Pengiriman Uang Kripto ke El Salvador Merosot 18 Persen pada Awal 2023

Bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador selama tiga tahun. Akan tetapi, pengiriman uang dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya turun 17,8 persen.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 16 Apr 2023, 20:40 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 20:40 WIB
Pengiriman Uang dalam Bitcoin Menurun di El Salvador
Bitcoin telah menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador selama tiga tahun. Namun, pengiriman uang dalam bitcoin dan cryptocurrency merosot. (Foto: Unsplash/Traxer)

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin telah menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador selama tiga tahun, tetapi saat ini orang-orang menggunakannya kurang dari transaksi pada 2022, setidaknya untuk pengiriman uang.

Melansir Cryptopotato, Minggu (16/4/2023), pengiriman uang dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang dikirim ke El Salvador turun 17,8 persen selama dua bulan pertama 2023 dibandingkan 2022, menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Central Reserve Bank (BCR) negara yang dilaporkan oleh Agencia EFE.

Sesuai pernyataan tersebut, El Salvador menerima total USD 15,98 juta dalam bentuk pengiriman uang melalui cryptocurrency. Jumlah ini merupakan penurunan sebesar USD 3,47 juta dibandingkan dengan periode yang sama selama tahun sebelumnya ketika negara tersebut mendaftarkan lebih dari USD 19,45 juta dalam pengiriman uang kripto.

Menurut informasi BCR, pengiriman uang yang diterima melalui cryptocurrency hanya mewakili 1,34 persen dari total yang diterima oleh negara, hingga laporan terbaru, berjumlah hampir USD 1,2 Miliar.

Meskipun persentase penurunan pengiriman uang selama dua bulan terakhir hampir 20 persen dibandingkan 2022, kenyataannya sejak penerapan Undang-Undang Bitcoin, penggunaan cryptocurrency untuk transaksi internasional tidak berdampak signifikan terhadap ekonomi Salvador.

Kebanyakan orang Salvador mengirim uang menggunakan layanan tradisional, dan jumlah uang yang mereka kirim hampir sama.

Selama 2022, lebih dari USD 7 miliar pengiriman uang dikirim ke negara Amerika Tengah itu. Namun, hanya USD 126 juta yang dikirim menggunakan cryptocurrency, menurut Prensa Latina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Selaras dengan Masyarakat El Salvador

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Ini menunjukkan kebijakan ekonomi seputar Bitcoin yang diusulkan oleh Presiden Nayib Bukele belum selaras dengan orang Salvador, karena sebagian besar masih lebih memilih layanan fiat daripada opsi bertenaga kripto meskipun biaya transaksi tinggi dan banyak kerugian lainnya.

Salah satu alasan yang paling mungkin ditunjukkan oleh banyak ahli adalah kurangnya pendidikan kripto di kalangan penduduk. Ketika Bukele mempromosikan undang-undang Bitcoin untuk menyatakan mata uang legal BTC, orang Salvador tidak tahu apa sebenarnya cryptocurrency itu, bagaimana menggunakannya, atau keuntungan apa yang ditawarkannya.

Undang-undang Bitcoin mungkin memiliki dampak terbatas pada industri pengiriman uang, tetapi ada bidang yang berkembang berkat kecintaan Bukele terhadap kripto: pariwisata dan investasi asing.

Bukele menyatakan, pariwisata di El Salvador telah meningkat sebesar 95 persen sejak penerapan UU Bitcoin. Selain itu, presiden mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ada banyak bitcoiner yang ingin pergi ke negara di mana bitcoin adalah alat pembayaran yang sah.

 


Pembukaan Kedutaan Bitcoin

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Senada dengan itu, Menteri Pariwisata El Salvador, Morena Valdez, pada awal 2022 menyatakan negara tersebut telah menjadi tujuan yang menarik bagi orang Amerika Serikat, yang mewakili 60 persen dari total kunjungan. Ini juga telah ditunjukkan oleh presiden sebagai cara untuk mempromosikan perangnya melawan kejahatan terorganisir.

Di sisi lain, antusiasme presiden terhadap Bitcoin telah membantunya menjalin hubungan dengan politisi AS yang pro-bitcoin seperti José “Joe” Esparza selaku Wakil Menteri Luar Negeri Texas, yang dengannya dia juga sedang mendiskusikan pembukaan kedutaan Bitcoin kedua sebagai perluasan proyek pertukaran ekonomi dan perdagangan lainnya.

Dia juga menjalin hubungan dengan pemberi pengaruh kripto besar seperti Max Keiser, Stacy Herbert, Ray Youssef, dan Jack Mallers, yang berpotensi membantu menyuntikkan lebih banyak uang ke industri lokal dan membawa lebih banyak dinamisme ke perekonomian negara.

 


Ekonom Sarankan El Salvador Sumbangkan Bitcoin kepada Warga Miskin

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, seorang ekonom telah menyarankan presiden El Salvador, Nayib Bukele harus menggunakan investasi cryptocurrency untuk membantu orang miskin di negara itu.

Berbicara kepada surat kabar lokal, profesor Universitas UCA El Salvador Rafael Lemus mengatakan pembelian Bitcoin Presiden Nayib Bukele tidak menghasilkan manfaat bagi negara dan harus dimanfaatkan dengan lebih baik.

Bukele yang menjadi pemimpin El Salvador pada 2019 melakukan tender legal Bitcoin di negara kecil Amerika Tengah pada 2021. Dia juga telah membeli banyak cryptocurrency, menurut pengumuman Twitter.

“Sama seperti dia menghabiskan lebih dari USD 2 juta atau setara Rp 29,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.940 per dolar AS) dalam Bitcoin, mengapa tidak membatalkan investasi itu, memulihkan apa yang dia bisa, dan mengalokasikannya ke rumah tangga termiskin,” kata profesor itu, dikutip dari Decrypt, Sabtu (8/4/2023).

Dia menambahkan langkah tersebut akan mencegah rumah tangga termiskin di negara itu dari "bergerak ke dalam kemiskinan ekstrim" karena inflasi.

El Salvador adalah salah satu negara termiskin di Amerika. Itu sebelumnya menderita kekerasan geng endemik tetapi tingkat pembunuhan pernah menjadi salah satu yang tertinggi di dunia  telah turun drastis di bawah pengawasan Bukele.

Menurut data dari situs Nayib Tracker, presiden telah menghabiskan lebih dari USD 113 atau setara Rp 1,2 triliun juta untuk Bitcoin tetapi saat ini turun 34 persen dari investasi. Meskipun sang presiden sangat populer di El Salvador dan Amerika Latin secara keseluruhan, menurut jajak pendapat taruhan Bitcoin Bukele telah banyak dikritik.

Orang-orang seperti Bank Dunia dan IMF telah menolak gagasan tersebut dan sejauh ini, tidak banyak orang Salvador yang menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya