Kenalkan Pearl, Anjing Terkecil di Dunia yang Bisa Dimasukkan ke Saku

Anjing ini ukurannya sangat kecil hingga pemiliknya bisa memasukannya ke dalam saku bajunya.

oleh Linda Sapira diperbarui 21 Apr 2023, 18:35 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2023, 18:35 WIB
Foto Pearl si anjing terkecil di dunia, disandingkan dengan uang kertas (Tangkapan layar dari website cnn.com)
Foto Pearl si anjing terkecil di dunia, disandingkan dengan uang kertas (Tangkapan layar dari website cnn.com)

Liputan6.com, Florida - Pearl bukanlah anjing biasa yang kerap ditaruh tas tangan. Sebab ukurannya sangat kecil hingga sang pemiliknya bisa memasukannya pearl ke dalam saku bajunya. 

Mengutip dari cnn.com, Jumat (21/4/2023), Pearl merupakan jenis anjing Chihuahua berusia dua tahun yang mempunyai ukuran kira-kira sama panjangnya dengan uang dolar kertas. Berkat ukran tubuhnya itu, anjing tersebut dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai world’s shortest dog atau anjing terpendek di dunia

Pearl lahir di Florida pada 1 september 2020, dan pada saat itu ukuran tubuhnya lebih pendek dari batang es loli dengan tinggi hanya 3,59 inci sekitar 9.11 cm. Sekarang anjing ini memiliki panjang 5 inci setara kurang lebih 12 cm, – kira-kira sama dengan uang dolar – dan beratnya hanya 1,22 pound (kurang lebih setengah kilo), tentu saja ini adalah kenaikan berat badan yang signifikan, dari beratnya saat lahir yaitu hanya satu ons. 

Pearl terkait dengan pemegang rekor sebelumnya, yaitu Miracle Milly, yang tingginya 3,8 inci sekitar 9,6 cm. Dia mati pada tahun 2020, sebelum Pearl lahir. Ibu Pearl adalah salah satu saudara identik betina Milly, menurut Guinness World Records.

Pemiliknya Vanesa Semler, yang juga pemilik Miracle Milly, mengatakan kepada Guinness World Records, "Kami beruntung memilikinya. Dan memiliki kesempatan unik untuk memecahkan rekor kami sendiri dan berbagi dengan dunia berita luar biasa ini," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pearl Tampil di Acara TV Guinness di Italia

Foto Pearl si anjing terkecil di dunia, disandingkan dengan remot tv (Tangkapan layar dari website cnn.com)
Foto Pearl si anjing terkecil di dunia, disandingkan dengan remot tv (Tangkapan layar dari website cnn.com)

Pearl baru-baru ini terkenal karena acara di "Lo Show Dei Record," acara pencarian bakat TV Guinness di Italia.

Tampil bersamanya di studio di Milan, Semler mengatakan Pearl "seperti diva", meskipun dia tampak tenang dan tidak terpengaruh di depan penonton studio langsung.

Semler adalah pemilik tiga anjing lainnya, semuanya berukuran "normal", katanya.

Menggambarkan hewan peliharaannya sebagai "bola yang sangat kecil" dan sedikit lebih tinggi dari cangkir teh, Semler mengatakan Pearl terbiasa dengan diet ayam dan salmon berkualitas tinggi.

Dia juga suka "berdandan rapih", menurut Semler. "Kami bersenang-senang bersama," katanya, menambahkan bahwa anjing dewasanya masih "berjiwa anak-anak".

Ukuran tubuh anjing super mini bernama Pearl ini dikonfirmasi setelah dia diukur di Rumah Sakit Hewan Crystal Creek di Orlando, Florida, tempat dia dilahirkan.

Menurut pedoman resmi Guinness, setiap pengukuran diambil dari pangkal kaki, mulai dari kaki depan hingga bagian atas tonjolan di antara tulang belikatnya dalam garis vertikal lurus.

Anjing terkecil yang pernah ada, yaitu Yorkshire Terrier kerdil, tingginya hanya 2,8 inci atau 7,11 cm dan panjangnya hanya 3,75 inci berkisar 9,5 cm, dari ujung hidung hingga ujung ekornya.

Selain itu, anjing terkecil lainnya dimiliki oleh Arthur Marples yang berbasis di Inggris. Anjing jenis Terrier kecil itu mati pada tahun 1945, sebelum ulang tahunnya yang kedua.


Guinness World Records Nobatkan Bobi Sebagai Anjing Tertua di Dunia

Bobi si anjing tertua di dunia
Bobi si anjing tertua di dunia (Dok. Guinness World Records)

Bukan hanya Pearl yang dinobatkan oleh Guinness World Records, ada juga seekor anjing Portugis berusia 30 tahun. Beda dengan gelar Pearl, anjing Portugis bernama Bobi itu dinobatkan sebagai yang tertua di dunia oleh Guinness World Records.

Bobi adalah ras Rafeiro do Alentejo - ras yang memiliki harapan hidup rata-rata 12 hingga 14 tahun.

Anjing tertua sebelumnya adalah Bluey Australia, yang mati pada tahun 1939 pada usia 29 tahun dan lima bulan.

Menurut Guinness World Records, usia tuanya telah divalidasi oleh database hewan peliharaan pemerintah Portugal, yang dikelola oleh Persatuan Dokter Hewan Nasional.

Leonel Costa, yang saat itu berusia delapan tahun, mengatakan bahwa orang tuanya memiliki terlalu banyak hewan dan harus merelakan beberapa anak anjing, tetapi Bobi melarikan diri.

Leonel dan saudara laki-lakinya merahasiakan keberadaan anjing itu dari orang tua mereka sampai dia akhirnya ditemukan dan menjadi bagian dari keluarga, yang memberinya makanan yang sama dengan yang mereka makan.

"Antara sekaleng makanan hewan atau sepotong daging, Bobi tidak ragu dan memilih makanan kami," kata Costa, yang selalu merendam makanan dalam air untuk menghilangkan sebagian besar bumbu.

Baca selengkapnya di sini... 


Zeus Pecahkan Rekor Baru Anjing Tertinggi di Dunia, Sering Disangka Kuda

Zeus, anjing Great Dane Amerika berusia dua tahun berwarna abu-abu dan coklat dari Bedford, Texas, Amerika Serikat, telah dikonfirmasi Guinness World Records sebagai anjing jantan tertinggi yang hidup di dunia. (guinnessworldrecords.com)
Zeus, anjing Great Dane Amerika berusia dua tahun berwarna abu-abu dan coklat dari Bedford, Texas, Amerika Serikat, telah dikonfirmasi Guinness World Records sebagai anjing jantan tertinggi yang hidup di dunia. (guinnessworldrecords.com)

Selain itu, ada juga Zeus anjing berjenis Great Dane Amerika berusia dua tahun berwarna abu-abu dan coklat dari Bedford, Texas, Amerika Serikat.

Zeus yang memiliki tinggi 1,046 meter (3 kaki 5,18 inci) ini telah dikonfirmasi Guinness World Records sebagai anjing jantan tertinggi yang hidup di dunia.

Pemilik Zeus, Brittany Davis, mengaku sejak kecil telah memimpikan suatu hari nanti memiliki anjing jenis Great Dane. Beruntungnya, saudara laki-laki Brittany, Garrett memiliki rekan yang membiakkan anjing besar itu.

Garrett pun membuat mimpi saudara perempuannya menjadi kenyataan, dengan menghadiahkan seekor anjing Great Dane berusia 8 minggu. Awalnya, Brittany gugup memiliki anjing sebesar itu di sekitar rumah, tetapi ternyata itu adalah cinta pada pandangan pertama.

Anjing Zeus, yang lahir dari pejantan merle abu-abu dan belang-belang, adalah anak anjing terbesar di antara lima anak. "Dia sudah menjadi anjing besar sejak kami mendapatkannya, bahkan untuk anak anjing. Dia memiliki cakar yang besar," kenang Brittany. 

Baca selengkapnya di sini... 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya