3 Negara Eropa Terbaik untuk Jadi Tujuan Kuliah, Segera Siapkan Diri!

Saat memutuskan kuliah di luar negeri, tidak sedikit orang akan memilih negara terlebih dahulu daripada universitas atau jenis program tertentu.

oleh Fathiyyah Azizah diperbarui 06 Jul 2023, 10:42 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 10:42 WIB
3 Negara Eropa Terbaik untuk Jadi Tujuan  Kuliah, Segera Siapkan Diri!
Ilustrasi Suasana Kehidupan di Spanyol (freepik/lookstudio)

Liputan6.com, Jakarta Saat memilih negara untuk melanjutkan pendidikan, kenyamanan dan keamanan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan. Dalam dunia yang semakin terhubung, banyak negara menawarkan lingkungan yang nyaman dan kondusif bagi para pelajar internasional.

Penawaran ini biasanya termasuk sistem pendidikan yang berkualitas, dukungan bagi pelajar internasional, infrastruktur yang baik, keamanan yang tinggi, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan budaya. Di samping semua penawaran itu, tentu saja kamu sebagai pelajar internasional harus mempertimbangkan faktor lainnya, seperti biaya hidup, bahasa yang digunakan, hingga potensi lain untuk kamu bisa lebih maju.

Jika kamu masih belum menemukan tujuan negara untuk melanjutkan pendidikan, berikut ini ada 3 negara yang bisa kamu masukkan dalam daftar teratas.

1. Spanyol

Spanyol memiliki lebih dari 80 universitas yang beberapa di antaranya adalah institusi tertua dan paling bergengsi di Eropa, seperti Universitas Salamanca yang didirikan pada tahun 1218. Banyak universitas yang menawarkan berbagai program studi, mulai dari bisnis hingga teknis. Biaya kuliah di Spanyol juga termasuk rendah dan menawarkan beasiswa kepada pelajar internasional untuk membantu kebutuhan kamu selama berpendidikan di sana. Selain biaya kuliah yang rendah, universitas di Spanyol memberikan kesempatan untuk belajar bahasa dan Budaya Spanyol. 

Buat kamu yang ingin berkomunikasi dengan orang-orang di Spanyol dan mereka tidak berbahasa Inggris, jangan khawatir karena kamu dapat menggunakan aplikasi penerjemah atau mengetik langsung di aplikasinya.

2. Swiss

Swiss terkenal sebagai negara yang bersih dan sangat ramah pada pendatang serta negara paling aman untuk berpendidikan. Bahkan, Swiss merupakan salah satu negara terbaik untuk menetap. Pendidikan di Swiss juga sangat baik. Gelar Master di Swiss adalah pilihan tepat bagi siswa internasional tanpa pengetahuan sebelumnya tentang bahasa Prancis, Italia, atau Jerman. 

3. Belanda

Belanda menawarkan biaya sekolah yang ramah, beragam program bahasa Inggris, dan kehidupan yang berkualitas. Kualitas pendidikan tinggi di Belanda tidak perlu diragukan karena adanya sistem kontrol kualitas nasional dan kode etik yang harus ditandatangani universitas.

Program studi yang paling banyak dipilih di Belanda adalah ilmu sosial, komunikasi, dan humaniora. Namun, Belanda juga sangat unggul di bidang riset, teknologi, dan ilmu kedokteran Ada banyak universitas terbaik di Belanda, termasuk Universitas Teknologi Delft, Universitas Groningen, dan Universitas Leiden. Menentukan jurusan, universitas, dan negara tujuan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jurusan yang ingin dipelajari, universitas yang diinginkan, dan negara tujuan kuliah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Poin Penting Sebelum Mendaftar

Dua Orang Perempuan Sedang Berdiskusi di Ruangan Kelas
Dua Orang Perempuan Sedang Berdiskusi di Ruangan Kelas (freepik/lookstudio)
  • Riset tentang program kuliah
  • Buat Visa dan Izin Tinggal untuk Berkuliah di Negara Tujuan
  • Lengkapi persyaratan dokumen, seperti transkip nilai, sertifikasi bahasa, dan surat rekomendasi
  • Periksa Kesehatan yang diperlukan, seperti vaksinasi dan asuransi kesehatan
  • Persiapan mental dan fisik untuk menempuh kehidupan di negara baru

Sebagai informasi tambahan, untuk memenuhi keperluan sertifikasi bahasa sebagai salah satu syarat dokumen, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mencari bimbel atau langganan courses online sesuai kebutuhan. 

Selain mencari bimbel atau courses online, kamu dianjurkan untuk mencari komunitas yang memiliki fokus pada persiapan sertifikasi bahasa yang diambil. Dengan bergabung di komunitas tersebut, kamu bisa langsung mengimplementasikannya melalui diskusi untuk berbagi pengalaman, meminta saran, maupun mempraktikkan keterampilan bahasa dengan orang lain.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya