Indonesia Go Pertamina : Para Pelopor Sosial dari Sukabumi Utara

Keluarga cantigi dipelopori oleh dua pemuda.

oleh Angga Utomo diperbarui 05 Des 2016, 11:15 WIB
Diterbitkan 05 Des 2016, 11:15 WIB
Citizen6
Salah satu tenaga pengajar dari keluarga cantigi sedang mengajarkan les bahasa inggris

Liputan6.com, Jakarta Keluarga cantigi yakni rumah bagi para anak muda yang berjiwa sosial untuk mensejahterakan masyarakat yang berasal dari kabupaten sukabumi. filosofi kata cantigi yakni sebuah pohon yang berada didataran tinggi gunung papandayan garut jawa barat. Berupa pohon yang menghasilkan buah, yang bertumbuh tinggi, serta kuat. Filosofi pohon tersebut keluarga cantigi mempunyai misi yakni kelompok organisasi yang mampu memberikan banyak kontribusi yang bermanfaat terhadap masyarakat luas, semakin bertumbuh dan kuat dalam hal apapun.

Keluarga cantigi dipelopori oleh dua pemuda yakni saudara edi darmawan dan saudara dani seorang Staff desa serta seorang pengusaha, berdiri sejak 14 Februari 2016, walaupun usia nya sangat muda keluarga cantigi mampu berkontribusi yang luar biasa dalam hal sosial terhadap masyarakat, seperti mendirikan Saung baca, saung dalam bahasa sunda mengandung arti ''rumah'' saung baca berarti mengandung arti rumah baca yakni perpustakaan masyarakat bagi masyarakat untuk membaca, dari saung membaca tersebut keluarga cantigi mampu mengantarkan anak didiknya mengikuti sebuah lomba matematika dan ipa ditingkat kabupaten dan menyabet berbagai prestasi pada ajang tersebut.

Perpustakaan masyarakat tersebut dibuka selama 24 jam selama 7 hari, pada setiap hari minggu rumah baca tersebut membuka les bahasa inggris dan komputer secara gratis terhadap masayarakat sekitar. Seluruh buku dari perpusatakaan tersebut adalah sumbangan dari berbagai pihak baru maupun layak pakai, dan keluarga cantigipun dengan terbuka menerima penyumbangan buku-buku bagi rumah baca tersebut dari masyarakat luas.

Simak liputan jurnalis warga karya Usman Islamy yang menjadi Juara 1 Kompetisi Jurnalis Warga : Indonesia Go Pertamina yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bekerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) untuk menginspirasi Indonesia.

Baca artikelnya selengkapnya disini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya