Simak Sejumlah Fakta Video Hewan Purba yang Bikin Gempar

Berikut fakta sebenarnya dibalik video hewan purba Magetan.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 17 Des 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 17 Des 2020, 09:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video evakuasi hewan purba yang menyerang warga Magetan
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video evakuasi hewan purba yang menyerang warga Magetan

Liputan6.com, Jakarta Media sosial dihebohkan video yang menampilkan sosok yang menyerupai binatang purba yang diturunkan dari truk, sejumlah informasi pun beredar mengenai video sosok yang menyerupai binatang purba tersebut, salah satunya menyebut vide tersebut adalah evakuasi binatang purba yang telah menyerang warga Magetan, Jawa Timur.

Video yang diunggah menampilkan sosok yang menyerupai hewan purba yang sedang diturunkan dari kendaraan truk oleh sejumlah orang, kemudian hewan tersebut meronta hingga membuat seorang yang memegang tali pengikat terjatuh. Dalam video berdurasi 3.12 menit suasana berkabut tersebut terdapat bangunan menyerupai tembok pagar bertuliskan "DINOSAURUS PARK Mojosemi Forest Park".

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri video tersebut dan memperoleh sejumlah fakta yang membantah informasi evakuasi binatang purba yang telah menyerang warga Magetan

Berikut fakta sebenarnya dari video yang diklaimhewan purba tersebut:

1. Video promosi

General Manger Managert Mojosemi Forest Park Nanang Sedayu mengatakan, video tersebut merupakan teaser video promosi wahana Dinosaurus Park yang ada didalam Kawasan Mojosemi Forest Park.

"Kemarin itu kita bikin teaser video kebetulan di Mojosemi ada wahana Dinosaurus Park," kata Nanang, saat berbincang dengan Liputan6.com.

 

2. Dibuat menyerupai asli

Menurut Nanang, hewan purba dalam video tersebut dibuat dengan skala dan bentuk menyerupai aslinya. Replika hewan purba yang ada di dalam video tersebut bisa bergerak dengan bantuan mesin animatronik.

"Itu menyesuaikan skala aslinya, dari bentuk dan bahannya dibuat semirip mungkin," ujar Nanang.

 

3. Ada 20 spesies binatang purba

 Wahana Dinosaurus Park yang ada didalam Kawasan Mojosemi Forest Park memiliki 20 jenis hewan purba spesies dino saurus. Hewan yang ada di dalam video berjenis Triceratops merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang memiliki panjang mencapai 9 meter dan tinggi sekitar 3,8 meter. Berat dari Triceratops diperkirakan mencapai 6,5 ton. Fosil dinosaurus ini pun pertama kali ditemukan pada periode Campanian atau sekitar 83,6 hingga 72,1 juta tahun lalu.

"Kami memiliki 20 spesies dinosaurus," tuturnya.

 

4. Bikin heboh

Nanang mengakui video tersebut membuat gempar. Namun dia menegaskan, itu hanyalah pembuatan video teaser promo Dinosaurus Park wahana yang ada di Mojosemi Forest Park.

"Kita turunin di depan memang untuk membuat video teaser," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut


Tentang Cek Fakta Liputan6,com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya