Senat AS Setujui Bantuan 13,6 Miliar Dolar untuk Ukraina

Setelah menyetujui, Senat AS mengirimkan tagihan tersebut ke Gedung Putih untuk ditandatangani oleh Presiden Joe Biden.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 11 Mar 2022, 13:36 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2022, 13:36 WIB
FOTO: 2 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina
Orang-orang membawa barang-barang mereka saat berjalan untuk mengejar kereta api ke Budapest di stasiun di Zahony, Hungaria, 8 Maret 2022. PBB mengatakan, serangan gencar Rusia telah memaksa lebih dari 2 juta orang meninggalkan Ukraina. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Liputan6.com, Kiev - Senat Amerika Serikat menyetujui paket untuk memberikan bantuan sebesar US$ 13,6 miliar untuk Ukraina yang tengah digempur Rusia.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (11/3/2022), setelah menyetujui, Senat AS mengirimkan tagihan tersebut ke Gedung Putih untuk ditandatangani oleh Presiden Joe Biden.

Ketentuan tersebut merupakan bagian dari tagihan pengeluaran pemerintah yang lebih besar, dan disetujui setelah Demokrat membatalkan dana untuk bantuan COVID-19 karena perlawanan dari oposisi Partai Republik.

"Kami memberikan miliaran kepada Ukraina untuk makanan, obat-obatan, tempat tinggal, dan dukungan untuk lebih dari dua juta pengungsi yang harus meninggalkan Ukraina," ujar Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat, Chuck Schumer menjelang pemungutan suara.

"Bukan hanya makanan, ada pendanaan untuk transfer senjata seperti Javelins dan Stingers (rudal)," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


IMF Ramal Rusia Masuk Resesi Imbas Perang dengan Ukraina

Serangan Udara Rusia Hancurkan Rumah Sakit Bersalin di Ukraina
Prajurit Ukraina bekerja di dalam rumah sakit bersalin yang rusak akibat serangan udara di Mariupol, Ukraina (9/2/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, kata pejabat Ukraina. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva meyakini jika Rusia akan masuk ke dalam resesi.

Namun belum diketahui pasti apakah negara-negara tetangga di Eropa dan Asia akan mengalami nasib yang sama seperti Rusia.

Kekhawatiran IMF muncul seiring pengetatan kondisi ekonomi sebagai akibat dari peristiwa dua pekan terakhir dapat menghambat negara-negara yang sudah lambat pulih dari pandemi Covid-19, katanya.

"Itu mungkin berarti beberapa pemicu ketakutan resesi," ujar kata Georgieva, dikutip dari CNBC International, Jumat (11/3/2022).

IMF juga kemungkinan akan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global, karena terjadinya invasi Rusia di Ukraina.

"Kami berpikir akan menurunkan proyeksi pertumbuhan sebagai akibat dari krisis (Rusia Ukraina), tetapi kami masih berharap dunia berada di wilayah pertumbuhan yang positif," jelas dia.

Dikatakan banyak ketidakpastian dampak perang Rusia Ukraina. "Jelas, dari berapa lama perang ini berlangsung adalah faktor ketidakpastian utama yang kita hadapi," ujarnya.


Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya