Mengapa Cemara Kerap Dijadikan Pohon Natal? Berikut Sejarahnya

Pernahkah kalian bertanya sebenarnya mengapa cemara dijadikan sebagai pohon natal? Berikut penjelasannya.

oleh Achmad Hafidz diperbarui 24 Des 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 24 Des 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi pohon natal. (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 25 Desember umat kristiani di seluruh negara merayakan hari besar Natal. Natal sendiri dirayakan dalam memperingati hari kelahiran Yesus Kristus

Natal biasanya dirayakan dengan kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi di tanggal 25 Desember. Umumnya, dalam memperingati perayaan Natal umat kristiani dengan menghias rumahnya dengan pohon natal dan berbagai hiasan lainnya. 

Hiasan sendiri mempunyai makna masing-masing, terutama pohon Natal, mempunyai sejarah dan latar belakangnya. Mengapa setiap rumah harus membuat pohon Natal, dan mengapa harus sejenis cemara yang dijadikan pohon Natal?

Melansir, Britannica Sabtu (24/12/2022), penggunaan pohon natal yang berasal dari cemara, dan karangan bunga, ini melambangkan kehidupan abadi yang menjadi kebiasaan orang Mesir Kuno, China, dan Romawi.

Mengutip dari laman History, pohon Natal hadir jauh sebelum munculnya agama Kristen, tanaman dan pepohonan yang tetap hijau sepanjang tahun memiliki arti khusus bagi orang-orang di musim dingin.

Sama seperti orang-orang saat ini yang menghiasi rumah mereka selama musim perayaan dengan pohon pinus dan cemara, orang-orang kuno menggantungkan dahan cemara di atas pintu dan jendela mereka. Di banyak negara eropa meyakini bahwa pohon cemara akan menjauhkan penyihir, hantu, roh jahat, dan penyakit.

Hal ini juga diadopsi oleh warga Jerman, yang biasanya menempatkan pohon Yule di pintu masuk atau di dalam rumah selama liburan pertengahan musim dingin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dahan Hijau Mengartikan Dewa Matahari

4 Langkah Penting Memasang Lampu Natal di Rumah
Ilustrasi pohon Natal. (dok.arunkuchibhotla/ Unsplash.com)

Di belahan bumi Utara, hari terpendek dan malam terpanjang dalam setahun jatuh pada tanggal 21 Desember atau 22 Desember dan disebut titik balik matahari musim dingin.

Banyak orang kuno percaya bahwa matahari adalah dewa dan musim dingin datang setiap tahun karena dewa matahari telah menjadi sakit dan lemah. Mereka merayakan titik balik matahari karena itu berarti bahwa pada akhirnya dewa matahari akan mulai sembuh. Dahan-dahan hijau mengingatkan mereka akan semua tanaman hijau yang akan tumbuh lagi ketika dewa matahari kuat dan musim panas akan kembali.


Arti dan Sejarahnya dari Dahan Hijau

HKTB
Keindahan pohon Natal yang menjulang tinggi dengan latar Victoria Harbour. credit: HKTB.

1. Bangsa Mesir Kuno

Bagi bangsa mesir Kuno yang jauh sebelum adanya perayaan Natal, pohon yang berdahan hijau diartikan sebagai kemenangan hidup. Dikisahkan bangsa Mesir kuno menyembah dewa yang disebut Ra, yang memiliki kepala seekor elang dan mengenakan matahari sebagai piringan yang menyala-nyala di mahkotanya.

Pada titik balik matahari, ketika Ra mulai pulih dari penyakitnya, orang Mesir memenuhi rumah mereka dengan pohon palem hijau, yang melambangkan bagi mereka kemenangan hidup atas kematian.

2. Bangsa Romawi

Bangsa Romawi awal menandai titik balik matahari dengan pesta yang disebut Saturnalia untuk menghormati Saturnus, dewa pertanian. Bangsa Romawi tahu bahwa titik balik matahari berarti bahwa tidak lama lagi, pertanian dan kebun-kebun akan menjadi hijau dan berbuah. Untuk menandai peristiwa ini, mereka menghiasi rumah dan kuil-kuil mereka dengan dahan-dahan hijau.


3. Bangsa Eropa

Ilustrasi pohon natal
Ilustrasi pohon natal.l (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Druid yang misterius, para pendeta bangsa Celtic kuno, juga menghiasi kuil-kuil mereka dengan dahan-dahan cemara sebagai simbol kehidupan abadi. Bangsa Viking yang ganas di Skandinavia mengira bahwa evergreen adalah tanaman khusus dewa matahari, Balder.

4. German 

Jerman memulai tradisi pohon Natal seperti yang sekarang kita kenal pada abad ke-16 ketika orang-orang Kristen yang taat membawa pohon-pohon yang dihias ke rumah mereka.

Beberapa membangun piramida Natal dari kayu dan menghiasinya dengan pohon cemara dan lilin jika kayu langka. Dipercaya secara luas bahwa Martin Luther, reformis Protestan abad ke-16, pertama kali menambahkan lilin yang menyala ke pohon. Saat berjalan menuju rumahnya pada suatu malam musim dingin, sambil menulis khotbah, dia terpesona oleh kecemerlangan bintang-bintang yang berkelap-kelip di tengah-tengah pepohonan hijau.

Untuk menangkap kembali pemandangan itu untuk keluarganya, dia mendirikan pohon di ruang utama dan memasang kabel pada cabang-cabangnya dengan lilin yang menyala.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya