Arti Simbol Bunga Matahari, Asalnya dari Mitos Apollo dan Clytie

Berikut arti simbolisme dari bunga matahari, salah satunya berasal dari mitos Apollo dan Clytie

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2021, 22:03 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2021, 22:03 WIB
Ilustrasi Bunga Matahari
(unsplash.com/@supergios)

Liputan6.com, Jakarta Bunga mawar merah merupakan salah satu bunga yang sangat populer di kalangan masyarakat, biasanya diberikan pada saat menyatakan cinta kepada seseorang atau memperingati momen spesial atau hari jadi bersama pasangan. Bahkan bunga tersebut sempat menjadi tema lagu karya Elvy Sukaesih yang berjudul 'Sekuntum Mawar Merah'.

Filosofi arti di balik cantiknya bunga yang berwarna merah ini, yakni tentang perasaan seseorang yang memberikannya, seolah mengatakan bahwa ia mencintaimu. Namun bunga mawar merah terkadang juga menjadi simbol penghormatan atau pengabdian seseorang.

Selain bunga mawar merah, belakangan ini bunga matahari juga semakin populer sebagai karangan bunga.

Karena setiap jenis bunga memiliki arti tersendiri, Anda harus lebih memperhatikan pemberian bunga kepada rekan, sahabat, atau orang terkasih. Karena di setiap jenisnya mengandung unsur pesan yang ingin di sampaikan. Lalu apa artinya jika Anda memberikan bunga matahari kepada seseorang?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Simbolisme Bunga Matahari

Bunga matahari sebagai simbol kemenangan
(twitter.com/clara_asma)

Dilansir Merdeka.com, Rabu (27/10/2021), jenis bunga matahari diasosiasikan dengan hal positif karena bentuk dan warnanya yang mencolok. Warna kuning cerah dari bunga matahari juga melambangkan vitalis, kecerdasan, dan kebahagiaan, yang sering dikaitkan dengan simbol persahabatan.

Bentuknya yang menyerupai dan selalu menghadap ke matahari, bunga ini selalu dikaitkan dengan mitos Apollo dan Clytie. Clytie yang dikutik oleh Apollo menjadi bunga yang terus memandang dewa yang dikaguminya, mengikuti arah manapun kereta cahayanya melaju hingg akhir zaman. Dari mitos itulah bunga matahari dianggap sebagai simbol kekaguman dan kesetiaan tanpa akhir.

Dari budaya China, matahari dianggap sebagai simbol umur panjang dan identik dengan rasa bahagia. Sehingga bunga ini bisa menjadi pemberian yang sempurna untuk menyampaikan segala harapan atas hadirnya hari yang membawa kebahagiaan bagi seseorang.

Berdasarkan beberapa penjelasan makna, simbolisme, dan arti bunga matahari, jenis bunga tersebut cocok jika diberikan untuk menampilkan kekaguman, tanda kesetiaan, mengharapkan kebahagiaan atau hal baik untuk penerima bunga, tanda pesahabatan, dan ucapan selamat ulang tahun serta panjang umur.

Penulis : Azarine Natazia

 

 

 


Infografis Wilayah Penghasil Bunga

infografis wilayah penghasil bunga
wilayah penghasil bungan (liputan6.com/trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya