Sarapan hingga Olahraga, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Tak sedikit orang yang memulai hari mereka dengan menyeruput kopi panas setiap hari. Namun ada baiknya kalian melakukan deretan hal berikut sebelum meminum kopi di pagi hari.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 13:16 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 09:02 WIB
Ilustrasi pagi hari, bangun tidur, minum kopi
Ilustrasi pagi hari, bangun tidur, minum kopi. (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang memulai hari mereka dengan menyeruput kopi panas setiap hari. Namun para ahli mengatakan mungkin ada manfaat kesehatan tertentu untuk menunda minum kopi di pagi hari sampai Anda melakukan beberapa hal lain terlebih dahulu. 

Rupanya dengan menunda tegukan pertama ini demi kebiasaan lain, Anda dapat mengoptimalkan manfaat kopi Anda. Dilansir dari Best Life, berikut lima hal yang harus Anda lakukan sebelum minum secangkir kopi pertama di pagi hari.

1. Sarapan yang bergizi

Tubuh setiap orang berbeda, dan banyak orang bisa minum kopi dengan perut kosong tanpa menderita akibat apapun. Namun, seperti yang ditunjukkan The New York Times, beberapa orang yang minum kopi di pagi hari mengalami tingkat keasaman yang lebih tinggi di perut dan kerongkongan, yang dapat menyebabkan refluks.

Nancy Mitchell, RN, seorang penulis kontributor di Assisted Living, mengatakan sangat penting untuk sarapan sebelum minum kopi jika Anda menderita radang usus. Kondisi peradangan seperti gastritis membuat lapisan usus sensitif terhadap makanan asam, katanya kepada Best Life, menambahkan bahwa ini dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman.

James Walker, MD, konsultan fisik dan medis klinis untuk Welzo, setuju. "Mengkonsumsi sarapan seimbang sebelum kopi memberikan nutrisi dan energi penting, menstabilkan kadar gula darah, mendukung fungsi kognitif, dan membantu menghindari potensi ketidaknyamanan pencernaan yang mungkin dialami beberapa orang saat perut kosong," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Minum air

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay
Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

Berkat kopi pagi kami, kami sering lupa untuk menghidrasi dengan cara lain. Dan sementara kopi dan minuman berkafein lainnya diperhitungkan dalam total asupan cairan Anda, air adalah cara terbaik untuk menjaga tingkat hidrasi Anda tetap tinggi.

"Memulai hari Anda dengan air membantu merehidrasi tubuh Anda setelah tidur, memulai metabolisme Anda, membantu pencernaan, dan mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh efek diuretik kopi," kata Walker. Pakar Mayo Clinic mengatakan bahwa pria harus mengusahakan 15,5 gelas air setiap hari, sementara wanita membutuhkan 11,5 gelas air setiap hari untuk hidrasi yang optimal.


3. Gerakkan tubuh

Asuransi dan olahraga lari
Asuransi dan olahraga lari. (Foto: StockSnap/ Pixabay)

Kafein telah lama dikaitkan dengan peningkatan kinerja atletik, tetapi para ahli mengatakan bahwa berolahraga sebelum secangkir kopi harian Anda juga dapat memberikan manfaat tertentu. "Berolahraga sebelum minum kopi dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan suasana hati, dan berpotensi meningkatkan efek pembakaran lemak dengan memanfaatkan simpanan energi tubuh secara lebih efisien," kata Walker.

Cesar Sauza, RDN, ahli gizi diet terdaftar di situs web Health Canal, menambahkan bahwa berolahraga sebelum minum kopi dapat menghilangkan kebutuhan untuk minum kopi sama sekali. "Aktivitas fisik pagi meningkatkan tingkat energi dan fokus untuk sisa hari itu, jadi mengganti secangkir kopi dengan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi asupan kafein Anda," katanya kepada Best Life.


4. Sikat gigi

sikat gigi/pixabay
sikat gigi/pixabay

Ada perdebatan lama tentang apakah lebih baik menyikat gigi sebelum atau sesudah minum kopi, tetapi banyak ahli mengatakan sebaiknya menyikat gigi terlebih dahulu, lalu tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyeduh pertama Anda.

"Dianjurkan untuk menyikat gigi sebelum minum kopi untuk menghilangkan plak dan bakteri, mengurangi risiko pewarnaan gigi terkait kopi," jelas Walker. "Menunggu beberapa saat setelah menyikat gigi memungkinkan efek perlindungan dari pasta gigi bekerja," tambahnya.


5. Pertimbangkan obat Anda dan kondisi yang mendasarinya

Dampak dari Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu
Ilustrasi Mengonsumsi Obat-Obatan Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda harus minum obat apapun di pagi hari, Anda harus berdiskusi dengan dokter apakah obat tersebut dapat berinteraksi dengan kopi atau kafein. Linda Khoshaba, NMD, FABNE, seorang dokter bersertifikat di Naturopathic Endocrinology dan pendiri Natural Endocrinology Specialists (NES), mengatakan ini sangat penting untuk obat yang digunakan untuk mengobati kondisi tiroid atau diabetes. "Misalnya, levothyroxine, obat umum untuk hipotiroidisme, harus diminum saat perut kosong dan diikuti dengan menunggu 30 menit hingga satu jam sebelum makan atau minum apa pun selain air," catatnya.

Demikian pula, penting untuk bertanya kepada dokter Anda tentang bagaimana kafein dapat memengaruhi aspek lain dari rutinitas perawatan kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, penting untuk memeriksa kadar Anda di pagi hari. Kafein dapat berdampak pada kadar gula darah, dan pemantauan dapat membantu mengelola efek potensial apa pun, jelas Khoshaba.

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona
Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya