Hong Kong Keluarkan Aturan untuk Tokenisasi Aset

SFC menganggap sekuritas yang diberi token sebagai sekuritas tradisional dengan lapisan tokenisasi.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 17 Nov 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 10:40 WIB
Hong Kong Keluarkan Aturan untuk Tokenisasi Aset
llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) telah mengeluarkan dua surat edaran untuk mengatur tokenisasi aset digital. Ini dilakukan SFC seiring dengan meningkatnya tokenisasi aset digital dan sebagai perlindungan.

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (17/11/2023), surat edaran tersebut memberikan instruksi kepada perantara yang berpartisipasi dalam aktivitas sekuritas yang diberi token dan menguraikan kriteria untuk melakukan tokenisasi produk investasi yang disahkan oleh SFC.

SFC menganggap sekuritas yang diberi token sebagai sekuritas tradisional dengan lapisan tokenisasi. Oleh karena itu, persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku pada pasar sekuritas konvensional juga berlaku pada sekuritas yang diberi token.

Regulator menetapkan penawaran sekuritas yang diberi token harus mematuhi Rezim Prospektus Ordonansi Perusahaan dan Ordonansi Sekuritas dan Kontrak Berjangka mengenai penawaran investasi. 

Selain itu, perantara yang memberikan saran mengenai sekuritas yang diberi token, mengelola dana yang diberi token, dan memfasilitasi perdagangan pasar sekunder pada platform perdagangan aset virtual dan kripto harus mematuhi persyaratan perilaku yang ada untuk aktivitas terkait sekuritas.

Panduan baru-baru ini dari regulator bertepatan dengan eksplorasi tokenisasi di Hong Kong. Pada Februari, Otoritas Moneter Hong Kong menerbitkan obligasi ramah lingkungan (green bond) yang diberi token dan mengumpulkan dana sekitar USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.646 per dolar AS).

Surat edaran tersebut juga menyatakan platform perdagangan yang memiliki lisensi harus menetapkan pengaturan kompensasi yang disetujui SFC untuk melindungi dari potensi kehilangan token keamanan. 

Sebagai ilustrasi, operator platform perdagangan mata uang kripto dapat menunjukkan penerapan tindakan perlindungan seperti pembatasan transfer atau memasukkan daftar putih untuk memastikan keamanan sekuritas yang diberi token..

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HSBC Luncurkan Platform Tokenisasi untuk Pasar Emas

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild

Sebelumnya diberitakan, HSBC mengumumkan peluncuran platform yang memungkinkan tokenisasi emas batangan, dengan potensi jangkauan pasar sebesar USD 525 miliar. 

Mark Williamson selaku kepala global kemitraan dan proposisi FX dan komoditas HSBC, menyatakan token emas ini akan dapat diperdagangkan menggunakan platform HSBC, dengan bank yang menangani penyimpanan emas batangan di brankas nya di London.

Melansir Bitcoin, Sabtu (4/11/2023), HSBC, salah satu lembaga keuangan terbesar di dunia, telah mulai menggunakan teknologi tokenisasi untuk memodernisasi industri perdagangan logam mulia. 

Bank tersebut mengumumkan peluncuran platform tokenisasi emas untuk menyederhanakan perdagangan emas, untuk memungkinkan pedagang memiliki kontrol yang lebih baik atas emas batangan yang mereka miliki. Hal itu diungkapkan oleh Mark Williamson.

Emas batangan di platform akan diberi token, dan pemiliknya akan memiliki kesempatan untuk melacak emas batangan mereka melalui nomor seri dan brankas di mana emas tersebut berada, sehingga menemukan batangan ini lebih cepat dan tidak rumit.  Saat ini, pencatatan tersebut disimpan secara manual dan terkadang sudah ketinggalan jaman, mengingat sifat pasar emas yang dijual bebas.

Williamson juga menyatakan bahwa HSBC memproyeksikan untuk menggunakan sistem ini, yang menggunakan token yang mewakili 0,001 troy ons emas, juga untuk pasar logam mulia lainnya.

Meskipun Williamson menyatakan, sistem tokenisasi dapat memungkinkan pengguna ritel untuk investasi langsung dalam pecahan emas jika peraturan mengizinkannya, HSBC saat ini hanya berfokus pada pasar institusional, yang memiliki potensi jangkauan sekitar USD 525 miliar di wilayah London dan sekitarnya.

 


Perusahaan Lain yang Tawarkan Tokenisasi Emas

Ilustrasi kripto (Foto: worldspectrum/Pixabay)
Ilustrasi kripto (Foto: worldspectrum/Pixabay)

HSBC bukanlah institusi pertama yang memasuki pasar tokenisasi emas.  Pada 2016, Paxos bermitra dengan Euroclear untuk menawarkan layanan penyelesaian on-chain untuk emas yang diberi token yang dibubarkan setahun kemudian.  

Namun, Paxos masih memiliki penawaran emas yang diberi token dalam bentuk pax gold, token yang mewakili satu troy ons emas halus yang disimpan di brankas London Bullion Market Association (LBMA).

Tether, perusahaan stablecoin di balik penerbitan USDT, juga menawarkan token emas, XAUT.  Meskipun demikian, hal yang membuat pengumuman HSBC penting adalah besarnya pasar emas batangan yang melewati platformnya, karena HSBC merupakan salah satu pialang logam mulia terbesar di dunia dan juga hanya satu dari empat lembaga kliring emas di pasar London.

 


UBS Asset Management Luncurkan Dana Tokenisasi Pertama di Jaringan Ethereum

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Sebelumnya diberitakan, UBS Asset Management telah meluncurkan uji coba pertama dana Variable Capital Company (VCC) yang diberi token di Singapura, menandai tonggak penting dalam menghadirkan aset-aset dunia nyata secara on-chain.

Dana tersebut merupakan bagian dari Project Guardian, sebuah inisiatif industri kolaboratif yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) untuk mengeksplorasi tokenisasi berbagai aset dunia nyata.

“Ini merupakan tonggak penting dalam memahami tokenisasi dana, memanfaatkan keahlian UBS dalam tokenisasi obligasi dan produk terstruktur,” kata Kepala UBS Asset Management di Singapura dan Asia Tenggara, Thomas Kaegi dikutip dari Crypto Briefing, Rabu (4/10/2023).

Memanfaatkan layanan tokenisasi internal UBS, UBS Tokenize, perusahaan tersebut meluncurkan percontohan terkendali dana pasar uang yang diberi token pada blockchain Ethereum. Hal ini memungkinkan aktivitas seperti langganan dana dan penukaran dana dilakukan secara on-chain.

UBS telah menjadi yang terdepan dalam inovasi aset digital, dengan meluncurkan obligasi digital pertama di dunia yang diperdagangkan secara publik pada November 2022. 

Hal ini diikuti oleh obligasi dengan suku bunga tetap yang diberi token senilai USD 50 juta atau setara Rp 779,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.596 per dolar AS) yang diterbitkan pada Desember 2022 dan lebih dari USD 28 juta atau setara Rp 436,7 miliar surat utang terstruktur yang diberi token pada 2023.

Menyusul kesuksesan transaksi percontohan, UBS Asset Management akan berupaya mengeksekusi kasus penggunaan langsung lebih lanjut di bawah Project Guardian, bekerja sama dengan lebih banyak mitra untuk mengeksplorasi berbagai strategi investasi.

Tokenisasi dana adalah tren yang berkembang di kalangan dana tradisional dan manajer aset, dengan institusi besar seperti Franklin Templeton, KKR, dan Hamilton Lane meluncurkan dana tokenisasi.

 

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya