Cek Fakta: Tidak Benar Uji Coba Vaksin Covid-19 Diterapkan ke Manusia Setelah Membuat Hewan Mati

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 27 Mei 2021, 13:22 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2021, 13:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati. Klaim tersebut beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan ke manusia setelah membuat hewan mati berupa video yang diklaim menampilkan sidang majelis Texas.

Video tersebut menampilkan seorang yang duduk menghadap sejumlah orang, pada video tersebut terdapat tulisan " SEMUA HEWAN MATI AKIBAT UJI COBA VAKSIN COVID SEKARANG MEREKA MENERAPKAN KE MANUSIA".Orang dalam video tersebut menggunakan bahasa asing.

Benarkah klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan ke manusia setelah membuat hewan mati? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati menggunakan Google Search dengan kata kunci 'dead animal vaccine test in the Texas trial', penelusuran mengarah pada artikel berjudul "COVID-19 vaccines were tested in animals and clinical trials before receiving authorization; vaccinated people aren’t dying at a higher rate than unvaccinated people" yang dimuat situs healthfeedback.org.

Artikel situs healthfeedback.org menyebutkan Klip video pertemuan Komite Senat Texas pada 6 Mei 2021 yang menunjukkan pertukaran pendapat tentang keamanan vaksin Covid-19 antara Senator Negara Bagian Texas Bob Hall dan dokter anak Angelina Farella yang tidak akurat dan menyesatkan.

Pernyataan Hall ini tidak akurat dan menyesatkan dalam beberapa hal. Pertama, vaksin yang diuji selama uji praklinis tidak menyebabkan hewan mati, juga tidak berhenti karena hewan mati. Seperti yang dijelaskan dalam pemeriksaan fakta oleh Full Fact, jika hewan telah mati selama uji praklinis, uji klinis pada manusia juga akan dihentikan, dan “Fakta bahwa [uji klinis pada manusia] tidak [dihentikan] menunjukkan hewan tersebut tidak mati mendadak ”.

Hall mungkin mengacaukan hasil studi tahun 1990 yang dilakukan pada kandidat vaksin virus korona sebelumnya [5], yang menargetkan virus yang menginfeksi kucing tetapi bukan manusia, dengan virus dari vaksin Covid-19. Dalam studi tahun 1990 tersebut, beberapa kucing yang divaksinasi mati setelah terinfeksi feline coronavirus akibat fenomena yang dikenal sebagai antibody-dependent enhancement (ADE). Ini terjadi ketika antibodi yang dihasilkan melawan virus meningkatkan kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit, alih-alih melindungi individu yang terinfeksi.

Namun, temuan ini tidak dapat diekstrapolasi menjadi vaksin Covid-19, karena ADE tidak diamati selama uji klinis yang menguji vaksin Covid-19, seperti yang dijelaskan dalam tinjauan Umpan Balik Kesehatan sebelumnya. Bukti lain yang menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 tidak menyebabkan ADE adalah fakta bahwa orang yang divaksinasi yang terinfeksi cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan Covid-19 parah dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi. Pengamatan ini tidak sesuai dengan klaim bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan penyakit yang lebih parah melalui ADE.

Pernyataan orang yang menerima vaksin COVID-19 adalah "kelinci percobaan" menyesatkan. Faktanya, FDA mengharuskan perusahaan untuk menyerahkan bukti yang menunjukkan bahwa vaksin itu efektif, dan manfaatnya lebih besar daripada risikonya, sebelum otorisasi penggunaan darurat mengeluarkan Keamanan dan kemanjuran vaksin RNA, yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna, uji klinis Tahap 2 dan 3 pada puluhan ribu orang [6,7].

Uji coba fase 1 dan 2 dari vaksin Johnson & Johnson dipublikasikan di New England Journal of Medicine, menunjukkan vaksin tersebut aman, sementara analisis sementara dari uji coba Fase 3, yang saat ini sedang berlangsung pada puluhan ribu orang, untuk vaksin yang sama juga menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif melindungi orang dewasa dari penyakit yang parah.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul ""COVID-19 Jab: They skipped all animal trials because all animals were dying and went directly to people." yang dimuat situs politifact.com, pada 15 Mei 2021.

Artikel situs politifact.com menyebutkan, tiga vaksin resmi untuk penggunaan darurat di AS, yaitu Pfizer, BioNTech dan Moderna dua dosis dan vaksin Johnson & Johnson suntikan tunggal telah ditunjukkan dalam uji klinis dan penelitian dunia nyata, aman dan efektif dalam melindungi dari Covid-19. Pada 17 Mei, hampir 123 juta orang Amerika telah divaksinasi penuh, atau 37 persendari populasi.

Meskipun vaksin yang digunakan di AS dikembangkan dengan dipercepat, klaim bahwa vaksin tersebut tidak diuji pada hewan tidak akurat. Pfizer dan Moderna mendapat persetujuan untuk menguji vaksin mereka pada hewan sekaligus menjalankan uji coba Tahap I pada manusia.

"Penelitian pada hewan memang dilakukan dengan masing-masing vaksin Covid-19 yang digunakan secara luas, bahkan sebelum penelitian manusia skala besar dimulai," kata John Grabenstein, direktur asosiasi komunikasi ilmiah di Immunization Action Coalition. "Yang benar adalah kebalikan dari informasi yang salah yang coba disebarkan oleh rumor ini."

Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson mengumumkan hasil dari berbagai penelitian hewan dalam siaran pers. Data tersebut juga diterbitkan dalam jurnal akademis dan dirangkum dalam memo keputusan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS sebagai bagian dari proses otorisasi darurat. Penelitian pada hewan termasuk tes pada tikus, monyet rhesus macaque, dan hamster.

"Yang paling penting dari penelitian pada hewan ini sangat meyakinkan, karena menunjukkan bahwa monyet yang divaksinasi yang sengaja tertantang dengan virus COVID-19 sebenarnya terlindungi dari penyakit dan kematian, dibandingkan dengan monyet yang tidak divaksinasi yang rentan terhadap infeksi," kata Grabenstein.

Vaksin AstraZeneca yang disetujui untuk digunakan di banyak negara lain juga diuji pada hewan, menurut pemeriksa fakta di Irlandia.

FDA mencantumkan penelitian dan pengujian laboratorium pada hewan sebagai bagian penting dari proses Otorisasi Penggunaan Darurat AS. Seorang juru bicara agensi menunjuk ke panduan yang menentukan bahwa permintaan EUA "harus membahas," antara lain, "data dari studi pada model hewan yang relevan."

Chris Magee, kepala kebijakan dan media di Understanding Animal Research, sebuah organisasi nirlaba Inggris, mengatakan kepada Full Fact bahwa jika hewan benar-benar mulai mati selama pengujian, percobaan manusia Fase 1 yang terjadi secara bersamaan akan segera dihentikan.

Sumber:

https://healthfeedback.org/claimreview/covid-19-vaccines-were-tested-in-animals-and-clinical-trials-before-receiving-authorization-vaccinated-people-arent-dying-at-a-higher-rate-than-unvaccinated-people/

https://www.politifact.com/factchecks/2021/may/18/instagram-posts/instagram-post-falsely-claims-covid-19-vaccines-sk/


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim uji coba vaksin Covid-19 diterapkan kemanusia setelah membuat hewan mati tidak benar.

Vaksin yang diuji selama uji praklinis tidak menyebabkan hewan mati, juga tidak berhenti karena hewan mati.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya