9 Rekomendasi Drakor tentang Mental Health, Bisa Buat Hidup Lebih Semangat Lagi

Berikut 9 rekomendasi drakor tema mental health yang mengajarkan arti kehidupan.

oleh Ditha Kirani diperbarui 19 Mei 2024, 12:54 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2024, 12:54 WIB
Par Bp Young dalam serial Daily Dose of Sunshine. (Foto: Netflix)
Park Bo Young dalam serial Daily Dose of Sunshine. (Foto: Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea (drakor) merupakan tayangan drama yang memiliki banyak genre. Mulai dari romantis yang dapat membuat hati berbunga-bunga, hingga genre thriller yang dapat membuat penonton merasa tegang. 

Pecinta drakor memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan tontonan drakor dengan selera masing-masing, maupun mengeksplorasi beberapa genre untuk dinikmati.

Salah satu genre drakor yang juga berhasil menarik minat pemirsa yaitu tentang kejiwaan atau mental health. Drama tema ini selalu meninggalkan kesan tersendiri sebab mengajarkan arti hidup yang mendalam serta pentingnya untuk mengenali diri sendiri.

Dengan begitu, menonton drakor bukan hanya menjadi hiburan semata, namun ada pembelajaran berharga pula yang bisa diambil. Bagi siapa saja yang sedang merasa lelah dengan kehidupan, tidak ada salahnya menonton drakor mental health yang mungkin bisa mengerti dirimu.

Berikut 9 rekomendasi drakor tema mental health yang mengajarkan arti kehidupan.

1. Daily Dose of Sunshine

Jung Da Eun (Park Bo Young) merupakan seorang perawat yang baru saja dipindahkan ke bangsal neuropsikiatri. Meskipun merasa canggung, Da Eun mencoba yang terbaik dalam menangani pasien-pasiennya.

Dong Gu Yun (Yeon Woo Jin) bekerja sebagai dokter spesialis proktologi. Dia pun memperhatikan sikap Da Eun dan merasa tertarik dengannya. Sedangkan di sisi lain, Da Eun berteman dengan Song Yu Chan (Jang Dong Yoon), seorang yang cerdas namun memiliki rasa sakit mendalam yang tidak diketahui siapa pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. It’s Okay To Not Be Okay

Mengenal Butterfly Hug, Metode Kontrol Emosi yang Digunakan Seo Ye Ji di It's Okay to Not Be Okay
Simak apa itu butterflu hug sebagai metode kontrol emosi di drama It's Okay to Not Be Okay (Foto: instagram/xuan_play)

It’s Okay to Not Be Okay merupakan drakor yang sangat populer saat perilisannya. Tayang pada tahun 2020, drama ini menceritakan Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) yang memiliki kakak dengan keterbatasan mental.

Suatu hari, pertemuannya dengan Ko Moon Young (Seo Yea Ji) yang membuatnya mengalami lika-liku kehidupan yang tidak pernah dia sangka.

3. Soul Mechanic

Soul Mechanic menceritakan psikiater yang bekerja untuk menyembuhkan orang-orang dari luka emosional mereka. Salah satunya yaitu Lee Shi Joon (Shin Ha Kyun), seorang psikiater yang bekerja di sebuah rumah sakit. Dia memiliki pribadi yang semangat dalam menjalankan pekerjaannya.

Hingga suatu hari dia bertemu dengan Han Woo Jo (Jung So Min), bintang musikal yang sedang naik daun. Dia sangat profesional dalam bekerja, serta memiliki integritas yang tinggi. Bagaimana kelanjutan kisah keduanya?


4. My Mister

My Mister
Drama Korea, My Mister atau My Ahjussi. (Bola.com/Dok. koreandrama.org)

Drama ini mengisahkan Lee Ji An (IU) dan Park Dong Hun (Lee Sun Kyun) dengan kepribadian yang sangat bertolak belakang.

Ji An adalah perempuan berusia 20-an yang tidak suka bersosialisasi karena memiliki masa lalu yang buruk. Dia memiliki beban hidup yang mendalam sebab harus menanggung utang keluarga dan merawat neneknya yang sakit.

Sementara itu, Park Dong Hun merupakan seseorang yang baik hati, penyabar, dan ulet. Dia pun menjadi yang paling sukses di antara kedua saudaranya. 

Keduanya bekerja di kantor yang sama namun seakan tidak saling mengenal. Hingga pada suatu kejadian yang melibatkan uang sebesar 50 juta won, Ji An terlibat dengan Dong Hun. Pada akhirnya, Lee Ji An pun mengagumi wibawa dan kedewasaan Park Dong Hun. 

5. Good Doctor

Park Shi On (Joo Won) merupakan seorang pemuda yang menderita sindrom savant dan cacat perkembangan. Namun di balik itu, dia memiliki otak yang sangat cerdas hingga menjadi ahli bedah anak meskipun mentalnya hanya berusia 10 tahun. Tidak heran, dirinya kerap kali kurang mendapat kepercayaan dari para pasien serta orang di sekitarnya.

Sementara itu, Kim Do Han (Joo Sang Wook) yang merupakan ahli bedah anak terbaik sering sekali berlawanan dengan Shi On. Bagaimana Park Shi On menghadapi lika-liku menjadi dokter dengan kondisi berkebutuhan khusus?


6. It’s Okay, That’s Love

[Bintang] Gong Hyo Jin
Gong Hyo Jin dalam drama 'It's Okay, That's Love'. Foto: via soompi

It’s Okay, That’s Love tidak hanya mengangkat tentang kisah romantis, namun juga kesehatan mental. Jang Jae Yeol (Jo In Sung) adalah penulis novel dan pembawa acara radio yang sangat populer. Kemudian dia bertemu dengan Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin), seorang psikiater yang sulit menjalin hubungan dengan pria.

Tanpa disangka, ternyata setelahnya mereka tinggal satu atap. Mereka pun semakin dekat dan saling menyembuhkan luka batin satu sama lain. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

7. You Are My Spring

Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin) tinggal di sebuah penginapan di Gangneung ketika masih kecil. Saat ini dia bekerja sebagai di sebuah hotel dan berpindah tempat tinggal ke Gedung Gudu. Dia pun kemudian terlibat dalam kasus pembunuhan bersama tetangganya, Ju Young Do (Kim Dong Wook).

Young Do bekerja sebagai psikiater untuk membantu orang yang ingin bunuh diri agar hidup kembali. Dia pintar mengerti perasaan orang lain yang terluka, meskipun tidak pernah dihibur oleh siapa pun. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?


8. Chocolate

Drakor Chocolate
Cuplikan drama korea chocolate | Sumber: Soompi

Lee Kang (Yoon Kye Sang) hidup di kota kecil di tepi pantai. Dia memiliki cita-cita sebagai seorang juru masak, namun saat ini Lee Kang malah berakhir menjadi seorang ahli beda saraf. Meskipun memiliki sifat dingin di luar, Lee Kang sebenarnya menyembunyikan kehangatan di hatinya.

Ketika Moon Cha Young (Ha Ji Won) masih kecil, dia pernah bertemu dengan Lee Kang di sebuah restoran kecil. Kang memasak dan memberikan Cha Young makanan. Momen tidak terlupakan itu membuatnya menjadi seorang koki. Hingga pada suatu hari keduanya kembali bertemu di bangsal rumah sakit, bagaimana selanjutnya?

9. My Liberation Notes

My Liberation Notes merupakan drama yang bercerita mengenai lika-liku kehidupan yang dialami oleh tiga bersaudara, yakni Yeon Chang Hee (Lee Min Ki), Yeom Mi Jeong (Kim Ji Won), dan Yeom Gi Jeong (Lee El). Mereka tinggal di pinggiran Seoul dan masing-masing mereka mengalami permasalahan tersendiri.

Kisah mereka bertiga pun semakin rumit setelah kehadiran Mr. Gu (Son Seok Gu), seorang pria yang tiba-tiba muncul di tempat mereka. Dia selalu mabuk dan membuat ketiga kakak-beradik itu penasaran dengan sosoknya.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya