Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Kecelakaan yang Menewaskan Pembuat Karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 11 Okt 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2021, 17:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan.com mendapati klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks. Video tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Oktober 2021.

Unggahan video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks menampilkan sebuah mobil hitam dalam kondisi hancur dan terbakar dan pada bagian belakang terdapat kendaraan besar menabraknya.

Video berdurasi 5 menit tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Lars Vilks, Kartunis asal Swedia sekaligus pembuat kartun Nabi Muhammad dilaporkan tewas dalam kecelakaan mobil, Minggu (3/10/2021)"

Benarkah klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan karikatur Nabi Muhamad Lars Vilks

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "В Ижевске произошла страшная авария с возгоранием" yang dimuat situs automotobike.ru, pada 23 September 2014. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan video.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks

Artikel situs automotobike.ru menyebutkan, Kecelakaan mengerikan terjadi di jalan raya Izhevsk, sebagai akibat dari tabrakan truk dengan dua trailer penuh dan VAZ 2907 di bawahnya, mobil ditutup oleh api, orang-orang di sekitar dalam keadaan shock. Akibat kecelakaan lalulintas, semorang berusia 39 tahun meninggal.

Dalam artikel berjudul "Lars Vilks Kartunis Penggambar Nabi Muhammad Meninggal Akibat Tabrakan" yang dimuat situs Liputan6.com, 4 Oktober 2021 menyebutkan, seorang kartunis Swedia yang membuat sketsa kepala Nabi Muhammad pada tubuh anjing telah tewas dalam kecelakaan lalu lintas, menurut media lokal.

Lars Vilks dilaporkan bepergian dengan kendaraan polisi sipil yang bertabrakan dengan sebuah truk di dekat kota Markaryd di Swedia selatan. Dua polisi juga tewas dan sopir truk terluka.

Vilks yang berusia 75 tahun hidup di bawah perlindungan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan atas kartun Nabi Muhammad tersebut.

 

Sumber:

https://www.automotobike.ru/news/v-ijevsk-mojga-proizoshla-strashnaya-avariya-s-vozgoraniem-4116.html

 


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks tidak benar.

Kecelakaan dalam video tersebut terjadi di Rusia yang terjadi pada 2013, sementara Lars Vilks dilaporkan meninggal karena kecelakaan  di dekat kota Markaryd di Swedia selatan, pada Oktober 2021.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya