Jembatan Kaca Gantung Tertinggi di Dunia Segera Dibuka

Jembatan tersebut menghubungkan dua tebing di pegunungan Avatar.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 19 Agu 2016, 13:56 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2016, 13:56 WIB
Inilah Jembatan Gantung Berlantai Kaca Terpanjang di Dunia
Dengan panjang 430 meter dan lebar enam meter, jembatan gantung berlantai kaca membentang di atas Lembah Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China.

Liputan6.com, Hunan - Akhir pekan ini, jembatan kaca yang disebut-sebut sebagai yang "tertinggi dan terpanjang di dunia" akan dibuka untuk pengunjung di China tengah.

Jembatan tersebut menghubungkan dua tebing di kawasan yang dikenal sebagai pegunungan Avatar --merujuk pada nama film yang pernah "shooting" di sana-- di Provinsi Zhangjiajie, Hunan.

"Selesai pada Desember, jembatan sepanjang 430 meter yang menelan biaya US$ 3,4 juta itu dibangun 300 meter di atas tanah," demikian dilaporkan kantor berita negara Xinhua seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/8/2016).

Jembatan itu memiliki 99 panel kaca transparan tiga lapis. Dan menurut pejabat, jembatan selebar 6 meter yang dirancang oleh arsitek Israel, Haim Dotan, itu memecahkan rekor dunia dalam bidang arsitektur dan konstruksi.

Jembatan Populer

Jembatan kaca gantung di China menjadi populer karena banyak menjadi lokasi foto ekstrem. Sarana itu bahkan pernah menjadi arena yoga massal serta tempat pernikahan.

Salah satu pasangan merayakan hari spesial mereka dengan menggantung di udara dari jembatan di Pingjiang, yang juga terletak di provinsi Hunan.

Meski populer, keamanan jembatan kaca ini kerap menjadi pertanyaan di benak banyak orang. Namun hal tersebut tak mengurangi antusiame warga untuk bersiap menyambut pembukaan jembatan itu. 

Para pejabat bahkan menunjukkan aktivitas ekstrem di atas jembatan kaca China itu, untuk meyakinkan masyarakat keselamatan jembatan.

Pihak berwenang memukulkan palu godam dan bahkan mengendarai mobil penuh dengan penumpang, melintasi jembatan awal tahun ini. 

Para pejabat taman mengatakan maksimal 8.000 pengunjung akan diizinkan menikmati suasana di jembatan setiap hari. Jadi mereka yang ingin merasakan sensasi baru melintasi jembatan, dianjurkan untuk memesan tiket masuknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya