20 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 untuk Kerabat, Penuh Doa dan Harapan Terbaik

Berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2574 yang bisa kalian kirim lewat media sosial:

oleh Camelia diperbarui 04 Jan 2023, 12:18 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 12:02 WIB
Lampion Imlek di Pasar Gede
Sejumah warga asyik berfoto di bawah lampion yang terpasang di kawasan Pasar Gede, Solo, Rabu (15/1).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada Minggu 22 Januari mendatang. Ketetapan ini berdasarkan dari Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. 

Dari pengumuman tersebut diketahui Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada Minggu 22 Januari. Sementara itu untuk cuti bersama perayaan Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada keesokan harinya yaitu Senin, 23 Januari 2023.

Seperti hari raya keagamaan lainnya, hari raya Imlek dimanfaatkan masyarakat Tionghoa untuk bersyukur dan juga introspeksi diri atas hal yang telah dilalui. 

Selain memanjatkan doa untuk diri sendiri, hari raya Imlek juga bisa dimanfaatkan untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain. Hal ini bisa dilakukan kepada orang-orang terdekat seperti orangtua, saudara, kekasih, dan juga rekan kerja.

Namun jika tak bisa bertemu langsung, Anda bisa mengirimkan ucapan Selamat Imlek melalui pesan singkat. Ucapan selamat tahun baru imlek 2023 juga bisa dikirimkan oleh siapa saja sebagai salah satu cara untuk turut memeriahkan rekan yang merayakan pergantian tahun untuk umat Khonghucu ini. 

Ucapan yang dikirimkan bisa berisi harapan serta doa kepada kerabat yang merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Nah, berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2574 yang bisa kalian kirim lewat media sosial, seperti dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan Selamat Imlek

[Fimela] Ilustrasi Perayaan Imlek
Ilustrasi Perayaan Imlek | unsplash.com/@carl_ibale

Selamat tahun baru Imlek. Semoga semua harapan anda menjadi kenyataan.”

Selamat tahun baru Imlek, saya mendoakan Anda agar diberi kesehatan dan kesejahteraan yang bertahan lama.”

Semoga tahun baru Imlek yang akan datang dapat membawakan kebahagiaan, kedamaian, dan kasih sayang kepada Anda.”

Selamat tahun baru Imlek. Jangan lupa untuk selalu menyambut pagi hari yang baru dengan senyuman di wajah Anda, jiwa yang baru, kasih sayang di hati Anda, dan pikiran baik di pikiran Anda.”

Selamat tahun baru Imlek untuk Anda dan keluarga Anda. Semoga kekayaan selalu mendatangi Anda.”

Semoga Anda mendapatkan semua keberuntungan yang baik di tahun baru Imlek ini.” 

Semoga tahun baru Imlek ini Anda akan dijauhi dari keburukan dan diberkahi keberuntungan yang baik sepanjang tahun.” 

"Semoga tahun baru Imlek ini membawakan kebahagiaan yang tidak pernah hilang, harapan yang tidak pernah mati, dan kekuatan yang tidak pernah melemah di kehidupan Anda."

"Semoga kebahagiaan dan keceriaan di sekitar Anda hari ini bertahan selamanya dan selalu. Selamat tahun baru Imlek."

"Semoga beruntung dan mendapatkan sukses besar di tahun baru Imlek yang akan datang."


Ucapan Selamat Imlek Selanjutnya

Lampion Imlek di Pasar Gede
Sebuah gapura menyambut Tahun Baru Imlek berdiri di jalan utama menuju kawasan Pasar Gede, Solo, Selasa (15/1).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

“Gong Xi Fa Chai. Semoga Anda mendapatkan Tahun Baru Imlek 2023 yang sejahtera."

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023 untuk Anda. Mari bersulang untuk hari-hari yang lebih bahagia di depan."

“Semoga hari-hari baru bersinar seperti matahari dan memberimu kehangatan dan kebahagiaan."

“Pada momen pertama tahun baru yang bahagia ini, terimalah harapan terbaik saya untuk kesehatanmu yang sempurna dan kemakmuran yang langgeng. Gong Xi Fa Cai!"

“Saya dengan tulus berharap Anda bahagia, ceria, dan sukses di tahun mendatang. Saya berharap Anda beruntung di Tahun Kelinci Air. Selamat Tahun Baru."

“Semoga bisnis Anda tumbuh dan berkembang setiap hari. Saya harap perjalanan ke depan memberi Anda lebih banyak kesuksesan dalam hidup Anda. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk Tahun Baru Imlek 2023 ini!"

“Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Semoga di Tahun Kelinci Air ini memberi Anda kekuatan untuk menghadapi dan memenangkan setiap kesulitan yang menghadang."

“Selamat Tahun Baru Imlek, temanku. Nikmati kemeriahan ini sepenuhnya dan jadikan perayaan ini yang terbaik dari semuanya."

“Selamat Tahun Baru Imlek 2023 untukmu kerabatku! Bersoraklah untuk hari-hari yang lebih bahagia di masa depan."

“Semoga semuanya berubah seperti yang Anda inginkan di tahun mendatang!"


Tahun Baru Imlek, Momen untuk Memperbarui Berbagai Aspek Kehidupan

Ilustrasi Imlek
Ilustrasi Imlek (dok. pexels)

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama menetapkan bahwa Tahun Baru Imlek jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Sedangkan, cuti bersama Imlek tahun ini jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. SKB ini ditandatangani pada 11 Oktober 2022 oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Tahun Baru Imlek adalah tahun baru pada penanggalan petani (nongli/Kongzi li). Kehadirannya ditunggu oleh masyarakat yang merayakan. Kedatangannya ditandai dengan berbagi angpao, diwarnai tambur dan barongsai, dan dilengkapi dengan peribadatan kepada Tuhan dan leluhur.

Orang-orang yang merayakan hari raya ini acap kali mengucap 'gong xi gong xi' atau 'kiong hi' (dialek Hokian) yang berarti 'selamat' (tahun baru) kepada mereka yang merayakan.

Menurut pengasuh sekolah minggu Khonghucu, Go Fee Mong, dalam tulisannya yang diunggah di laman resmi Kementerian Agama, ada banyak makna yang terkandung dalam kata 'baru'.

Selengkapnya...

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya