Bos Ducati Bocorkan Komposisi Tim dan Pembalap MotoGP 2025

Manager Tim Ducati Davide Tardozzi membocorkan komposisi pembalap untuk MotoGP 2025. Dia menyatakan Fabio Di Giannantonio siap dipertahankan dan Franco Morbidelli akan bergabung.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 03 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 06:00 WIB
Franco Morbidelli
Franco Morbidelli bakal membela Ducati di MotoGP 2025. (Lou BENOIST / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Manager Tim Ducati Davide Tardozzi membocorkan komposisi pembalap untuk MotoGP 2025. Dia menyatakan Fabio Di Giannantonio siap dipertahankan dan Franco Morbidelli akan bergabung.

Dengan Pertamina Enduro VR46 Racing menjadi rekanan resmi Ducati, menggantikan Prima Pramac Racing yang hengkang ke Yamaha, tersedia jatah satu Desmosedici GP25 bagi pembalap.

Tardozzi menyatakan motor utama tersebut bakal jadi milik Di Giannantonio yang segera diikat kontrak resmi. Morbidelli, yang membela Prima Pramac Racing di MotoGP 2024, bakal jadi rekannya menggantikan Marco Bezzecchi yang pergi ke Aprilia.

"Di Giannantonio mengendarai motor resmi dan Morbidelli mendapat GP24," kata Tardozzi, dilansir Canal+.

Manuver ini juga memberi kepastian terhadap posisi Fermin Aldeguer yang naik kasta dari Moto2 musim depan. Dia bakal menjadi rider tim satelit Ducati lain yakni Gresini Racing, menggantikan Marc Marquez.

Sebelumnya Ducati mempromosikan Marquez ke tim pabrikan untuk mendampingi Francesco Bagnaia. Keputusan ini menghasilkan efek domino. Enea Bastianini hijrah ke Tec3 KTM. Sedangkan Jorge Martin berlabuh ke Aprilia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ducati Pilih Tim Milik Valentino Rossi

Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Ducati
Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang diwakili sang Direktur tim, Alessio Salucci (kedua dari kiri) dan General Manager Ducati, Luigi Dall'Igna (kedua dari kanan), berfoto bersama usai penandatanganan kontrak, di mana tim milik Valentino Rossi itu akan menjadi tim satelit utama Ducati pada MotoGP 2025. (Bola.com/Dok.VR46 Racing Team)

Ducati memilih Pertamina Enduro VR46 Racing ketimbang Gresini Racing untuk menggantikan Prima Pramac Racing sebagai rekanan resmi. Keputusan ini memberi kebanggaan tersendiri bagi tim milik Valentino Rossi tersebut.

"Jika ada yang berkata kami akan dalam posisi ini beberapa tahun lalu, saya tidak bakal percaya. Ini momen signifikan bagi kami, mencapai status bergengsi hanya dalam tiga tahun," kata Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Alessio Salucci.

"Saya ingin mengucapkan setiap individu yang bekerja di tim, rekanan, serta Ducati yang percaya pada kami. Masa depan jelas memberi tantangan. Tapi kami tidak sabar menguji kemampuan dan coba mencapai hasil besar," sambungnya.

 


Dominasi Ducati di MotoGP

Foto: Francesco Bagnaia Rajai MotoGP Inggris 2022 dan Raih Gelar Back to Back di MotoGP Musim Ini
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia behasil menjuarai MotoGP Inggris 2022 yang merupakan seri ke-12 di musim ini yang berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (7/8/2022) malam WIB. (AP/Rui Vieira)

Ducati dalam dua musim terakhir memiliki empat tim dan delapan pembalap di MotoGP. Kelebihan sumber daya ini membantu mereka menancapkan dominasi.

Namun, jumlah tersebut bakal berkurang tahun depan dengan Prima Pramac Racing menerima pinangan Yamaha uang tidak memiliki tim satelit sejak RNF pindah ke Aprilia pada 2023.

MotoGP 2024
Infografis MotoGP 2024. (Liputan6.com/Gotri-Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya