Regulator Hong Kong Tetapkan Persyaratan Minimum Asuransi Pertukaran Kripto Jadi 50 Persen

Menurut perusahaan aset digital OSL Exchange, minimal pertanggungan asuransi 50% berlaku untuk seluruh aset yang disimpan.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 04 Feb 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong telah menetapkan persyaratan asuransi minimum sebesar 50% untuk bursa kripto berlisensi yang menangani aset pelanggan.

Dilansir dari Cointelegraph, Sabtu (3/2/2024), menurut perusahaan aset digital OSL Exchange, minimal pertanggungan asuransi 50% berlaku untuk seluruh aset yang disimpan. 

OSL mengumumkan mereka telah menandatangani kemitraan dua tahun dengan Canopius, sindikat penjamin emisi Lloyds of London, untuk polis asuransi yang mencakup 95% aset penggunanya.

HashKey Exchange, platform perdagangan aset virtual berlisensi lainnya di Hong Kong, juga menandatangani perjanjian asuransi kripto dengan OneInfinity pada 16 November 2023. Menurut laporan berita lokal, cakupan tersebut menjamin perlindungan aset pengguna senilai hingga hingga USD 400 juta atau setara Rp 6,3 triliun (asumsi kurs Rp 15,827 per dolar AS).

Sejak Hong Kong membuka perdagangan kripto untuk investor ritel pada Agustus lalu, OSL dan HashKey tetap menjadi satu-satunya bursa yang memegang lisensi perdagangan aset virtual. 

Terdapat 13 entitas yang mengajukan izin tersebut pada saat publikasi. Sebagai bagian dari persyaratan perizinan, pemohon harus lulus pemeriksaan uji tuntas yang ketat, seperti audit keuangan tradisional yang cakupannya lebih luas daripada bukti cadangan.

Meskipun biaya permohonan lisensi hanya memakan biaya beberapa ratus dolar, masing-masing perusahaan Web3 menghabiskan sebanyak USD 25 juta atau setara Rp 395,6 miliar untuk membangun aplikasi mereka untuk lisensi tersebut. 

Sebagian besar pengeluaran berasal dari pengembangan produk dan pembangunan tim, seringkali dari nol untuk pelamar yang merupakan entitas keuangan tradisional yang belum pernah terpapar kripto sebelumnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya