Butuh Alasan untuk Menangis? Coba Tonton 9 Rekomendasi Drakor Berikut Ini

Anda merasa sedih tapi tidak bisa menangis? Coba saja menonton drama Korea di bawah ini.

oleh Bella Zoditama diperbarui 18 Jul 2024, 09:02 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 09:02 WIB
Hi Bye, Mama (tvN via Soompi)
Hi Bye, Mama (tvN via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah merasakan sebuah momen di mana Anda tidak yakin dengan masa depan, seperti bagaimana dengan karier yang stagnan, kehidupan percintaan, dan orang tua yang sudah beranjak tua tapi Anda merasa belum menjadi apa-apa. Hal ini pasti bisa menyebabkan kesedihan tersendiri dan tanpa sadar tangisan pun pecah.

Namun, bagaimana jika Anda meraqsa sedih tapi tidak bisa menangis? Maka, ada beberapa drama Korea yang cocok untuk ditonton pada saat tersebut.

Sebab, terkadang yang kita butuhkan hanyalah tangisan. Untungnya, ada banyak drama Korea yang memilukan untuk dipilih.

Dihimpun dari Collider, Senin (15/7/2024), ada yang merupakan drakor dengan tema fantasi yang mungkin tidak realistis, hubungan antarmanusia yang menyayat hati, hingga beberapa adegan sedih yang dimasukkan sebagai tambahan cerita. Ada judul apa saja di dalamnya?

Berikut ini rekomendasi drakor dengan cerita yang sedih dan bisa membuat Anda menangis:

1. Hi Bye, Mama!

Dibuat oleh Yu Je-won dan Kwon Hye-ju, Hi Bye Mama adalah serial fantasi komedi Netflix yang mengikuti seorang ibu yang meninggal dunia dan ternyata memiliki kesempatan untuk terlahir kembali selama 49 hari, serta seorang suami yang baru saja memulai kehidupan baru setelah mengatasi penderitaan karena kehilangan istrinya.

Selain tema emosional yang dibawakannya, K-drama tahun 2020 yang wajib ditonton ini dikemas dengan penampilan sempurna dan sinematografi memukau sambil merefleksikan kehilangan dan kesedihan. Dengan demikian, hal ini memberikan pesan berharga tentang tema-tema ini, termasuk pentingnya penyembuhan.

Meskipun ini bukan drama biasa yang menyenangkan, Hi Bye, Mama! ditulis dengan ciamik dan kemungkinan besar akan menggugah hati penonton hingga menghasilkan tangisan yang luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. The Smile Has Left Your Eyes

The Smile Has Left Your Eyes (tvN/ Soompi)
The Smile Has Left Your Eyes (tvN/ Soompi)

Berdasarkan drama TV Jepang berjudul Hundred Million Stars From the Sky, drakor dibintangi oleh Seo In-Guk, Jung So-min, dan Park Sung-woong, The Smile Has Left Your Eyes adalah sebuah romansa misteri yang berpusat di sekitar seorang pria yang bertemu dan jatuh cinta kepada Yoo Jin-kang, saudara perempuan seorang detektif yang menangani kasus pembunuhan yang melibatkan pemuda tersebut.

Hal ini tentu saja menyebabkan sang detektif menjauhkan keduanya. Akankah ikatan mereka cukup kuat untuk berakhir bahagia?

K-drama emosional ini juga harus masuk dalam daftar tontonan mereka yang menyukai acara-acara yang menguras air mata, karena memberikan pemirsa narasi yang menyentuh dan seperti rollercoaster yang akan menarik hati sanubari mereka. Terutama karena tema-tema sensitif yang diangkatnya meliputi pembunuhan, trauma, dan kesehatan mental.

3. Just Between Lovers

Sebuah kisah tentang dua orang yang secara bertahap menjadi lebih dekat setelah mengetahui bahwa mereka menderita melalui tragedi yang sama ketika masih anak-anak, Just Between Lovers benar-benar memilukan. Ini menyajikan salah satu peran terbaik aktor Won Jin-A sebagai Ha Moon-soo, seorang arsitek yang berdedikasi untuk mencegah tragedi seperti yang dideritanya terulang kembali.

Dia menekan ingatannya sampai persahabatan yang berkembang perlahan dengan Lee Gang-doo (Lee Jun-ho) memungkinkan mereka berdua berdamai dengan trauma yang masih mempengaruhi mereka.

Tidak ada keraguan bahwa serial tahun 2017 ini akan menjadi serial yang hebat, terutama mengingat akhir yang katarsis dan penuh harapan. Ini adalah drakor yang sempurna untuk pemirsa pertama kali yang ingin mendalami genre ini, karena Just Between Lovers memberi penonton gambaran realistis tentang hubungan.


4. Youth of May

Youth of May. (KBS 2 TV via Soompi)
Youth of May. (KBS 2 TV via Soompi)

Youth of May berlatar belakang Pemberontakan Gwangju pada Mei 1980, salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah Korea Selatan, dan memiliki dampak yang bertahan hingga saat ini. Serial ini menggambarkan pemberontakan mahasiswa demokratis di kota Gwangju melawan kebijakan pemerintahan otoriter saat itu, yang mengakibatkan kematian 170 warga, meskipun jumlahnya masih diperdebatkan lebih tinggi.

Sambil menggambarkan romansa antara seorang perawat dan seorang mahasiswa kedokteran di Gwangju, drakor ini mencapai tujuannya untuk menyebarkan kesadaran tentang bagaimana kehidupan normal terganggu pada tahun itu akibat pemberontakan. Termasuk sebuah tragedi yang ditimbulkannya di antara orang-orang yang tidak bersalah. 

5. Good Doctor

Ketika seorang pria autis dengan savant syndrome memasuki rumah sakit sebagai ahli bedah anak, dia segera menghadapi tentangan. Karena autismenya diremehkan oleh rekan kerja dan orang tua serta keluarga kliennya, dia harus menemukan cara untuk membuktikan bahwa dia dapat bekerja secara efektif dengan anak-anak meskipun ada banyak kendala yang harus dia atasi.

Selain itu, Good Doctor merupakan remake serial Amerika dengan judul yang sama dan memiliki kesuksesan serupa.

Meskipun bukan pertunjukan yang paling menyedihkan, sering kali menampilkan adegan yang mengharukan dan inspiratif, ada banyak momen Good Doctor yang dengan tepat menunjukkan betapa kerasnya dunia ini terhadap orang-orang yang tidak menyesuaikan diri dengan apa yang dianggap normal oleh orang lain.


6. Winter Sonata

[Bintang] 8 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa Part 2
Winter Sonata menceritakan tentang Joong sang dan Yu Jin yang saling jatuh cinta. Akan tetapi kisah cinta mereka tak berjalan lancar lantaran Joong Sang mengalami amnesia. (Foto: Soompi.com)

Salah satu drama Korea pertama yang menjadi populer secara internasional, Winter Sonata termasuk salah satu drakor yang menjadi legenda pada masa itu. Ceritanya berkisar pada Joon-sang, yang mendaftar di sekolah menengah baru yang terletak di kota kecil di luar Seoul, dengan tujuan tunggal untuk menemukan ayah kandungnya.

Serial ini tayang pada tahun 2002 dan menjadi model sebagian besar K-drama romantis saat ini. Artinya, jika dilihat ke belakang, hal ini terlihat sedikit klise dan mudah ditebak.

Namun, bukan berarti serial ini masih bukan serial melodramatis yang menyenangkan. Bagi para penggemar serial TV romantis K-drama sedih, ada banyak momen mengharukan di Winter Sonata yang dijamin bikin penontonnya terisak-isak.

7. Uncontrollably Fond

Karena narasi emosionalnya, Uncontrollably Fond secara luas dianggap sebagai K-drama paling menyedihkan. Drama tersebut menggambarkan reuni dua mantan kekasih yang kini telah menjadi aktor terkenal dan produser dokumenter.

Saat mereka bertemu sekali lagi, kenangan masa lalu mereka datang kembali, bertahun-tahun setelah perpisahan mereka yang menyakitkan.

Meski tergolong drama komedi, serial 2016 yang mengharukan ini dijamin akan bikin penontonnya ketagihan. Dibintangi oleh Bae Suzy dan menampilkan banyak kerusakan emosional serta akting yang luar biasa, Uncontrollably Fond adalah tontonan wajib bagi siapa saja yang menyukai cerita yang menyayat hati.


8. Mr. Sunshine

Mr Sunshine (Soompi)
Mr Sunshine (Soompi)

Dalam Mr. Sunshine, penonton diperkenalkan dengan seorang anak kecil (tumbuh menjadi pria menawan yang diperankan oleh Lee Byung-hun) yang dilahirkan dalam perbudakan tetapi melarikan diri ke Amerika Serikat selama Shinmiyangyo (ekspedisi AS ke Korea) tahun 1871 karena sebuah tragedi yang tragis. Kemudian, sebagai perwira di Korps Marinir Amerika Serikat, dia kembali ke Joseon, di mana dia bertemu dan akhirnya jatuh cinta pada putri (Kim Tae-ri) seorang bangsawan.

Meskipun nama serialnya secara harfiah adalah Mr. Sunshine, K-drama yang menawan ini menawarkan beberapa momen emosional, mengambil tempat khusus di antara genre paling menyedihkan. Selain premisnya yang menarik dan menarik, Mr. Sunshine juga mendapat manfaat dari akting yang hebat dan sinematografi yang menakjubkan.

9. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drakor bertema sejarah, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, memiliki premis cerita tentang seorang wanita modern dibawa kembali ke Dinasti Goryeo Korea dan akhirnya menghadapi situasi politik rumit yang diakibatkannya ketika dia terlibat dalam cinta segitiga dengan dua pangeran yang bersaing memperebutkan takhta.

Penulis Moon Lovers berhasil memahami inti drama, mengeksplorasi secara menyeluruh emosi yang ditimbulkan oleh situasi tegang seperti itu pada seorang wanita yang terbiasa dengan kenyamanan kehidupan modern. 

Infografis Jenis-Jenis Bullying di Sekolah
Jenis-jenis bullying yang patut diwaspadai. (dok. Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya