Jak-Japan Matsuri 2022, Festival Persahabatan Indonesia-Jepang Kembali Diadakan

Setelah vakum dua tahun, akhirnya festival persahabatan Indonesia-Jepang, Jak-Japan Matsuri yang ke-12 diadakan di Jakarta selama tiga hari, pada 14-16 Oktober 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Okt 2022, 13:19 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 20:30 WIB
Opening Ceremony Jak-Japan Matsuri 2022
Pemukulan gong oleh Dubes Jepang Kanasugi Kenji dan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebagai simbol pembukaan acara Jak-Japan Matsuri 2022 yang diadakan di Mall fX Sudirman, Sabtu (15/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Festival persahabatan Indonesia-Jepang kembali digelar di Jakarta setelah dua tahun rehat karena pandemi COVID-19.

Untuk pertama kalinya, festival Jak-Japan Matsuri (JJM) diadakan secara hybrid -- daring dan luring -- pada 14-16 Oktober 2022 di Mall fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Dalam JJM yang ke-12 ini, terdapat bazar makanan dan cendera mata khas Jepang yang dibuka onsite sejak Jumat lalu di lantai 1 dan 3 FX Sudirman.

Sementara itu, pembukaan acara diadakan pada Sabtu siang, di panggung utama Atrium Stage lantai 3 mal tersebut yang dihadiri oleh Ketua Panitia JJM 2022 Kobayashi Kazunori, Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Direktur Bidang Pemasaran untuk Wilayah Asia-Pasifik Wisnu Sindo Tresno yang mewakili Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Festival dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Dubes Jepang dan Wagub DKI Jakarta yang dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional Betawi.

Festival tersebut tahun ini memiliki tema tahunan "Indonesia-Japan Always Together".

Kali ini memiliki sub tema "Berkawan itu Menyenangkan". Oleh karenanya, selain bazar, acara ini juga dimeriahkan dengan acara yang merepresentasikan persahabatan Indonesia-Jepang, seperti penampilan kesenian Jepang dan Betawi, talk show Student's Live in Japan, Batik Show, penampilan cosplay karakter anime, penampilan cerita rakyat Nusantara dalam bahasa Jepang, dan masih banyak lainnya.

Rangkaian acara tersebut juga ditayangkan di Youtube melalui akun Jakarta Japan Matsuri secara live stream pada Sabtu pukul 14.00 s.d. 21.00 WIB dengan harapan dapat menjangkau lebih banyak peserta yang bisa mengikuti festival ini meskipun daring.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertunjukan Istimewa di Theatre JKT48

All Artist di Theatre JKT48 Jak-Japan Matsuri 2022
Foto bersama penampil onsite di Theatre JKT48 dalam acara Jak-Japan Matsuri 2022. (Safinatun Nikmah/Liputan6.com)

Keseruan Jak-Japan Matsuri masih berlanjut. Sabtu malam 15 Oktober 2022, di Theatre JKT48 FX Sudirman, JJM 2022 secara khusus menampilkan beberapa tamu istimewa, dan tentunya ada JKT 48 dan Lisa Oribe. 

Acara khusus ini dibawakan oleh Genki, Pelawak asal Jepang yang kini tinggal di Indonesia dan Ayana Shahab, mantan personel JKT48 generasi pertama. Selaras dengan tema, dua host ini mengenakan yukata atau kimono selapis yang digunakan oleh masyarakat Jepang di musim panas.

Sebelum penampilan JKT48, acara dibuka dengan penampilan Shinkuro Wotagei, tarian khas menggunakan light stick yang koreografinya terinspirasi oleh gerakan-gerakan saat menonton konser.

Setelah itu, barulah penampilan dari artis-artis Jepang dan Indonesia ditunjukkan. Secara langsung, ada JKT48, Hiroaki Kato, dan Hanin Dhiya. Sedangkan secara virtual, ada Lisa Oribe dan band Sukima Switch.

Tak ketinggalan, sebagai pelengkap pertunjukan virtual, ada pertunjukan e-sport Hiroaki Kato melawan pemain sepak bola Indonesia yang kini berlaga di Jepang, Arhan Pratama.

 

 

 


Pertunjukan Onsite

Pertunjukan Onsite di Theatre JKT48 Jak-Japan Matsuri 2022
Penampilan JKT48 di acara Jak-Japan Matsuri 2022. (Safinatun Nikmah/Liputan6.com)

Acara spesial yang diadakan tepat saat malam Minggu itu menampilkan musisi di Tanah Air. Ada JKT48, Hiroaki Kato, dan Hanin Dhiya.

JKT48

Penampilan pertama ada JKT48 yang membawakan lagu Karena Kusuka, Flying High, Dialog dengan Kenari dan Rhapsody. Dalam kesempatan ini, JKT48 beranggotakan 12 orang: Adel, Oniel, Chika, Jinan, Christy, Shani, Elli, Feni, Ashel, Jesy, Muthe, dan Gita.

Shani dan rekan tim JKT48 menyebutkan harapannya agar hubungan Jepang-Indonesia semakin baik dan lebih banyak lagi orang Indonesia yang mempelajari bahasa dan budaya Jepang.

Hiroaki Kato

Musisi Jepang ini, kini tinggal di Indonesia. Bahkan ia baru saja membintangi film Indonesia terbaru Ivanna, sebagai tentara Jepang. Karirnya memang cukup melejit di Indonesia.

Dalam acara persahabatan Indonesi-Jepang ini, Kato datang langsung ke JJM 2022 ditemani oleh sang istri, Arina Mocca.

Mereka membawakan lagu-lagunya yang dirilis dalam dua bahasa dan berisi kecintaannya dengan Indonesia, yaitu Menikmati Indonesia Sejenak, Nada Sousou, Happy, dan Terima Kasih Arigatou. 

Tak ketinggalan, mereka juga menyanyikan lagu Satu Hati Kokoro Hitotsu Ni yang menjadi official theme untuk festival Indonesia di Jepang yang digelar dua bulan lalu.

"Semoga hubungan kita (Jepang-Indonesia) semakin erat, dan semakin kuat, dan semakin baik," ujar Kato.

Hanin Dhiya

Sebagai penutup salah satu diva Indonesia, Hanin Dhiya menyanyikan lagu-lagu sendu terbarunya, seperti Bertahan Tanpa Arah, Move On, Kembalilah Padanya, Toxic Relationship, dan Sempat. Ia juga menyanyikan lagu legendaris Kangen.

"Turut senang dengan acara Jak-Japan Matsuri, kita bisa saling mengenal budaya satu sama lain," pungkas Hanin.


Pertunjukan Virtual

Pertunjukan Virtual di Theatre JKT48 Jak-Japan Matsuri 2022
Pertunjukan virtual di Theatre JKT48 dalam festival Jak-Japan Matsuri 2022. (Safinatun Nikmah/Liputan6.com)

Di sela-sela pertunjukan onsite, menyesuaikan dengan era digital sekarang ini, JJM 2022 juga menggunakan platform virtual untuk pentas. Ada pertunjukan e-sport dan musik secara virtual.

Arhan Pratama

Penampilan berikutnya adalah penayangan pertandingan singkat e-sport Tokyo Verdy oleh eks pemain sepak bola PSIS Semarang Arhan Pratama melawan Musisi asal Jepang yang kini tinggal di Indonesia Hiroaki Kato.

Arhan yang kini tinggal di Negeri Sakura, telah bergabung dengan J-League Tokyo Verdy sejak Maret 2022. 

Tokyo Verdy adalah klub sepak bola terbesar di Jepang. Tak hanya sepak bola, Tokyo Verdy juga membawahi 14 klub olahraga lain, mulai dari voli, baseball, basket, hingga e-sport.

Dalam pertemuan virtual ini, Arhan juga ditemani oleh Hyuga, pelatih professional e-sport di Tokyo Verdy.

Arhan mengungkapan, turut berduka cita dengan kejadian di Kanjuruhan dan berharap hubungan kerjasama Indonesia-Jepang semakin baik, khususnya di dunia sepak bola semakin banyak pemain Indoneia yang beramin di Jepang, begitu pula sebaliknya.

Lisa Oribe dan Sukima Switch

Sementara itu, penyanyi-penyanyi legendaris Jepang juga turut meramaikan acara ini secara virtual. Ada Lisa Oribe, sang spesalis lagu-lagu anime, dan juga Sukima Switch spesialis lagu Doraemon, Pokemon, hingga Naruto.

Infografis Banjir Bandang dan Longsor di Sulsel
Infografis Banjir Bandang dan Longsor di Sulsel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya