10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga

Desain rumah minimalis modern 1 lantai semakin diminati banyak orang. Di bawah ini terdapat beberapa pilihan desain rumah minimalis modern 1 lantai yang direkomendasikan.

oleh Azzahra Ilka Aulia diperbarui 16 Jun 2024, 11:10 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 07:15 WIB
10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur (Sumber: Ruang Interior)

Liputan6.com, Jakarta Seiring berkembangnya inovasi dalam desain hunian, kini hadir banyak konsep rumah baru, mulai dari rumah bertingkat, smart home, hingga rumah minimalis.

Gaya minimalis modern kini menjadi favorit di kalangan generasi muda. Tidak hanya menghemat ruang, membangun rumah minimalis sederhana juga membutuhkan biaya yang lebih rendah dibandingkan rumah mewah.

Selain itu, perawatannya pun lebih mudah dan murah. Rumah minimalis modern kerap menjadi pilihan pasangan muda karena desainnya yang minim sekat sehingga menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa desain rumah minimalis modern 1 lantai terbaru yang kami kumpulkan dari berbagai sumber pada hari Rabu (12/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Teras Depan

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Teras Depan (Sumber: home-designing.com)

Meskipun rumah ini tidak memiliki halaman belakang, teras di bagian depan terlihat sangat nyaman. Lantai kayu yang dipilih sangat pas untuk duduk santai sambil menikmati teh di sore hari. Desain rumah minimalis ini tampak sederhana, tetapi pemilihan warna monokrom memberikan kesan ruangan yang lebih lapang.


Desain Rumah Minimalis dengan Area Dapur Luas

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis dengan Area Dapur Luas (Sumber: home-designing.com)

Desain rumah landed house minimalis terkini sangat cocok untuk Anda yang hobi memasak. Keunggulannya terletak pada dapur yang didesain lebih luas sehingga memberikan keleluasaan ekstra saat Anda beraktivitas di dapur.

Berbeda dengan rumah minimalis pada umumnya, rumah ini memiliki kamar utama yang dilengkapi dengan WC dan kamar mandi pribadi. Meskipun bangunan ini memiliki area yang lebih luas secara keseluruhan, Anda perlu merelakan tidak adanya teras depan maupun taman belakang.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai di Lahan Terbatas

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai di Lahan Terbatas (Sumber: incoreresidential.com)

Manfaatkan lahan yang sempit dengan desain rumah minimalis satu lantai. Tempatkan tanaman di berbagai sudut bangunan untuk memberikan nuansa alami.

Pilihlah warna cat dan furnitur yang netral untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Hindari penggunaan furnitur berlebihan agar tidak mengesankan ruangan sempit.


Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai dengan Kamar Tidur Berjejer

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai dengan Kamar Tidur Berjejer (Sumber: aptodecoradopequeno.com)

Jika Anda mempunyai lebih dari satu anak, namun anggaran untuk rumah mungil dengan desain elegan terbatas, jangan khawatir. Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan ranjang tunggal seperti yang ditunjukkan dalam desain di atas.

Dengan cara ini, meskipun hanya ada dua kamar tidur, Anda dapat menampung lebih banyak orang. Kekurangannya, kamar tidur utama akan lebih kecil dibandingkan dengan kamar anak. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah besar dalam sebuah hunian.  


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman dan Carport

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman dan Carport (Sumber: lamudi.co.id)

Dengan memaksimalkan lahan seluas sekitar 105 meter persegi, Anda dapat lebih mudah mengatur ruang interior rumah sederhana satu lantai seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Di bagian depan terdapat taman, di belakang juga terdapat taman, dan tersedia pula tempat parkir mobil untuk satu unit. Dengan mengikuti susunan ini, akan diciptakan suasana yang sejuk dan alami. Kelebihan lainnya adalah adanya tambahan ruang taman yang dapat digunakan sebagai tempat bermain bagi anak-anak yang masih kecil.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Kolam Renang

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Kolam Renang (Sumber: lamudi.co.id)

Tidak ada aturan yang mengharuskan rumah satu lantai bergaya minimalis untuk tidak memiliki kolam renang pribadi. Sebagai contoh, desain berikut menunjukkan bahwa Anda tetap bisa menikmati kolam renang pribadi meskipun rumah Anda berarsitektur minimalis. Meski tidak besar, kolam ini cukup untuk kebutuhan pribadi sehari-hari.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 2 Kamar Tidur

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 2 Kamar Tidur (Sumber: Pinterest)

Jika Anda mencari ide untuk merancang rumah minimalis yang istimewa, Anda dapat melihat model di atas sebagai acuan. Keistimewaan dari desain atapnya adalah kecondongan yang hanya pada satu sisi. Rencananya, rumah ini akan memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, area ruang tamu, dan juga carport.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai yang Sederhana

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai yang Sederhana (Sumber: lamudi.co.id)

Properti minimalis ini memberikan kesan menarik dengan desain yang simpel dan fungsional. Di dalamnya terdapat ruangan untuk dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, serta tempat parkir mobil.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman Depan dan Belakang

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman Depan dan Belakang (Sumber: Pinterest)

Gambarkan skema susunan rumah yang minimalis pada gambar di atas. Rancangan umum hunian ini melibatkan tiga kamar tidur, ruang keluarga, satu kamar mandi, kebun belakang, serta area parkir untuk mobil.


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur

10 Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai, Nyaman untuk Keluarga
Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur (Sumber: Ruang Interior)

Properti ini memiliki ruang yang cukup besar untuk menampung tiga kamar tidur. Dalam desain ini, dua dari tiga kamar tidur dilengkapi dengan kamar mandi dan WC pribadi, sementara satu kamar mandi umum tersedia di luar. Ruang tamu dan ruang makan berpadu dalam satu ruang, sedangkan dapur terpisah dan berdekatan dengan area cuci.


Apa itu Desain Rumah Minimalis Modern?

Hunian minimalis modern ialah konsep arsitektur yang menitikberatkan pada fungsi dan kesederhanaan. Daya tariknya sangat beragam, mulai dari kemudahan perawatan, kenyamanan, hingga kesan lapang meskipun berada di lahan terbatas.

 


Apa itu Rumah 1 5 Lantai?

Desain rumah 1.5 lantai tidak hanya menyajikan keindahan visual, tetapi juga kepraktisan dalam penggunaannya. Itulah sebabnya, banyak pemilik hunian yang tertarik untuk menerapkan konsep ini, contohnya dengan mengadopsi konsep mezzanine.

 


Rumah Type 70 Seperti Apa?

Rumah berukuran 70 meter persegi merupakan salah satu tipe hunian yang diperhitungkan di kelas atas. Biasanya, rumah dengan luas bangunan 70 meter persegi memiliki dimensi 7 x 10 meter, 5 x 14 meter, atau bahkan 6 x 12 meter, tergantung dari developer. Umumnya, hunian tipe 70 telah dibangun dengan 2 lantai.

 


Rumah Klasik Seperti Apa?

Rumah klasik seringkali ditandai dengan keanggunan, baik dari segi fasad maupun interior. Salah satu ciri yang mudah dikenali adalah penggunaan tiang-tiang besar atau pilar yang memberikan kesan klasik yang terinspirasi dari gaya arsitektur kuno Yunani atau Roma.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya