5 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami

Memilih pengobatan rumahan bisa dengan mudah meredakan rasa sakit kepala dan ketidaknyamanan yang menyusahkan tanpa mengganggu kesehatanmu.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 13 Apr 2023, 19:04 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 19:04 WIB
5 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami
5 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami - Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Sakit kepala menjadi salah satu masalah kesehatan yang hampir dialami setiap individu. Meskipun kondisi medis bisa menyebabkan sakit kepala yang mengganggu, kadang-kadang, itu hanyalah akibat dari stres, dehidrasi, atau terus-menerus menatap laptop atau layar ponsel.

Mengonsumsi obat saat mengalami sakit kepala menjadi salah satu solusi yang banyak dilakukan individu. Tapi obat bisa bisa berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan di kemudian hari. 

Oleh karena itu, memilih pengobatan rumahan bisa dengan mudah meredakan rasa sakit kepala dan ketidaknyamanan yang menyusahkan tanpa mengganggu kesehatanmu. 

Berikut beberapa cara menyembuhkan sakit kepala secara alami yang bisa Anda coba, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (13/4/2023). 

1. Terapi pijat

Pijat sangat terapeutik karena membantu meredakan otot yang tegang. Terkadang, stres dan ketegangan pada tubuh bagian atas menjadi penyebab sakit kepala.

Ini bisa terjadi karena ketegangan pada otot akibat postur tubuh yang buruk dan rutinitas olahraga yang berat. 

Pijat membantu menghilangkan rasa sakit kronis sambil membuka otot tegang yang menyebabkan sakit kepala. Berikan tekanan pada titik-titik nyeri tertentu untuk mendapatkan hasil instan. 

2. Kompres dengan menggunakan es

Dalam hal pengobatan rumahan cepat untuk sakit kepala, kompres es bisa sangat membantu. Apakah itu dahi atau kulit kepalamu, kompres es bisa meredakan nyeri dengan segera.

Meskipun penelitian mengenal hal ini tidak cukup solid, namun para ahli mengklaim hal itu mungkin karena berkurangnya aliran darah.

Jika Anda tidak memiliki kompres es, Anda bisa menggunakan kompres gel beku, atau bahkan serbet atau kain lap yang dibilas dengan air dingin.

 


3. Minyak lavender

Ilustrasi Lavender Oil / Minyak Lavender (sumber: pixabay)
Ilustrasi Lavender Oil / Minyak Lavender (sumber: pixabay)

Minyak lavender diresapi dengan senyawa vital yang meredakan gejala sakit kepala yang menyusahkan dan membuatmu merasa tenang dan rileks. 

Untuk menggunakannya, oleskan minyak lavender ke titik nyeri dan pijat dengan lembut atau Anda cukup menghirupnya untuk mengatasi rasa sakit. Terapkan dalam proporsi kecil untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan langsung.

4. Cobalah latihan pernapasan

Sakit kepala bisa terjadi karena ketegangan dan stres yang selanjutnya bisa merusak saraf dan bisa dengan mudah ditenangkan dengan latihan pernapasan biasa.

Latihan pernapasan lebih jauh melatih sarafmu dan fokus pada pikiran sambil menenangkan ototmu.

Duduklah di tempat yang tenang dan ambil napas lembut yang berdenyut dan berikan terapi relaksasi untuk mengurangi ketegangan otot.

 


Cara lainnya

Rajin Minum Teh Bisa Memberi Manfaat Anti Anging
ilustrasi teh/Photo by Loverna Journey on Unsplash

5. Minum teh

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada secangkir teh panas dan beruap. Ini membawa kehangatan pada otot-otot yang tegang dan membuatmu rileks dengan damai.

Teh herbal yang terbuat dari bahan chamomile, dandelion, dan jahe ini disebut-sebut sangat baik untuk meredakan sakit kepala.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya