Fakta Mengejutkan Konsumsi Buah Kering, Ternyata Efektif Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Tak seperti anggapan orang, konsumsi buah kering ternyata efektif turunkan risiko diabetes tipe 2

oleh Sulung Lahitani diperbarui 22 Jul 2024, 16:31 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 16:31 WIB
Ilustrasi buah kering
Ilustrasi buah kering. (Photo by Azerbaijan_Stock on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi lebih banyak buah kering dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam sebuah penelitian yang baru diterbitkan. Penelitian ini berharap dapat menyelesaikan bukti yang bertentangan mengenai manfaatnya bagi orang-orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap terkendali, karena jumlah gula yang terkonsentrasi pada buah ini.

Dihimpun dari Medical News Today, studi tersebut – yang muncul di BMC Nutrition & Metabolism – menemukan bahwa meningkatkan asupan buah kering sekitar 1,3 buah setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 60,8%.

Buah-buahan kering beraroma, nyaman dan menyehatkan, serta tidak mudah rusak, menjadikannya camilan yang menarik. Studi tersebut mengamati konsumsi plum kering, aprikot kering, dan kismis.

Bagaimana buah-buahan kering mempengaruhi gula darah?

Selain kaya akan makro dan mikronutrien, buah-buahan kering mengandung banyak serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mereka juga mengandung flavonoid yang dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Kekhawatirannya adalah makanan tersebut mengandung gula alami dalam jumlah terkonsentrasi yang dapat menyebabkan lonjakan cepat glikemik (gula darah) segera setelah makan.

Hal ini dapat merusak upaya seseorang untuk mempertahankan kadar glukosa stabil. Sampai saat ini, konsumsi buah-buahan tersebut tidak dianjurkan bagi orang-orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2, meskipun penulis penelitian menggambarkan adanya perubahan baru-baru ini dalam pandangan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana buah kering dibandingkan dengan buah segar?

Buah kering
Ilustrasi buah-buahan kering (Credit: Freepik/stockking)

Intinya, buah-buahan kering adalah versi padat dari buah-buahan segar. Mereka mempertahankan sebagian besar nutrisi dan gula alami tetapi dalam bentuk yang lebih kecil dengan sebagian besar air dihilangkan. 

Jadi, berdasarkan berat dan volume, buah-buahan kering mungkin mengandung lebih banyak kalori dan gula dibandingkan buah segar.

Pakar lain yang tidak terlibat dalam penelitian ini, Jason Ng, MD, BA, dari Departemen Kedokteran di Universitas Pittsburgh, menganggap bahwa “ini adalah langkah yang baik untuk memahami hubungan ini.”

“Bukti menunjukkan bahwa buah kering mungkin memiliki manfaat kesehatan dan menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2,” kata Ng, yang berspesialisasi dalam endokrinologi dan metabolisme.

 


Bagaimana buah kering bisa mengurangi risiko diabetes?

Ilustrasi buah kering
Ilustrasi buah kering. (Photo by Zerhi on Freepik)

Ng menyarankan kemungkinan mekanisme yang mungkin menjelaskan hubungan dengan rendahnya risiko diabetes.

“Buah-buahan kering dapat menurunkan risiko diabetes karena nutrisi dan zat yang berfungsi mengurangi stres dalam tubuh – stres oksidatif atau mekanisme lainnya – secara keseluruhan dapat membantu tubuh mengatur gula dengan lebih mudah,” hipotesisnya.

Dia mengatakan penelitian ini mulai membantu kita memahami cara kerjanya.

“Biasanya,” kata Ng, “buah-buahan segar lebih disukai karena memiliki konsentrasi karbohidrat yang lebih rendah [berdasarkan beratnya], dan memiliki nutrisi bermanfaat lainnya – juga dengan air – jadi dalam hal ini, sebagian besar orang akan mengatakan buah-buahan segar masih lebih disukai. ”

 


Berapa banyak buah kering yang harus Anda makan?

Kadar Gula Darah Menjadi Tidak Stabil
Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Tentang penelitian tersebut, Ng mengatakan bahwa “ini adalah bukti bagus yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kering dalam jumlah sedang bersamaan dengan diet rendah karbohidrat dapat memberikan manfaat dalam mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.”

Di sisi lain, Routhenstein menekankan pentingnya menekankan diet seimbang ketika mendiskusikan buah-buahan kering dengan kliennya, dan dia merekomendasikan konsumsi buah-buahan kering dalam jumlah yang dikontrol porsinya.

Mengingat rasa buah-buahan kering yang enak dan mudah dikonsumsi, mudah bagi kita untuk memakannya terlalu banyak.

“Satu porsi kecil,” saran Routhenstein, “seperti seperempat cangkir, masih dapat menyediakan serat dan nutrisi penting tanpa menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.”

Selain itu, Routhenstein menyarankan untuk memadukan buah-buahan kering dengan makanan yang memiliki kandungan glikemik lebih rendah untuk mengimbangi kadar gula buah yang lebih tinggi, dan untuk membantu memastikan keseimbangan nutrisi secara keseluruhan.

Beban glikemik adalah penilaian berdasarkan jumlah karbohidrat yang dikandung suatu makanan serta seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah.

Di antara makanan yang mengandung indeks glikemik rendah adalah sayuran hijau, sebagian besar buah-buahan segar, wortel mentah, lentil, buncis, dan kacang merah.

Terakhir, “meskipun buah-buahan kering bisa menjadi bagian diet sehat yang mudah dan mudah diakses, penting juga untuk memprioritaskan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar sebagai komponen integral dari pola makan yang kaya nutrisi dan seimbang untuk diabetes dan penyakit jantung. pengurangan risiko,” kata Routhenstein.

Fakta Mengenai Risiko Diabetes Melitus
Infografis Journal_ Fakta Mengenai Risiko Diabetes Melitus (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya