Rapat Perdana Peparnas 2024, Menpora: Venue Ada di Solo hingga Karanganyar

Guna mempersiapkan Peparnas 2024, Menpora RI melakukan rapat perdana dengan Wali Kota Solo terkait kesiapan venue.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 05 Jul 2024, 14:56 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 14:55 WIB
Rapat Perdana Peparnas 2024, Menpora: Venue Ada di Solo hingga Karanganyar
Rapat Perdana Peparnas 2024, Menpora: Venue Ada di Solo hingga Karanganyar. Foto: Humas Kemenpora.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas 2024 segera dihelat pada 6 hingga 13 Oktober 2024. Kali ini, Gelaran Peparnas ke-18 akan dilakukan di Solo, Jawa Tengah.

Guna mempersiapkan Peparnas 2024, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo melakukan rapat perdana dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota, Surakarta, Jumat 21 Juni 2024.

Rapat perdana persiapan Peparnas 2024 dipimpin secara langsung oleh Gibran yang merupakan wakil presiden (wapres) terpilih 2024.

Dalam rapat ini, Dito mengatakan Peparnas 2024 dipusatkan di Jawa Tengah setelah Sumatera Utara (Sumut) menyatakan mundur dari tuan rumah. Ditambah, rapat kerja nasional (Rakernas) National Paralympic Committee (NPC) juga meminta untuk Solo menjadi tuan rumah. Adapun venue Peparnas 2024 ada di Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar.

"Setelah hasil rapat terbatas dengan Bapak Presiden, di mana awalnya ada permohonan dari Sumatera Utara untuk mundur dari penyelenggaraan Peparnas, dan juga sesuai aspirasi rakernas NPC Indonesia yang memohon pemindahan dilakukan di Jawa Tengah," kata Dito dalam keterangan pers dikutip Jumat (5/7/2024).

Dito menambahkan, penyelenggaraan Peparnas 2024 tinggal lima bulan lagi.

"Hari ini kita melakukan rapat perdana mempersiapkan yang waktunya kurang dari lima bulan. Dari Pemkot Solo dan Wali Kota Solo yang memimpin bersama Kemenpora kita akan melakukan koordinasi dengan intens menyiapkan kesuksesan penyelenggaraan Peparnas," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesiapan Solo Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024

Dito menilai, Solo cenderung siap menjadi tuan rumah Peparnas 2024. Mengingat, kota ini sempat pula menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada 2022.

"Alhamdulillah Solo ini kita lihat sejak 2022 menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Persiapan venue, baik tempat pertandingan sampai akomodasi hotel ini sudah siap.”

“Dan ini bisa menyelamatkan Peparnas 2024, semoga ini bisa menjadi event nasional olahraga yang paling diminati yang ke depan bisa semakin maju," tambahnya.


Kejar Perbaikan Venue dalam Waktu yang Mepet

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang menunjuk Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan Peparnas 2024.

"Terima kasih Pak Menteri atas kepercayaannya Solo dipilih lagi untuk menjadi tuan rumah event olahraga yang cukup besar." 

"Dan karena waktu yang sangat mepet ini harus kita harus kejar mungkin perbaikan-perbaikan minor di beberapa venue," kata Gibran usai memimpin rapat.


Solo Siap Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024

Untuk mendukung penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas ini, Gibran mengatakan Pemkot segera melakukan perbaikan minor di venue Peparnas.

Dia pun memastikan bahwa Solo siap menjadi tuan rumah Peparnas 2024. Kesiapan itu tidak lepas dari kesuksesan Solo dua kali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games.

"Insya Allah, Solo siap, venue siap, fasilitas siap. Dan pengalaman kami dua kali menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tentunya ini menjadi lebih siap," tegas Gibran.

Dalam Peparnas 2024, ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di Solo. Sementara di Boyolali, Sukoharjo dan Karanganyar masing-masing ada empat cabang olahraga.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya