Jejak Kehebatan Kapal Asal Kanada HMCS Winnipeg yang Berkunjung Ke Jakarta

Mengenal Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Rabu (31/8/2022), dengan kunjungan kapal upaya untuk mempererat hubungan bilateral antara kedua negara, Kanada dan Indonesia.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 03 Sep 2022, 09:52 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2022, 18:35 WIB
Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta
Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta. Dok: Liputan6.com/Resha Febriyana Putri

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Armada tersebut tiba pada Rabu (31/8/2022). 

Kunjungan kapal tersebut merupakan salah satu upaya untuk terus mempertahankan hubungan bilateral antara kedua negara, Kanada dan Indonesia. 

HMCS Winnipeg, merupakan salah satu kapal fregat Angkatan Laut Kanada, tiba di Jakarta untuk kunjungan dari tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2022 seiring dengan perjalannya di Indo-Pasifik dalam Operation PROJECTION.

HMCS Winnipeg meninggalkan pelabuhan asalnya di Esquimalt, B.C. pada 14 Juni untuk penempatan selama enam bulan ke Indo-Pasifik. Dalam kurun waktu tersebut armada itu berpartisipasi dalam Latihan Rim of the Pasific (RIMPAC) 2022, dari 20 Juni hingga 4 Agustus di dan sekitar Kepulauan Hawaii.

Kemudian setelah kegiatan RIMPAC, Winnipeg juga akan mendukung Operation PROJECTION di wilayah Indo-Asia Pasifik untuk meningkatkan hubungan Kanada dengan para mitra di wilayah tersebut, serta berkontribusi pada keamanan dan stabilitas maritim di perairan internasional.

Winnipeg diperkirakan akan kembali ke Esquimalt pada bulan Desember.

HMCS Winnipeg memulai tugas sejak 23 Juni 1995, Her Majesty's Canadian Ship Winnipeg dengan bangga telah melayani Angkatan Laut Diraja Kanada (RCN) selama dua dekade.

Misi RCN yang dijalankan HMCS ini untuk memperoleh dan mempertahankan pertempuran efektif, dengan tujuan umum yakni kekuatan maritim yang dikerahkan dalam seluruh operasi.

HMCS Winnipeg (FFH 338) adalah kapal fregat kelas Halifax yang telah bertugas di Angkatan Bersenjata Kanada sejak 1995.

Winnipeg adalah kapal kesembilan di kelasnya dan kapal kedua yang membawa sebutan HMCS Winnipeg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembuatan HMCS Winnipeg

Bendera Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg
Bendera Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg. Dok: Liputan6.com/Resha Febriyana Putri

HMCS Winnipeg dibuat pada tanggal 20 Juni 1993 oleh Saint John Shipbuilding Company di gudang kapal mereka di Saint John, New Brunswick dan diluncurkan pada tanggal 5 Desember 1993.

Kapal ini secara resmi ditugaskan ke dalam Angkatan Bersenjata Kanada pada tanggal 23 Juni 1995 dan membawa simbol klasifikasi pada lambung kapal FFH 338.

HMCS Winnipeg diasosiasikan ke Maritime Forces Pacific (MARPAC) dan bertugas dalam misi MARPAC yang melindungi kedaulatan Kanada di Samudra Pasifik, serta menegakkan hukum Kanada di laut teritorial dan Zona Ekonomi Eksklusifnya.

HMCS Winnipeg telah dikerahkan ke Teluk Persia, Laut Adriatik, Tanduk Afrika, Karibia, serta beberapa latihan dan penyebaran di Samudra Pasifik, Sehingga membawa kapal ini ke negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

 


Kapal Fregat Patroli Kanada

Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta.
Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta. Dok: Liputan6.com/Resha Febriyana Putri

Sebanyak 12 kapal fregat patroli multi-peran kelas Halifax buatan Kanada dianggap sebagai tulang punggung Angkatan Laut Kanada (RCN).

Kapal-kapal ini awalnya dirancang untuk perang anti-kapal selam dan perang anti-permukaan, terutama di lingkungan samudra terbuka.

Setelah peran kelas Halifax berubah, ancaman maritim saat ini berkembang lebih cepat, tertutup, gesit, dan bergeser dari samudra terbuka ke lingkungan litoral (dekat pantai).

Lingkungan pesisir menimbulkan tantangan bagi sensor dan sistem persenjataan karena kepadatan lalu lintas yang lebih tinggi dan kedekatan dengan ancaman berbasis pantai. Selain itu, kapal-kapal sekarang menghadapi ancaman asimetris, seperti serangan dari kapal yang lebih kecil dan lebih lincah dari apa yang tak dibayangkan pada saat pembuatan desain kapal.

 


Kapal Fregat Kelas Halifax

Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta.
Kapal Kanada Her Majesty's Canadian Ship (HMCS) Winnipeg di Jakarta. Dok: Liputan6.com/Resha Febriyana Putri

Inovasi dalam prosedur dan taktik telah memungkinkan kapal fregat beroperasi secara efektif di lingkungan ancaman baru, meskipun ada keterbatasan peralatan. Namun, peningkatan sensor dan persenjataan diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kapal dalam menghadapi ancaman baru ini di masa depan.

Pelabuhan asal kapal kelas Halifax berada di Esquimalt, British Columbia dan di Halifax, Nova Scotia.

Berikut adalah kapal fregat kelas Halifax:

  • HMCS Halifax (330)
  • HMCS Vancouver (331)
  • HMCS Ville de Québec (332)
  • HMCS Toronto (333)
  • HMCS Regina (334)
  • HMCS Calgary (335)
  • HMCS Montreal (336)
  • HMCS Fredericton (337)
  • HMCS Winnipeg (338)
  • HMCS Charlottetown (339)
  • HMCS St John's (340)
  • HMCS Ottawa (341)
Infografis Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala 402. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala 402. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya