rodri, sejumlah cedera mengganggu penampilannya. Pada musim ini, Phillips baru mendapat kesempatan bermain sebanyak sembilan kali. (AFP/Adrian Dennis)

Kalvin Phillips tiba di Etihad setelah tampil gemilang bersama Leeds United. Akan tetapi, keberadaannya segera dikesampingkan oleh Pep Guardiola. Dia sulit menembus tim utama dan kerap gagal memanfaatkan kesempatan ketika namanya diikutsertakan dalam daftar pemain pilihan pelatih.

GiveMeSport juga mengungkap Kalvin Phillips tak tampil begitu bagus ketika dipinjamkan ke West Ham. Situasi tersebut membuat pesepak bola berusia 28 tahun berpotensi segera cabut dari Etihad, dengan Everton jadi tim yang dikaitkan pada kepindahan sang pemain.


3. Kyle Walker

FOTO: Sempat Tertinggal, Manchester City Bangkit Kalahkan Burnley
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan instruksi kepada Kyle Walker saat melawan Burnley, pada laga Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (6/1/2018). City menang 4-1 atas Burnley. (AFP/Oli Scarff)

Kyle Walker merupakan kapten dalam skuad racikan Pep Guardiola. Dia sempat diperkirakan bakal pergi dari Etihad pada musim panas lalu, mengingat jasanya amat diminati oleh klub raksasa Bundesliga Bayern Munchen.

Kendati begitu, dia memutuskan bertahan dengan Manchester City dan menandatangani perpanjangan kontrak sampai 2026. Walker lantas membantu timnya memenangkan trofi Premier League keempat berturut-turut di kampanye 2023/2024, meski gagal mempertahankan gelar Liga Champions dan Piala FA.

Hanya saja, laporan Daily Mail yang dilansir dari GiveMeSport mengungkap adanya minat dari Timur Tengah berpotensi menggoyahkan Walker untuk mengakhiri kerja sama dengan Manchester City.


4. Bernardo Silva

Foto: Gol Tunggal Bernardo Silva ke Gawang Chelsea Bawa Man City Jejakkan Kaki di Final Piala FA 2023/2024
Selebrasi para pemain Manchester City merayakan gol ke gawang Chelsea yang dicetak Bernardo Silva (tengah kiri) pada laga semifinal Piala FA 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Sabtu (20/4/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Bernardo Silva sejatinya merupakan gelandang berbakat yang cukup diandalkan Manchester City. Akan tetapi, rumor kepergiannya hampir selalu berembus tiap jendela transfer musim panas, dengan Barcelona digadang-gadang sebagai klub tujuan impian.

Dengan kontraknya yang bakal berakhir pada 2026, kepindahan Silva dari Manchester City diprediksi bakal kembali jadi topik bahasan di bursa transfer. Kebetulan, ada satu klub yang baru-baru ini juga disebut meminati jasa pemain Portugal, yakni raksasa Prancis Paris Saint-Germain.

Les Parisiens konon memandang Silva sebagai salah satu kandidat pengganti ideal untuk Kylian Mbappe. Bintang Timnas Prancis memang segera pergi dari timnya untuk bergabung dengan Real Madrid usai kontraknya bersama Les Parisiens berakhir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya