Pesawat Jatuh di Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi, Pilot Dilarikan ke Rumah Sakit

Sebuah pesawat jatuh di luar Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi. Tak ada korban jiwa dalam insiden yang melukai pilot pesawat amatir tersebut.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 01 Sep 2022, 19:26 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 18:53 WIB
Masjid Agung Sheikh Zayed
Suasana di halaman Masjid Agung Sheikh Zayed di ibukota UEA Abu Dhabi (15/3). Masjid ini dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesawat jatuh di luar Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi. Tak ada korban jiwa dalam insiden yang melukai pilot pesawat amatir tersebut.

Pesawat ringan bermesin tunggal itu jatuh ke tempat parkir masjid sekitar pukul 17.00 waktu setempat pada Rabu 31 Agustus.

Sejumlah besar layanan darurat dikirim ke tempat kejadian kecelakaan pesawat. Para pejabat mengatakan tidak ada orang lain yang terluka.

Otoritas Penerbangan Sipil Umum mengatakan, "penyelidikan awal menunjukkan kecelakaan itu disebabkan kerusakan teknis saat pesawat buatan amatir sedang dalam perjalanan untuk mendarat di Bandara Eksekutif Al Bateen," kantor berita negara Wam melaporkan. Pesawat tersebut "jatuh di daerah yang tidak berpenghuni".

Bandara Al Bateen berada di selatan pulau Abu Dhabi, dengan awal landasan pacu kurang dari setengah kilometer dari Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi. "Pilot terluka dan dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan dan pemantauan," seperti dilansir thenationalnews.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi Pesawat

Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi
Gambar yang diambil menggunakan lensa fisheye menperlihatkan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dengan luas area sekitar 22, 412 meter persegi, masjid ini mampu menampung lebih dari 40,000 jemaah. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Otoritas Penerbangan Sipil Umum akan terus menyelidiki kecelakaan pesawat itu. Polisi Abu Dhabi awalnya mengatakan pesawat itu adalah glider, namun hasil penyelidikan mengungkap pesawat tersebut dibuat secara amatir.

Di lokasi kecelakaan, bagian depan pesawat tampak runtuh, dengan ekor yang mencuat ke udara. Pesawat mendarat agak jauh dari pintu masuk utama Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi.

Dikenal sebagai 'pesawat kit', pesawat semacam itu populer di kalangan penerbang solo dan penghobi. Mereka biasanya dirancang untuk perjalanan kesenangan singkat dan dapat mengatur lepas landas dan mendarat pendek karena bobotnya yang ringan.


Infografis Menguak Tabir Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat MH370

Infografis Menguak Tabir Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat MH370
Infografis Menguak Tabir Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat MH370 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya