8 Tanaman Ini Dapat Bantu Mengurangi Stres Jika Kamu Berada di Dekatnya

Berikut delapan tanaman yang dapat mengurangi stres dengan hanya berada didekatnya.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 13 Nov 2022, 09:01 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2022, 09:01 WIB
Ilustrasi Tanaman Hias
Ilustrasi tanaman hias. (dok. Unsplash.com/@vadimkaipov)

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu bagaimana stres bisa terasa melelahkan dan dapat membuat kalian sama sekali tidak memiliki energi. Namun, sesuatu yang sederhana seperti memiliki tanaman di rumah kalian dapat mengurangi stres itu.

Itu karena tanah tanaman mengandung "outdoorphins" yang merupakan antidepresan alami. Dengan cara ini, setiap tanaman rumah biasa dapat meredakan ketegangan otot dan aktivitas jantung yang meningkat.

Selain mempunyai manfaat yang banyak, merawat tanaman juga dapat menjadi suatu hobi yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang dan kegaiatan di rumah.

Berkebun sendiri memberikan suatu pengalaman yang menyenangkan dan aktivitas fisik untuk memberikan hidup sehat karena tubuh dipaksa untuk dapat bergerak.

Selain itu rumah yang dipenuhi dengan tanaman menjadikan rumah tersebut lebih asri, harum, sehat dan suasananya nampak rindang. Kalian akan merasa betah dirumah meskipun dalam suasana panas sekalipun.

Tidak usah jauh-jauh untuk mencari ketenangan bahkan hingga harus pergi jauh ke luar negeri. Bahkan kita dapat mencari obat dan ketenangan tersebut dari rumah kita sendiri.

Buatlah ruangan yang menarik dengan tanaman-tanaman ini jika memang kalian berniat untuk merawatnya. Mengutip dari laman Bright Side, Sabtu (07/05/2022) berikut delapan tanaman yang dapat mengurangi stres dengan hanya berada didekatnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Lavender

bunga lavender
Photo by Nicole Pearce on Unsplash

Lavender dikenal karena aromanya yang harum dan warna ungu yang indah. Memiliki tanaman ini di rumah kalia dapat membuat suasana hati kalian lebih baik dan juga membantu kalian tidur lebih mudah. Aromanya memiliki sifat penenang yang akan membantu mengurangi stres yang mungkin membuat kalian terjaga di malam hari.

2. Lidah Mertua

Ilustrasi Tanaman Lidah Mertua
Ilustrasi tanaman lidah mertua. (unsplash.com/@thirdwheelphoto)

Rumah kita dipenuhi dengan polutan beracun yang berdampak negatif pada suasana hati, tidur, dan energi kita. Di sinilah tanaman lidah mertua sangat berguna, karena tanaman ini membantu menyerap polutan ini dan membantu kalian mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tanaman ini juga tidak memerlukan terlalu banyak waktu dan usaha untuk merawatnya, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk menjaganya tetap hidup.


3. Lidah Buaya

[Fimela] aloe vera
ilustrasi lidah buaya | unsplash.com/@karishea

Tanaman ini sangat mudah tumbuh di dalam dan di luar rumah kalian dan sifat anti-inflamasinya adalah alasan besar mengapa kalian harus melakukan ini. Tanaman ini juga memurnikan udara dari polutan berbahaya yang akan membantu mengurangi stres dan kecemasan kalian. Dan seperti halnya lidah mertua, lidah buaya tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dari kalian.

4. Peppermint

ilustrasi aromaterapi peppermint/unsplash
ilustrasi aromaterapi peppermint/unsplash

Kadang-kadang, sesuatu yang sederhana seperti wewangian alami dapat mengangkat suasana hati kalian lebih dari yang pernah kalian bayangkan. Inilah yang terjadi pada peppermint, yang mengandung mentol dan mampu mengurangi tingkat stres dan memberi energi pada kalian. Kalian bisa menyimpan tanaman ini di rumah atau di tempat kerja karena biasanya ukurannya kecil dan tidak ada yang akan mengeluh tentang aromanya.


5. Ivy Inggris

7 Tanaman Hias yang Berfungsi Untuk Membersihkan Udara
Tanaman Hias English Ivy mampu bersihkan udara ruangan rumah. Source: tanamanhiasan.com

Hal yang paling positif tentang tanaman ini adalah bahwa tanaman ini menjauhkan penyakit yang ditularkan melalui udara dan oleh karena itu membantu mengatasi alergi.

Tanaman ini juga mengurangi sakit kepala dan mengurangi stres, membuat tidur kalian jauh lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, jika kalian menderita asma, Anda mungkin akan melihat perubahan positif karena tanaman ini cenderung menenangkan atmosfer tempat ia ditempatkan.

6. Basil 

ilustrasi aromaterapi basil/unsplash
ilustrasi aromaterapi basil/unsplash

Banyak orang menyimpan tanaman basil sepanjang tahun di suatu tempat di dekat dapur mereka untuk menggunakannya untuk memasak. Namun, ini bukan satu-satunya kegunaannya, karena tanaman basil memiliki sifat anti-stres yang luar biasa yang akan membantu mengatasi kecemasan kalian.

Juga dikatakan bahwa, sebagai adaptogen, tanaman basil dapat meningkatkan kejernihan mental Anda yang selanjutnya meningkatkan suasana hati kalian dan mengurangi tingkat stres.


7. Melati

ilustrasi aromaterapi melati/unsplash
ilustrasi aromaterapi melati/unsplash

Aroma melati memiliki manfaat terapeutik yang dapat digunakan sebagai alternatif obat untuk depresi, stres, kecemasan dan insomnia, menurut penelitian. Kemampuannya memurnikan udara akan menjaga udara tetap segar untuk kalian dan karenanya membuat suasana hati kalian secara keseluruhan lebih baik.

Sekali lagi, ini adalah tanaman lain yang tidak membutuhkan banyak perhatian untuk bertahan hidup, jadi kalian bisa membiarkannya sendiri untuk beberapa waktu.


8. Krisan

Lima Jenis Tanaman Hias Terbanyak Dibudidayakan Petani di Kota Batu
Bunga Krisan atau Chrysanthemum (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Selain ditemukan dalam berbagai warna dan sangat indah, bunga ini memiliki sifat anti-stres yang menakjubkan. Telah ditemukan bahwa bunga ini mengurangi gejala kekhawatiran pada orang-orang, terutama ketika mereka meminumnya sebagai teh karena pada dasarnya bunga ini membuat rileks seluruh tubuh. Tidak ada yang lebih bermanfaat daripada bangun setiap hari dan melihat serta mencium bau tanaman yang indah ini.

infografis wilayah penghasil bunga
wilayah penghasil bungan (liputan6.com/trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya