Resep Smoothie Nanas, Minuman Menyegarkan Saat Cuaca Panas

Siang hari yang panas membuat rasa haus semakin kuat, coba resep smoothie nanas asam nan segar ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Apr 2024, 13:04 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2021, 12:03 WIB
Ilustrasi pineapple smoothie
Ilustrasi pineapple smoothie (Sumber: Pixabay/stokpic)

Liputan6.com, Jakarta Menikmati minuman dingin dan juga segar di kala musim panas, memang hal yang sangat menyenangkan. Menjadi pendamping dari makanan utama yang disajikan atau hanya peneman untuk camilan siang hari.

Belum lagi, jika minuman tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya haus yang terobati, melainkan juga bisa menjaga kesehatan pada tubuh. Campuran rasa asam dan manis pada smoothie juga bisa menjadi penghilang dahaga yang tepat pada saat haus tiba.

Melansir dari Sims Home Kitchen, cita rasa tropis yang menyegarkan akan Anda dapatkan dengan mencoba resep minuman  berbahan dasar nanas. Beberapa tambahan lainnya juga dijadikan pelengkap seperti pir, pisang, dan lemon.

Nanas memang memberikan banyak manfaat kesehatan karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini sedikit ulasan mengenai kandungan nutrisi pada nanas, serta manfaatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video di Bawah Ini:


Nutrisi dalam Nanas

Ilustrasi nanas
Ilustrasi nanas (Sumber: Pixabay/Security)

Melansir dari Verywell Fit, kalori yang terkandung pada nanas berasal dari karbohidrat. Dalam satu cangkir nanas diperkirakan mengandung 82 kalori dan 22 gram karbohidrat, yang terdiri dari 16g berupa gula (fruktosa) dan 2g berasal dari serat.

Nanas juga merupakan buah yang rendah lemak dengan kurang dari setengah gram per porsi 1 cangkir. Begitu pun dengan protein, nanas bukanlah sumber protein yang signifikan, yang juga berisi kurang dari 1 gram per cangkir.

Namun, nanas merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, bahkan dalam satu cangkirnya menawarkan nilai kebutuhan vitamin C seharian penuh. Dalam satu cangkirnya, nanas juga mengandung 181 mikrogram tembaga.

Dari beragam nutrisi tersebut, nanas bisa mengurangi peradangan karena mengandung zat anti inflamasi bromelain. Enzim ini juga dijual dalam bentuk suplemen untuk artritis, otot tegang, keseleo, dan cedera lainnya.

Bahkan, nanas bisa digunakan sebagai agen anti-inflamasi dalam operasi gigi dan perawatan luka bakar di Eropa. Obesitas perut juga bisa dibantu dikurangi dengan nanas, yang lainnya juga ialah membantu perbaikan kulit. Baik untuk kulit karena mengandung vitamin C yang tinggi membantu tubuh dalam membentuk kolagen.

Dampak lainnya yang bisa juga didapatkan ialah membuat usus lebih sehat  karena bromelain sering dijual sebagai enzim pencernaan yang bertujuan membantu asam lambung dalam memecah makanan. Nanas juga memerangi sel kanker yang menyerang tubuh.


Bahan-Bahan

Ilustrasi buah-buahan
Ilustrasi buah-buahan (Sumber: Pixabay/NikkkOO)

Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman segara nanas ini.

  • 2 buah nanas, dipotong-potong
  • 1/4 lemon
  • 2 gelas air
  • 1/2 cangkir es
  •  Daun mint untuk hiasan
  • 1 pisang opsional
  • 1 pir opsional

Cara Pembuatan

Ilustrasi pineapple smoothie
Ilustrasi pineapple smoothie (Sumber: Pixabay/Rierosa222)

Dalam membuat minuman nanas ini tidak memerlukan waktu yang lama karena dapat dengan mudah cukup gunakan blender.

  1. Pertama, kupaslah kulit nanas dan potong-potong
  2. Siapkan blender, dan masukkan seluruh bahan ke dalamnya, kecuali es batu dan daun mint
  3. Hancurkan semua bahan tersebut sampai benar-benar halus
  4. Untukpenyajian, siapkan gelas yang sudah diisi es batu dan tuangkan di dalamnya
  5. Lalu, tambahkan daun mint di atasnya sebagai hiasan

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya