Top 3: Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah

Artikel tentang 6 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, penderita diabetes bisa coba menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 19 Jul 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 10:30 WIB
Top 3: Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Top 3: Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah/Copyright unsplash.com/Mockup Graphics

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh Anda biasanya mengatur kadar gula darah dengan memproduksi insulin, yang memungkinkan sel-sel Anda menggunakan gula yang bersirkulasi dalam darahmu. 

Namun, berbagai faktor dapat mengganggu pengelolaan gula darah dan menyebabkan hiperglikemia (gula darah tinggi).

Pengelolaan gula darah sangat penting bagi penderita diabetes, karena kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi pada anggota tubuh dan mengancam nyawa. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, seperti melansir dari Healthline, Kamis (18/7/2024).

Olahraga

Olahraga teratur dan aktivitas fisik dapat membantu Anda mengatur berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel Anda dapat menggunakan glukosa dalam aliran darah Anda secara lebih efektif.

Olahraga juga membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Beberapa olahraga yang direkomendasikan antara lain jalan ringan atau latihan ketahanan sederhana, seperti squat atau leg raise. 

Beberapa olahraga lainnya yang bermanfaat antara lain:

  • Angkat beban
  • Jalan cepat
  • Bersepeda
  • Renang
  • Jumping jack
  • Setengah jongkok

Artikel tentang 6 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, penderita diabetes bisa coba menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang butuh alasan untuk menangis? Coba tonton 9 rekomendasi drakor berikut ini.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 3 zodiak ini bisa menjadi teman yang baik di tempat kerja.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami, Penderita Diabetes Bisa Coba

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

ilustrasi pemeriksaan diabetes
ilustrasi pemeriksaan diabetes. foto unsplash

Atur asupan karbohidrat

Asupan karbohidratmu sangat memengaruhi kadar gula darahmu. Tubuh Anda menguraikan karbohidrat menjadi gula, terutama glukosa. Kemudian, insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpannya sebagai energi. 

Proses ini gagal jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, dan kadar glukosa darah bisa meningkat.

Itu sebabnya American Diabetes Association merekomendasikan agar penderita diabetes mengatur asupan karbohidrat mereka dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang mereka butuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Selengkapnya...


2. Butuh Alasan untuk Menangis? Coba Tonton 9 Rekomendasi Drakor Berikut Ini

Hi Bye, Mama (tvN via Soompi)
Hi Bye, Mama (tvN via Soompi)

Anda pasti pernah merasakan sebuah momen di mana Anda tidak yakin dengan masa depan, seperti bagaimana dengan karier yang stagnan, kehidupan percintaan, dan orang tua yang sudah beranjak tua tapi Anda merasa belum menjadi apa-apa. Hal ini pasti bisa menyebabkan kesedihan tersendiri dan tanpa sadar tangisan pun pecah.

Namun, bagaimana jika Anda meraqsa sedih tapi tidak bisa menangis? Maka, ada beberapa drama Korea yang cocok untuk ditonton pada saat tersebut.

Sebab, terkadang yang kita butuhkan hanyalah tangisan. Untungnya, ada banyak drama Korea yang memilukan untuk dipilih.

Dihimpun dari Collider, Senin (15/7/2024), ada yang merupakan drakor dengan tema fantasi yang mungkin tidak realistis, hubungan antarmanusia yang menyayat hati, hingga beberapa adegan sedih yang dimasukkan sebagai tambahan cerita. Ada judul apa saja di dalamnya?

Berikut ini rekomendasi drakor dengan cerita yang sedih dan bisa membuat Anda menangis:

1. Hi Bye, Mama!

Dibuat oleh Yu Je-won dan Kwon Hye-ju, Hi Bye Mama adalah serial fantasi komedi Netflix yang mengikuti seorang ibu yang meninggal dunia dan ternyata memiliki kesempatan untuk terlahir kembali selama 49 hari, serta seorang suami yang baru saja memulai kehidupan baru setelah mengatasi penderitaan karena kehilangan istrinya.

Selain tema emosional yang dibawakannya, K-drama tahun 2020 yang wajib ditonton ini dikemas dengan penampilan sempurna dan sinematografi memukau sambil merefleksikan kehilangan dan kesedihan. Dengan demikian, hal ini memberikan pesan berharga tentang tema-tema ini, termasuk pentingnya penyembuhan.

Meskipun ini bukan drama biasa yang menyenangkan, Hi Bye, Mama! ditulis dengan ciamik dan kemungkinan besar akan menggugah hati penonton hingga menghasilkan tangisan yang luar biasa.

Selengkapnya...


3. 3 Zodiak Ini Bisa Menjadi Teman yang Baik di Tempat Kerja

Ilustrasi ulang tahun, rekan, teman kerja, kantor
Ilustrasi ulang tahun, rekan, teman kerja, kantor. (Image by freepik)

Anda tahu bahwa Anda telah mendapatkan jackpot pekerjaan ketika Anda langsung terikat dengan sahabat karib di tempat kerja. Ini adalah orang yang mendukung Anda ketika Anda ingin bergosip atau curhat, dan mereka selalu membuat pekerjaan seratus kali lebih menyenangkan hanya dengan menjadi diri mereka sendiri. Seharian di kantor atau shift tidak akan pernah sama jika mereka tidak berada di sana.

Zodiak yang berpotensi menjadi sahabat karib ideal sering kali adalah mereka yang memiliki sikap bertanggung jawab. Ini bisa jadi karyawan terbaik yang menunjukkan caranya dan membuat Anda betah di hari pertama. 

Akibatnya, Anda mendapati diri Anda mencarinya secara rutin kapan pun Anda perlu mengobrol atau meminta nasihat. Sebelum Anda menyadarinya, Anda saling menceritakan rahasia terdalam dan tergelap Anda di ruang istirahat — dan sisanya tinggal sejarah.

Sahabat yang bekerja dengan baik bisa jadi adalah mereka yang tidak menganggap segala sesuatunya terlalu serius. Meskipun mereka akan menampilkan wajah profesional bila diperlukan, mereka juga 100% siap untuk makan siang terlalu lama sehingga Anda dapat duduk, mengobrol, dan melampiaskan stres terkait pekerjaan. 

Tidak ada yang bisa mengikat dua orang lebih cepat daripada bersama-sama, itulah sebabnya beberapa rekan kerja akhirnya merasa seperti keluarga sungguhan.

Lalu, zodiak apa saja mereka? Dihimpun dari Bustle, ini dia.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya