Cek Fakta: Hoaks Karyawan Citos Positif Virus Corona Covid-19

Beredar di media sosial postingan terkait adanya pasien virus corona covid-19 di Cilandak Town Square. Kabar itu ramai dibicarakan di Facebook sejak akhir pekan lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 27 Jul 2020, 19:33 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2020, 19:00 WIB
Cek Fakta Citos
Cek Fakta karyawan di Citos terkena virus corona covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait adanya pasien virus corona covid-19 di Cilandak Town Square (Citos). Kabar itu ramai dibicarakan di Facebook sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah Anen No Names. Dia mengunggahnya pada Sabtu, 25 Juli 2020 kemarin.

Dalam postingannya, dia mengunggah foto dengan gambar ulasan Kopi Kenangan Cilandak Town Square. Foto tersebut disertai dengan narasi,

"info bapak, hindari Citos byk karyawannya terpapar covid-19, ini ada satu karyawannya masih menunggu tim medis evakuasi, hasil swab positif. Area Citos rawan."

Akun tersebut juga mengunggah kalimat, "tempat kerjaan gw zona merah."

Benarkah ada pasien virus corona covid-19 di Cilandak Town Square?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi pihak Cilandak Town Square. Mereka membantah ada salah satu karyawan tenant yang positif virus corona covid-19.

"Menanggapi berita tersebut tidak benar dan hoax! sudah kami dilaporkan kepada yang berwajib," ujar Jiebby Harold, Head of Public Relations Townsquare Group.

"Kami tetap buka setiap hari dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sebelum masuk kami menyediakan tempat cuci tangan dan cek suhu tubuh, dan area Citos wajib bermasker," katanya menambahkan.

"Semua pihak tenant menyediakan hand sanitizer, sarung tangan, cashless dan face shield. Kapasitas juga hanya 50 persen."

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri kabar ini melalui mesin pencarian Google. Hasilnya ada artikel yang berkaitan beberapa diantaranya dari Detik.com dan Kompas.com

Di Detik.com artikel berjudul, "Citos Bantah Broadcast Sejumlah Karyawan Terpapar Corona, Ini Penjelasannya."

Isinya sebagai berikut:

"Pihak Mal Cilandak Town Square membantah broadcast yang beredar terkait adanya sejumlah karyawannya yang terpapar Virus Corona (COVID-19). Pihak Citos memastikan sudah melakukan pengecekan terhadap karyawan dan tidak ada yang terkena COVID-19.Dalam broadcast yang beredar di grup-grup WhatsApp tersebut disampaikan, bahwa ada banyak karyawan Mal Citos yang terpapar COVID-19. Disebut pula satu karyawan Citos ada yang diisolasi sehingga kondisi mal tersebut saat ini rawan.

"Info bapak, hindari Citos byk karyawannya terpapar covid 19, ini ada satu karyawannya masih sdg diisolasi di rumahnya menunggu tim medis evakuasi, hasil swab positif. Area Citos rawan," demikian informasi dalam broadcast yang tersebar luas. Dikonfirmasi soal ini, Manajer Operasional Citos, Bambang langsung membantah.

"Enggak betul itu, enggak ada ini kita. Kemarin dari hari Jumat itu saya dapat kabar ini, berita yang dari group group WA itu, saya bingung juga itu, saya mau jawab juga jawab apa karena sampai saat ini nggak terima informasi masalah itu. Sementara ini gitu ya," kata Bambang saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Bambang memastikan pihaknya sudah berupaya melakukan penelusuran kepada karyawan usai mengetahui adanya broadcast ini. Hasilnya menurut dia hingga kini tidak ada karyawan yang ditemukan terpapar Corona.

"Oh sudah, dari Jumat kita sudah ngecek-ngecek dan kita nggak menemukan," ucapnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Kapolsek Cilandak, Kompol Martson Marbun mengaku pihaknya juga sempat menelusuri informasi yang beredar tersebut. Dia menyampaikan informasi tersebut sudah beredar sejak Jumat (24/7) lalu.

"Iya (kita cek), saya barusan berkomunikasi dengan manager Citos, setelah saya komunikasi dengan Citosnya bahwa itu berita memang dari hari Jumat, begitu ngomongnya," kata Martson saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Martson lalu menerangkan, berdasarkan penjelasan Manajer Mal Citos bahwa tidak ada karyawan yang terkena virus Corona.

"Itu berita dari Hari Jumat beredar. Sama sekali nggak ada kata manager Citosnya itu," ucapnya.

"Hasil koordinasi dengan Manajer Citos, itu untuk saat ini belum ada info itu, begitu ya," sambung Martson menegaskan.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marrulah Matali, dihubungi terpisah juga menyampaikan dirinya belum mendapat laporan terkait isu adanya penularan di Citos tersebut. Meski demikian dia meminta masyarakat untuk tetap waspada.

"Saya belum dapat informasi. Tanya sama yang tracing deh. Belum dilaporkan ke saya. Imbauan saya waspada ya," sebut Marrulah."

serta artikel Kompas.com berjudul, Foto Viral Karyawan Kopi Kenangan Citos Positif Covid-19, Manajemen Citos Pastikan Hoaks

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Foto Viral Karyawan Kopi Kenangan Citos Positif Covid-19, Manajemen Citos Pastikan Hoaks."

Isinya sebagai berikut:

"Sebuah foto berisi imbauan untuk menghindari kawasan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta, karena adanya kasus Covid-19 menjadi viral. Dalam foto di sebuah kolom ulasan Kopi Kenangan Citos, disebutkan ada satu karyawan Toko Kopi Kenangan di Citos sedang dikarantina di rumah lantaran terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani swab test.

Berikut keterangan foto secara lengkapnya, “info bapak, hindari Citos byk karyawannya yang terpapar Covid19, ini ada salah karyawannya masih sdg isolasi di rumahnya menunggu tim medis evakuasi, hasil swab tes positif. Area Citos rawan ????????”.

Menanggapi foto yang viral tersebut, Kepala Departemen Customer Service Citos Indra Firdaus membantah adanya informasi terkait karyawan di Citos ataupun Toko Kopi Kenangan yang positif Covid-19.

“Informasi itu hoaks. Sudah dipastikan tak ada berita (karyawan positif Covid-19). Saat ini toko Kopi Kenangan buka dan tak ada penutupan sama sekali,” ujar Indra saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/7/2020) siang.

Menurut dia, saat ini Citos beroperasi secara normal. Semua tenant di Citos membuka pelayanannya untuk pengunjung. “Semua protokol kesehatan berjalan normal di semua tenant. Semua pihak tenant menyediakan hand sanitizer, sarung tangan, dan face shield,” tambah Indra."


Kesimpulan:

HOAX
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Postingan viral di Facebook yang menyebut ada karyawan Kopi Kenangan Citos positif virus corona covid-19 adalah salah.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya