Wanita Muda Kemudikan Metro Chennai yang Baru Diluncurkan

Wanita muda ini terpilih mengemudikan kereta Metro Chennai yang baru pertama kali diluncurkan di India.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 30 Jun 2015, 13:30 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2015, 13:30 WIB
Wanita Muda Kemudikan Metro Chennai yang Baru Diluncurkan
Wanita muda ini terpilih mengemudikan kereta Metro Chennai yang baru pertama kali diluncurkan di India.

Liputan6.com, Chennai Seorang wanita muda tampak mengemudikan Metro Chennai, India yang diluncurkan untuk pertama kalinya. Metro diresmikan Ketua Menteri Tamil Nadu, J Jayalalithaa.

Sekitar pukul 12.15 waktu setempat, ketua menteri, yang terhubung melalui konferensi video dari kantornya menekan tombol aba-aba, Preethi (28) mengemudikan kereta dari stasiun Alandur. 

Ia mempraktikkan pelatihan selama setahun setengah yang telah didapatkannya sampai saat ini. 

"Saya merasa senang dan bangga," kata Preethi kepada NDTV, Selasa (30/6/2015). Ia memacu kecepatan hingga 80 kilometer dalam jangkauan aman. 

Ibu Preethi seperti terbang.

"Aku benar-benar tak percaya dia berhasil melakukannya. Saya tadinya mengira itu terlalu berbahaya karena dia harus membawa lebih dari 300 penumpang. Sekarang saya bangga. Dia terlatih," kata ibu Preethi A Shanthi. 

Berpose di depan metro Chennai pertama

Preethi, yang memiliki ijazah di bidang teknik, berhenti dari pekerjaan pertamanya dan berfokus pada Metro Chennai. 

"Dia adalah wanita pertama yang terpilih," kata ayahnya. Dari Stasiun Metro Alandur, Preethi melaju kereta ke Koyambedu. 

Kereta memiliki kapasitas 1.276 penumpang. Tahap pertama diluncurkan hari ini, dua koridor lain akan menempuh 45 kilometer. 

Koridor kedua kemungkinan akan siap pada akhir tahun ini. Menteri Pembangunan Perkotaan Venkaiah Naidu telah mengatakan sebelumnya, pemerintah pusat telah menyetujui 9 kilometer perpanjangan tahap pertama untuk memasukkan jalur kawasan Thiruvottiyur dari Washermenpet. 

Metro Chennai pertama di India

Pada awalnya, peresmian direncanakan pada Oktober tahun lalu tapi tertunda. 

"Saya ingin naik metro yang pertama kali. Saya berharap metro membuat perjalanan lebih mudah dan menyenangkan," kata Ramesh K, seorang eksekutif muda. (fhh/heidy retnowulan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya