Dahsyatnya Topan Haiyan, Ormoc Menjadi Kota Mati

Kota Ormoc yang terletak di Pulau Leyte Filipina, merupakan salah satu daerah yang terkena dampak paling parah akibat terjangan Topan Haiyan

oleh Liputan6 diperbarui 19 Nov 2013, 08:11 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2013, 08:11 WIB
131119aormoc.jpg
Citizen6, Filipina: Kota Ormoc yang terletak di Pulau Leyte Filipina, merupakan salah satu daerah yang terkena dampak paling parah akibat terjangan badai Topan Haiyan.

Kota yang berpenduduk 190 jiwa tersebut, berubah menjadi kota mati dan yang tersisa kini hanya reruntuhan bangunan yang tidak berbentuk lagi.



Salah satu anggota tim relawan PKPU, M Kaimuddin yang sedang berada di Kota Ormoc mengungkapkan, sejak Tacloban dan Leyte dihantam oleh Topan Haiyan, kota tersebut mulai ditinggalkan warganya karena tidak ada lagi pasokan listrik dan air bersih. Bagi warga yang selamat, mereka menggunakn lilin dan lampu minyak sebagai alat penerangan di tempat pengungsian.



"Tim relawan akan dibagi menjadi dua. Salah satu tim akan kembali ke Cebu untuk mengambil barang-barang logistik dan kebutuhan pokok untuk para pengungsi, karena di sini barang-barang tersebut sulit di dapat. Selain itu tim juga akan membuka dapur umum dan layanan kesehatan di pusat-pusat pengungsian di kota Ormoc, " jelas Kaimuddin.



Kaimuddin menambahkan, barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan saat ini adalah beras, tenda dan air bersih. Selain itu tim relawan juga akan menyediakan genset untuk penerangan posko dapur umum, karena diperkirakan kondisi listrik akan pulih, paling cepat 3 bulan mendatang.

Relawan PKPU, Rumah Zakat, dan bersama dengan relawan lokal,  juga akan menyusuri sepanjang jalur utara pulau Leyte untuk melakukan evakuasi dan melihat dampak akibat terjangan topan lebih jauh. Hingga saat ini, masih banyak wilayah yang terisolir akibat hancurnya jalur transportasi. (Mohammad Sukismo/mar)

Mohamad Sukismo adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya