Kena Scam MBAPPE, Orang Ini Boncos Rp 15,5 Miliar hanya Dalam 1 Jam

Dalam insiden yang terjadi pada tanggal 29 Agustus, komunitas kripto diguncang oleh penipuan yang melibatkan memecoin MBAPPE.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 01 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi tambang Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi tambang Kripto. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta Penipuan atau scam MBAPPE yang memanfaatkan ketenaran pesepakbola Kylian Mbappé, menyebabkan kerugian besar bagi investor. Dalam insiden yang terjadi pada tanggal 29 Agustus, komunitas kripto diguncang oleh penipuan yang melibatkan memecoin MBAPPE.

Para peretas menguasai akun X (sebelumnya Twitter) milik bintang sepak bola Prancis Kylian Mbappe untuk mempromosikan token tersebut secara keliru. Skema tersebut menipu investor, termasuk satu orang yang menginvestasikan 7.156 SOL atau sekitar USD 1,03 juta atau setara dengan Rp 15,5 miliar.

Kegembiraan dengan cepat berubah menjadi mimpi buruk karena nilai koin tersebut anjlok menjadi hanya USD 9.200 dalam waktu satu jam, yang menghapus hampir seluruh investasi. Lookonchain mengungkap penipuan tersebut dengan membagikan detail tentang X, yang mengungkap bagaimana skema penipuan itu terungkap.

“Orang ini kehilangan lebih dari USD 1 juta hanya dalam 1 jam!”mengutip cuitan @lookonchain dalam AMB Crypto, Minggu (1/9/2024).

Penipuan MBAPPE mengungkap bahaya mengeksploitasi nama selebriti untuk skema penipuan. Dibuat menggunakan platform Pump.fun yang mudah digunakan, nilai token itu sempat melonjak karena promosi palsu yang dikaitkan dengan bintang sepak bola Kylian Mbappé.

Nilainya Anjlok

Sementara banyak investor kehilangan jumlah yang signifikan karena nilai koin itu anjlok, beberapa pedagang yang cerdas berhasil memperoleh keuntungan besar. Seorang investor mengubah USD 29 menjadi USD 125.000 dalam hitungan menit, sementara yang lain menghasilkan USD 200.000 dengan menjualnya saat harga koin itu mencapai puncaknya.

Insiden ini menegaskan risiko berkelanjutan yang terkait dengan koin meme, mengungkap betapa mudahnya akun-akun terkenal dapat dikompromikan untuk menyesatkan investor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terjadi Beberapa Bulan Terakhir

Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Penipuan MBAPPE bukanlah kasus yang terisolasi; insiden serupa telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Misalnya, pada 26 Juni, akun X Metallica diretas untuk mempromosikan token Solana [SOL] berlabel METAL.

Bulan berikutnya, akun rapper Doja Cat dieksploitasi untuk mengiklankan skema mata uang kripto yang curang, yang mengakibatkan kerugian investor lebih dari USD 1,6 juta. Dengan demikian, menyoroti lonjakan penipuan mata uang kripto, laporan terbaru ImmuneFi tentang "Kerugian Kripto pada Juli 2024" juga mengungkapkan bahwa peretas telah mencuri lebih dari USD 1,2 miliar pada tahun 2024.

“Secara total, kami telah melihat kerugian sebesar USD 1.190.379.330 akibat peretasan dan pencurian pada tahun 2024 YTD di 149 insiden tertentu. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,3% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023 sebesar USD 1.023.463.722," ungkap ImmuneFi.

Faktanya, pada bulan Juli 2024 peretasan menjadi penyebab utama kerugian kripto, mengalahkan penipuan. Analisis menunjukkan bahwa meskipun penipuan hanya menyumbang 1,1% dari kerugian, peretasan bertanggung jawab atas 98,9% dari total kerugian selama bulan tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya