Cek Fakta: Klarifikasi Boneka Labubu Disebut Terinspirasi dari Makhluk Mitologi China, Taotie

Beredar kabar tentang boneka Labubu terinspirasi dari makhluk mitologi China, Taotie. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 09 Okt 2024, 10:19 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 09:00 WIB
Gambar tangkapan layar kabar tentang boneka Labubu terinspiprasi dari makhluk mitologi China, Taotie. (sumber: Facebook)
Gambar tangkapan layar kabar tentang boneka Labubu terinspiprasi dari makhluk mitologi China, Taotie. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang boneka Labubu terinspirasi dari makhluk mitologi China, Taotie beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Oktober 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa boneka yang tengah viral itu terinspirasi dari makhluk mitologi China bernama Taotie.

"JGN NGASAL IKUT TREN KALAU TDK TAHU MAKSUDNYA ‼️

Boneka labubu adalah boneka iblis,dalam mitologi hongkong labubu dikenal dgn nama "taotie" yang melambangkan keserakahan dulu boneka labubu terdapat tulisan"666" diperutnya, dia juga akan memakan apapun yang dilihatnya, termasuk tubuhnya

Masih mau ikut ikutan ❓Masih mau gerogo kocek terus jadi penyemba setan ❓Hemmm.... Mikir donk ❗❗❗," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4.700 kali dibagikan dan mendapat 187 komentar dari warganet.

Benarkah boneka Labubu terinspirasi dari makhluk mitologi China, Taotie? Berikut penelusurannya.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang boneka Labubu terinspirasi dari makhluk mitologi China, Taotie. Dikutip dari laman hypebeast.com, karakter boneka Labubu diciptakan oleh seniman asal Hongkong bernama Kasing Lung pada 2015.

<p>Gambar tangkapan layar artikel dari situs hypebeast.com.</p>

Lung yang saat ini tinggal di Belgia menuturkan, karakter Labubu terinspirasi dari legenda Eropa kuno, elf. Ketika itu, ia baru pindah ke Belgia.

"Ketika saya masih muda, saya suka membaca buku cerita dan dipengaruhi oleh legenda elf Eropa kuno. Saat itu, belum ada konsol game atau komputer, jadi saya hanya bisa menggambar boneka dengan pena, jadi saya punya ide untuk menggambar dongeng sejak aku masih kecil," kata Lung saat wawancara dengan hypebeast.

Lung menyebut, Labubu merupakan salah satu karakter favoritnya. Meskipun memberikan kesan pertama yang jahat, namun kata dia, karakter Labubu ini digambarkan sebagai karakter baik hati yang selalu ingin membantu.

"Meskipun Labubu terlihat jahat dan licik, namun sebenarnya dia baik hati," ujar Lung.

Dikutip dari Kanal Regional Liputan6.com, Pada 2019, Kasing Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif untuk karyanya dengan perusahaan mainan terkenal, Pop Mart. Saat ini, karakternya jadi salah satu mainan yang viral dan banyak dibeli di sejumlah negara.

Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang juga mengalami demam boneka Labubu. Melansir dari beberapa sumber, banyak masyarakat, baik anak-anak hingga dewasa rela mengoleksi boneka atau gantungan kunci dari karakter Labubu.

 

Referensi:

https://hypebeast.com/hk/2017/6/hypebeast-interview-with-kasing-lung

 


Kesimpulan

Kabar tentang boneka Labubu terinspirasi dari makhluk mitologi China, Taotie ternyata tidak dapat dibuktikan. Faktanya, pencipta boneka Labubu yakni Kasing Lung menyebut bahwa hasil karyanya itu terinspirasi legenda Eropa kuno.

Banner Cek Fakta - Klarifikasi
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya