Jangan Dilakukan, 5 Etika Makan Ini Dianggap Buruk di Sejumlah Negara

Nyatanya, beberapa etiket di meja di tiap negara sangat aneh atau ganjil. Ada beberapa hal yang boleh dilakukan dan tak dilakukan.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 14 Okt 2020, 18:35 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2020, 18:35 WIB
Daftar Makanan
Ilustrasi Makanan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Etiket di meja makan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan sopan santun Anda. Cara duduk, makan dan minum bisa mencerminkan banyak hal tentang Anda.

Anda harus berpengalaman dengan tata krama di negara Anda dan mengikutinya dengan cermat. Namun, apa yang dianggap benar dilakukan di negara Anda, mungkin tabu di beberapa negara lain.

Nyatanya, beberapa etiket di meja di tiap negara sangat aneh atau ganjil. Ada beberapa hal yang boleh dilakukan dan tak dilakukan di meja makan.

Bahkan, ada yang disangkutpautkan dengan hal buruk dan baik. Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Rabu (14/10/2020) berikut etika di meja makan sejumlah negara:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jangan habiskan semua makanan di meja

Makanan Olahan dengan Kandungan Garam yang Tinggi
Ilustrasi Pizza Credit: pexels.com/pixabay

Anda pasti dimarahi jika meninggalkan sesuatu yang belum selesai di piring atas piring. Orang tua Anda mungkin telah memberi tahu Anda bahwa ada begitu banyak yang bahkan tidak cukup beruntung untuk menikmati satu kali makan dan Anda membuang-buang makanan.

Namun, etiket makanan enak yang telah lama diajarkan pada Anda ini tidak akan dihargai di Tiongkok.

Di China, orang percaya bahwa membersihkan piring menunjukkan Anda masih lapar dan tuan rumah tidak menawarkan cukup makanan.

Itu adalah penghinaan besar bagi mereka. Namun, jika Anda berada di India atau Jepang dan meninggalkan sedikit makanan di piring, maka itu dapat dianggap tidak menghormati.

 


2. Jangan tancapkan sumpit ke nasi

Wanita Korea Selatan makan menggunakan sumpit metal (Pixabay)
Wanita Korea Selatan makan menggunakan sumpit metal (Pixabay)

Saat Anda berada di Jepang dan menikmati makanan, pastikan untuk menyatukan sumpit Anda, sejajar dengan tepi meja tepat di depan Anda.

Selain itu, aturan lain yang harus Anda ikuti adalah jangan menempelkan sumpit secara tegak ke dalam mangkuk nasi.

Hal ini identik dengan hal buruk. Jika Anda melakukannya, maka diyakini akan ada kejadian buruk menimpa Anda.

 


3. Jangan dentingkan gelas Anda

Ilustrasi Soda
Cara tepat untuk berhenti minum soda. (Foto: Unsplash)

Saat Anda mengucapkan "Slainte" atau "Cheers", kemungkinan besar Anda juga akan mendentingkan gelas Anda dengan gelas teman Anda dan kemudian mulai menikmati minuman Anda.

Namun, jika Anda berada di Hongaria, Anda bahkan tidak boleh mencoba melakukan hal seperti itu. Ini tidak hanya dianggap kasar tetapi Anda bahkan bisa dimarahi oleh orang yang lebih tua yang melihat Anda melakukan itu.

Alasan di balik kebiasaan aneh ini terkait dengan tindakan bermuatan politik. Ketika pada tahun 1848 pemerintah Austria menumpas pemberontakan Hongaria, ada perayaan publik oleh para pemimpin Austria di mana mereka mendentingkan gelas dan tindakan ini mengingatkan orang-orang Hongaria akan kejadian itu.

 


4. Jangan menolak minuman

Ilustrasi bir
Ilustrasi bir. Sumber foto: unsplash.com/Paloma A..

Jika Anda berada di Rusia dan seseorang menawari Anda minuman. Itu menandakan persahabatan dan kepercayaan, dan jika Anda menyangkalnya maka itu adalah kecerobohan.

Orang lokal kemungkinan akan tersinggung jika Anda menolak tawaran minuman mereka dan mereka kemudian akan melemparkan gelas itu.

Selain itu, vodka harus diminum dengan rapi, tanpa es, karena menambahkan es dianggap membahayakan kemurnian minuman. Jika beberapa bir dicampur dengan vodka maka itu tidak masalah, karena itu akan menciptakan campuran kuat yang disebut "yorsh" oleh orang Rusia.

 


5. Jangan membalikkan ikan

makanan saat haid
ilustrasi ikan/Photo by Bryony Caldwell on Unsplash

Anda kemungkinan besar membalikkan ikan utuh setelah Anda selesai makan satu sisi dan ini normal bagi. Namun, saat berada di China, khususnya China bagian selatan dan Hong Kong, sebaiknya jangan lakukan ini.

Membalik ikan di China adalah "dao yue" atau nasib buruk. Ketika Anda membalik ikan, Anda seperti mengatakan biarkan perahu nelayan itu terbalik.

Mereka yang sangat percaya takhayul bahkan tidak akan memakan bagian bawah. Maka banyak dari mereka yang akan menarik tulang untuk mencapai bagian bawah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya