Rusia Klaim KTT NATO Tegaskan Keinginan Perpanjang Konflik

Rusia menuduh anggota NATO telah menunjukkan kesetiaan mereka kepada Washington dengan bersumpah untuk mengikuti perintahnya.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 25 Mar 2022, 13:33 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2022, 13:33 WIB
Ilustrasi bendera NATO
Ilustrasi bendera NATO (Wikipedia/Public Domain)

Liputan6.com, Jakarta - KTT Luar Biasa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang diadakan Kamis (25/3) telah mengkonfirmasi keinginan aliansi itu untuk menahan Rusia dan memperpanjang konflik militer di Ukraina, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Keputusan yang diumumkan pada pertemuan puncak untuk terus memberikan dukungan politik dan praktis kepada rezim Kiev menegaskan minat aliansi untuk melanjutkan permusuhan," kata juru bicara kementerian Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan.

Anggota NATO telah menunjukkan kesetiaan mereka kepada Washington dengan bersumpah untuk mengikuti perintahnya yang pada akhirnya ditujukan untuk menahan Rusia, kata Zakharova, demikian dikutip dari laman Xinhua, Jumat (25/3/2022).

Zakharova seraya menambahkan bahwa Washington sekali lagi ingin "mendisiplinkan" sekutunya dengan menekan negara-negara berdaulat dan selanjutnya menghapus otonomi strategis Eropa.

“Mereka diam-diam menyaksikan Amerika Serikat menghancurkan Perjanjian Rudal Anti-Balistik, berdiri di samping ketika Washington menarik diri dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah, mengizinkan Amerika untuk menarik diri dari Perjanjian di Langit Terbuka,” kata Zakharova.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


NATO Dituduh Hancurkan Sistem Keamanan Rusia

FOTO: Tanda Perdamaian Raksasa dari Belgia untuk Perang di Ukraina
Bendera Ukraina berkibar ditiup angin saat tanda perdamaian raksasa dipasang para demonstran jelang KTT Uni Eropa dan NATO di Brussels, Belgia, 22 Maret 2022. Pengunjuk rasa meminta para pemimpin Uni Eropa memberlakukan larangan penuh terhadap bahan bakar Rusia. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Zakharova turut menekankan bahwa anggota NATO telah perlahan-lahan menghancurkan sistem keamanan Eropa.

NATO menggunakan "kursus anti-Rusia" sebagai dalih untuk meningkatkan pembelian senjata, yang dipasok oleh kompleks industri militer AS, katanya.

Untuk menutupi "praktik kotor" Washington mengenai penelitian rahasia tentang senjata biologi dan kimia, NATO telah meluncurkan kampanye disinformasi tanpa dasar yang menuduh Rusia melakukan kemungkinan provokasi.


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya