Euforia ETF Bitcoin Spot Menurun, Harga Bitcoin Tergelincir 10%

Sebagian besar mata uang kripto lainnya juga melemah, dengan SOL, Avalanche, dan Cardano yang menurun.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 13 Jan 2024, 09:37 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2024, 09:29 WIB
Euforia ETF Bitcoin Spot Menurun, Harga Bitcoin Tergelincir 10%
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin terus mundur dari level tertingginya dalam dua tahun karena para investor telah selesai mengamati perdagangan perdana ETF Bitcoin Spot.

Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu (13/1/2024), cryptocurrency terbesar itu turun sebanyak 10% ke level USD 41.469 atau setara Rp 644,3 juta (asumsi kurs Rp 15,5 juta per dolar AS). Pada Kamis, Bitcoin sempat mencapai USD 49.000 atau setara Rp 761,3 juta untuk pertama kalinya sejak Desember 2021 setelah hampir selusin ETF mulai diperdagangkan. 

Sebagian besar mata uang kripto lainnya melemah, dengan SOL, Avalanche, dan Cardano yang menurun. Penurunan Bitcoin sebagian didorong oleh penjualan saham Grayscale Bitcoin Trust, menurut pendiri SkyBridge Capital Anthony Scaramucci.

Manajer dana lindung nilai mengatakan meja perdagangannya mencatat pemegang saham menjual untuk membukukan kerugian dan beralih ke alternatif biaya yang lebih rendah.

Debut 10 spot ETF Bitcoin yang sangat dinanti-nantikan menghasilkan saham senilai sekitar USD 4,6 miliar atau setara Rp 71,5 triliun berpindah tangan pada Kamis. 

Hal ini dilakukan oleh Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang telah ada dalam struktur kepercayaan sejak 2013  mencatat volume USD 2,3 miliar atau setara Rp 35,7 triliun, omset hari pertama terbesar untuk ETF.

Saham perusahaan kripto juga mengalami kerugian lebih besar. Proksi Bitcoin, MicroStrategy, turun untuk hari keenam, sementara penambang Marathon Digital dan Riot Platforms keduanya turun lebih dari 10%. Coinbase Global, bursa kripto terbesar AS, turun 7,4%.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Kripto pada 13 Januari 2024

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Sangaji)

Sebelumnya diberitakan, Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Sabtu (13/1/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin turun 9,00 persen dalam 24 jam dan 4,29 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 42.103 atau setara Rp 654,1 juta (asumsi kurs Rp 15.538 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) kembali terkoreksi. ETH turun 4,05 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 38,6 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali ambles. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 4,28 persen dan 7,03 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,56 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA terkoreksi 6,45 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 1,48 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 8.415 per koin.

 

 

 


Harga Solana

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Adapun kripto Solana (SOL) masih terkoreksi. SOL ambles 9,87 persen dalam sehari dan 8,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 1,54 juta per koin. 

XRP terpantau masih berada di zona merah. XRP turun 5,99 persen dalam 24 jam dan 1,55 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.765 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 6,19 persen dan 4,09 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.227 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,67 triliun atau setara Rp 25.948 triliun. 


SEC Sebut Kripto Bukan Investasi Baik meski Setujui ETF Bitcoin

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mengumumkan pada Rabu, 10 Januari 2024 waktu AS telah mengizinkan perdagangan ETF Bitcoin Spot. Meskipun menyetujui ETF Bitcoin, SEC masih berpendapat kripto bukan investasi yang baik.

Ketua SEC Gary Gensler mengatakan meskipun dana yang menyimpan komoditas seperti logam mulia memiliki kegunaan konsumen dan industri, tetapi Bitcoin pada dasarnya adalah aset spekulatif dan mudah berubah. 

Selain itu, menurut Gensler Bitcoin juga digunakan untuk aktivitas terlarang termasuk, pencucian uang, penghindaran sanksi, dan pendanaan teroris.

“Meskipun kami menyetujui pencatatan dan perdagangan saham spot bitcoin ETP, kami tidak menyetujui atau mendukung Bitcoin. Investor harus tetap berhati-hati terhadap berbagai risiko yang terkait dengan bitcoin dan produk yang nilainya terkait dengan kripto,” kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (11/1/2024).

Mata uang kripto seperti Bitcoin telah banyak didukung oleh influencer keuangan di media sosial, namun beberapa investor tradisional, termasuk Warren Buffett, menentangnya. 

Bill Gates, pendiri Microsoft, juga telah memperingatkan orang-orang akan terjerumus ke dalam ini, yang mungkin tidak mempunyai banyak uang untuk disisihkan. 

ETF Bitcoin diharapkan dapat memperluas popularitas mata uang kripto karena investor tidak perlu membeli mata uang secara langsung melalui bursa mata uang kripto khusus. 

Sebaliknya, dana tersebut akan memungkinkan investor ritel mendapatkan keuntungan dari perubahan harga Bitcoin melalui platform investasi yang sudah banyak mereka gunakan.

Produk-produk baru ini berarti penyedia dana seperti BlackRock dan Fidelity akan secara efektif memberikan kredibilitas terhadap gagasan berinvestasi dalam mata uang kripto.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya