Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Menkominfo Budi Arie Sujud di Hadapan Jokowi

Beredar foto yang diklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud dan menyembah Presiden Jokowi. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 14 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 20:00 WIB
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud dan menyembah Presiden Jokowi. (sumber: Facebook)
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud dan menyembah Presiden Jokowi. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud dan menyembah Presiden Jokowi beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 September 2024.

Dalam foto tersebut terlihat seorang pria sedang bersujud di depan depan Jokowi. Pria itu tampak mengenakan kemeja putih dan celana panjang panjang hitam.

Akun Facebook itu menyebut bahwa pria dalam foto tersebut adalah Budi Arie yang sedang bersujud dan menyembah Jokowi.

"*Budi Arie nyembah Raja Jawa. Baru kali ini terjadi, ada menteri nyembah presiden. Bukan hoax dan bukan editan. Clear.*

Kok ada manusia sehina itu ya? Manusia menyembah manusia ...

Dulu pak Noe'man alm, Arsitek masjid Salman, disuruh hormat ke arah Jepang dengan gaya Jepang saja ndak mau, padahal ketika itu Jepang sedang menjajah Indonesia tetapi pak Noe'man gak takut. Beliau gak takut karena aqidah/tauhidnya benar. Hanya ber-Tuhan Allah SWT ☝️

Bagaimana pendapat Anda deng," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 25 kali dibagikan dan mendapat 44 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto itu Budi Arie sedang bersujud dan menyembah Jokowi? Berikut penelusurannya.

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Budi Arie sedang bersujud dan menyembah Jokowi. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "seorang pria sujud di depan jokowi" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menampilkan foto identik. Satu di antaranya artikel berjudul "Seorang Warga Sujud di Depan Jokowi saat Open House Lebaran" yang dimuat situs kumparan.com pada 5 Juni 2019.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar artikel dari situs kumparan.com.</p>

Ada hal yang menarik perhatian saat Presiden Joko Widodo menggelar open house bersama masyarakat di Istana Negara, Rabu (5/6). Saat Jokowi sedang menerima warga yang ingin bersalaman, ada seorang warga yang antre di depan pintu Istana Negara.

Namun, ketika berhadapan dengan Jokowi, alih-alih bersalaman, warga tersebut terlebih dahulu sujud di depan Jokowi. Tak diketahui siapa nama warga tersebut. Namun, ia meminta izin kepada petugas keamanan untuk berdialog dengan Jokowi.Namun, karena banyaknya warga lainnya yang antre, petugas itu tak memberi izin. Hanya cukup bersalaman saja.

Aksi sujud warga tersebut sontak membuat warga yang lain yang tengah antre kaget. Jokowi dan Iriana pun juga tak kalah kaget.

Melihat aksi itu, Jokowi lantas merangkul warga tersebut agar bisa berdiri lagi. Kemudian, keduanya bersalaman. Jokowi pun tampak memberikan senyumannya.

Diketahui, masyarakat yang hadir dalam agenda open house banyak yang berebut selfie atau bersalaman dengan Jokowi. Masyarakat yang hendak masuk ke Istana harus menunggu di Monas. Tadi, setelah melayani warga yang ingin salaman di Istana Negara, Jokowi menyambangi Monas untuk bersalaman dengan warga yang masih antre.

 

Referensi:

https://kumparan.com/kumparannews/seorang-warga-sujud-di-depan-jokowi-saat-open-house-lebaran-1rDYANnX0WS/full

 

Kesimpulan

Foto yang diklaim Budi Arie sedang bersujud dan menyembah Jokowi ternyata tidak benar. Faktanya, pria dalam foto bukan Budi Arie, melainkan seorang warga yang datang saat open house Presiden Jokowi di Istana Negara pada 5 Juni 2019.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya