4 Aktivitas Seru untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motorik Anak Perempuan

Mendorong aktivitas anak sejak dini sangat penting untuk mengembangkan hobi dan kemampuan mereka.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Jul 2024, 19:04 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 19:04 WIB
Contoh ilustrasi ibu dan anak perempuannya
Salah satu contoh parenting yang tepat adalah terjalinnya komunikasi 2 arah antara ibu dan anak yang membiarkan anak memahami dan menyampaikan perasaan mereka (Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Liputan6.com, Jakarta Mendorong aktivitas anak sejak dini sangat penting untuk mengembangkan hobi dan kemampuan mereka. Aktivitas harian anak perempuan juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri mereka di masa golden age ini.

Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak untuk meningkatkan kreativitas dan motorik mereka:

1. Memasak

Memasak adalah aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama anak. Aktivitas ini mengasah kemampuan motorik anak perempuan. Mulailah dengan resep sederhana untuk mengenalkan berbagai bahan masakan, aroma, bentuk, dan bumbu.

"Memasak juga melatih keterampilan anak perempuan dan mengajarkan mereka untuk menghargai makanan melalui proses pembuatannya," kata Dr. Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER.

2. Mewarnai/Melukis

Mewarnai atau melukis membantu mengasah kemampuan motorik halus anak dengan mengenalkan berbagai warna dan bentuk gambar. Aktivitas ini melatih imajinasi anak dan menstimulasi motorik mereka dengan menyesuaikan warna dan bentuk gambar dari apa yang mereka lihat.

Parents bisa memperkenalkan buku-buku karakter yang penuh warna dan mengajarkan teknik dasar menggambar seperti gradasi warna dan tekstur cat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Menari

4 Aktivitas Seru untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motorik Anak Perempuan
4 Aktivitas Seru untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motorik Anak Perempuan (doc: Amara Kids)

Menari adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. "Melalui dance, anak bisa menyalurkan emosi mereka melalui gerakan," kata Dr. Beeleonie.

Menari melatih tumbuh kembang motorik dan kecepatan berpikir anak, serta kreativitas mereka. Parents bisa mengenalkan berbagai jenis tarian seperti hip-hop, balet, atau tari tradisional melalui video tutorial atau kelas dansa.

4. Makeup

Bermain makeup dengan anak perempuan bisa sangat menyenangkan. Aktivitas ini melatih motorik anak dan minat mereka dalam bidang tata rias. Parents bisa mengenalkan berbagai produk makeup seperti eyeshadow, lipstick, dan bedak.

Namun, penting untuk menggunakan produk yang aman untuk kulit sensitif anak. Produk makeup khusus anak seperti Amara Kids, yang sudah teruji BPOM dan menggunakan bahan-bahan aman, bisa menjadi pilihan.

 


Bahan yang baik untuk kulit anak

Amara Kids bisa menjadi solusi parents untuk si kecil karena produknya menggunakan bahan yang sangat baik untuk merawat kulit si kecil seperti mengandung Triple Vitamin, Jojoba Oil, UV Filter dan no alcohol, no SLS, no Paraben. Juga bisa coba produk terbaru Amara Kids, Starlight Makeup Kit yang sangat praktis dan lucu banget.

Dengan melakukan aktivitas-aktivitas ini, Parents dapat membantu meningkatkan kreativitas dan motorik anak perempuan mereka, sambil menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya