Jepang Ingin Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Prioritas Vaksin COVID-19

Muncul wacana agar atlet Olimpiade Tokyo di Jepang dapat prioritas vaksin COVID-19.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 08 Apr 2021, 13:03 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2021, 13:03 WIB
Olimpiade Tokyo 2021: Atlet timnas sepak bola wanita Jepang Azusa Iwashimizu dan siswa SMA Asato Owada menunjukan obor Olimpiade.
Olimpiade Tokyo 2021: Atlet timnas sepak bola wanita Jepang Azusa Iwashimizu dan siswa SMA Asato Owada menunjukan obor Olimpiade. Dok: AP Photo/Philip Fong

Liputan6.com, Tokyo - Muncul wacana di Jepang agar atlet Olimpiade Tokyo akan mendapat prioritas vaksin COVID-19. Saat ini, Jepang masih fokus memvaksin lansia dan warga dengan penyakit penyerta, seperti diabetes.

Dilaporkan Kyodo, Kamis (8/4/2021), para atlet kemungkinan mendapat vaksin COVID-19 pada akhir Juni, sehingga mereka punya waktu untuk pulih dari efek samping sebelum upacara pembukaan pada 23 Juli 2021.

Bila rencana ini berjalan, maka atlet Jepang bakal menerima suntikan vaksin sebelum vaksinasi lansia selesai. Sekadar catatan, lansia usia 65 tahun ke atas mendapat prioritas pada 12 April 2021.

Vaksinasi atlet ini juga termasuk atlet Paralimpiade.

Beberapa negara di Eropa dan Timur Tengah sudah mulai melakukan vaksinasi kepada atlet. Amerika Serikat juga akan melakukannya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:


Vaksin Tak Jadi Syarat

Tokyo Konfirmasi Lebih dari 400 Kasus Baru COVID-19
Seorang pria yang mengenakan masker pelindung untuk mencegah penyebaran virus corona berjalan di depan iklan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Rabu (17/3/2021). Ibukota Jepang mengonfirmasi lebih dari 400 kasus virus korona baru pada hari Rabu. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Jepang dan Komite Olimpiade Internasional berkata bahwa vaksinasi virus corona tidak akan menjadi kewajiban untuk berpartisipasi di Olimpiade Tokyo.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga telah bersumpah akan menggelar Olimpiade dan Paralimpiade yang aman.

Ia berkata akan ada tindakan menyeluruh untuk mencegah penyebaran COVID-19. Para atlet dan staf akan dites COViD-19 berkali-kali.

Saat ini, obor Olimpiade sedang diarak dari Fukushima menuju Tokyo.


Infografis Vaksin COVID-19:

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya