Bisakah Anjing Peliharaan Anda Makan Cokelat?

Anjing memiliki indera penciuman yang begitu tajam. Kerap kali anjing menolak diberikan cokelat lantaran makanan tersebut dapat menyebabkan permasalahan pada hewan tersebut.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 01 Mei 2020, 21:00 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2020, 21:00 WIB
Ilustrasi anjing
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Dapatkah seekor anjing memakan cokelat?

Mungkin ini adalah pertanyaan sepele. Namun, anjing termasuk salah satu hewan yang bisa makan apa saja yang diberikan oleh pemiliknya.

Namun, apakah cokelat juga demikian?

Anjing memiliki indera penciuman yang begitu tajam. Kerap kali anjing menolak diberikan cokelat lantaran makanan tersebut dapat menyebabkan permasalahan pada hewan tersebut.

Bahan kimia dalam cokelat dapat dimetabolisme dengan mudah oleh manusia, tetapi anjing tidak bisa, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (1/5/2020).

"Mereka tidak bisa memecahkan zat kimia dalam cokelat secepat manusia dan karenanya, ketika mereka mengkonsumsinya, itu dapat menyebabkan penyakit," ujar Mike Topper, presiden American Veterinary Medical Association.

Efek toksik dari metabolisme yang lambat ini dapat dapat menyebabkan sakit perut ringan sampai kejang, gagal jantung, dan bahkan kematian.

Jika anjing Anda makan cokelat, ia mungkin haus, diare, dan menjadi hiperaktif dan goyah.

Jika keadaan menjadi sangat buruk, hiperaktif itu dapat berubah menjadi kejang, dan mereka dapat mengembangkan aritmia dan mengalami serangan jantung.

Meskipun kucing lebih sensitif terhadap theobromine, mereka cenderung makan cokelat sejak awal.

Mereka jauh lebih pemilih makanan, dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa mereka tidak bisa merasakan rasa manis.

Anjing, di sisi lain, jauh lebih mungkin duduk di kaki Anda dengan mata besar dan raut sedih untuk meminta rasa apa pun yang Anda makan, termasuk cokelat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:


Tanggapan Dokter Hewan

Ilustrasi anjing
Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Jika anjing Anda memegang permen bar favorit Anda, yang terbaik adalah membawanya ke dokter hewan dalam waktu dua jam.

Theobromine dimetabolisme secara perlahan, "oleh karena itu, jika kita bisa mengeluarkannya dari lambung, akan ada lebih sedikit metabolisme di sana," kata Topper.

Dokter hewan menyebut bahwa hal ini mungkin dapat menyebabkan muntah dan memberikan arang aktif anjing Anda untuk memblokir penyerapan theobromine.

Cairan intravena juga dapat membantu mengeluarkannya dari sistem anjing Anda sebelum menyebabkan kematian.

Keracunan bervariasi berdasarkan pada jenis cokelat apa itu (coklat susu memiliki dosis theobromine yang lebih rendah daripada cokelat hitam).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya