Netizen Rindu Putri Diana Saat Camilla Resmi Jadi Ratu Inggris

Camilla Shand kini resmi jadi Ratu Inggris. Fans Putri Diana angkat suara.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 07 Mei 2023, 16:49 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 16:30 WIB
6 Gaya Fashion Putri Diana yang Ikonis Sepanjang Masa
Gaun pengantin Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles pada Juli 1981, menjadi salah satu busana yang ikonis. Gaun ini memiliki kereta sepanjang 25 kaki, menjadi yang terpanjang dalam sejarah kerajaan. Saat ini, gaun tersebut telah terpajang di Istana. (FOTO: Instagram.com/Princesdianaa).

Liputan6.com, London - Charles dan Camilla telah resmi dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Inggris pada upacara khidmat yang berlangsung Sabtu (6/5). Mahkota yang dipakai Ratu Camilla adalah milik Ratu Mary, nenek dari Ratu Elizabeth II. 

Selama ini, Camilla selalu menjalankan tugas kenegaraan sebagai istri dari Charles. Ia juga tidak pernah terlibat skandal setelah menikahi Charles. Ratu Elizabeth II pun telah merestui Camilla untuk menjadi ratu. 

Meski demikian, sejumlah netizen tampaknya masih rindu dengan Putri Diana yang merupakan istri pertama Charles. Putri Diana seharusnya menjadi ratu Inggris, namun ia memilih cerai dari Charles. 

Selama menikah, Charles memang berhubungan dengan Camilla yang merupakan mantan kekasihnya. 

Di Instagram resmi The Royal Family, para netizen ramai-ramai mendukung Diana pada foto Camilla yang sedang dinobatkan menjadi ratu. 

"#queendianaforver"

"#teamdiana"

"#NotMyQueen

"Lady Di ratu yang sesungguhnya"

"Ratu sesungguhnya disebut Lady Di"

"Lady Di di hati kami"

"Diana adalah satu-satunya yang cocok untuk itu.

Sejumlah netizen juga menyorot Camilla yang dianggap merebut pasangan orang lain. 

Namun, ada juga netizen yang memberikan dukungan ke Camilla karena dianggap sudah bertugas dengan baik. Seorang netizen bahkan menyebut Camilla sebagai "korban" karena dulu dipaksa menikah dengan orang lain. 

Sekilas Cinta Segitia Charles-Diana-Camilla

Camilla Shand merupakan kekasih Raja Charles III ketika keduanya masih muda. Perjalanan mereka sempat terganjal restu. Camilla sempat menikahi pria lain, sementara Pangeran Charles menikahi seorang gadis muda bernama Diana Spencer. 

Sebagai Putri Wales, Diana berhasil meraih popularitas tinggi di masyarakat dunia. Anggota kerajaan Inggris biasanya sangat ketat mengikuti protokol, sementara Putri Diana dianggap lebih dekat dengan masyarakat. 

Sejarha mencatat pernikahan Charles-Diana kandas di tengah jalan. Perasaan ternyata tidak bisa dibohongi dan Charles masih melanjutkan hubungannya dengan Camilla. 

Diana secara publik telah mengakui bahwa Charles selingkuh dengan Camila. Akhirnya, Diana juga berhubungan dengan laki-laki lain sampai kemudian mereka berpisah pada 1992. 

Pada Agustus 1997, Lady Di meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris. Saat itu, ia sedang menjadi target para paparazzi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Charles III Jadi Raja di Usia 74 Tahun, Tertua dalam Sejarah

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camillaberdiri setelah memasuki Westminster Abbey melalui Great West Door di pusat kota London pada 6 Mei 2023, menjelang penobatan mereka. (YUI MOK/POOL/AFP)

Raja Charles III dimahkotai Sabtu 6 Mei 2023. Sebuah upacara bersejarah digelar di Westminster Abbey di London, Inggris. Penobatan Raja Charles III.

Sejatinya ia telah naik takhta pada September 2022 setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kendati demikian upaca penobatan baru digelar beberapa bulan kemudian.

Raja Charles III dimahkotai dengan Mahkota St Edward bersama istrinya, Ratu Camilla, yang dimahkotai mengenakan mahkota Ratu Mary. Per 6 Mei 2023, pemerintahan Charles secara resmi dimulai.

Ibunya, mendiang Ratu Elizabeth II, memerintah selama 70 tahun, jadi Raja Charles punya cukup waktu untuk merencanakan masanya.

Tapi dengan penantian yang begitu lama, apakah dia orang tertua yang pernah naik takhta? Apakah Raja Charles adalah raja tertua yang dinobatkan?

Jawabannya, ya. Raja Charles III memang raja tertua yang pernah naik takhta.

Mengutip Mirror.co.uk, Minggu (7/5/2023), Raja Charles berusia 73 tahun ketika dia naik takhta - tetapi sekarang berusia 74 tahun, dengan ulang tahunnya pada 14 November tahun lalu. Ia juga sembilan tahun lebih tua dari raja terakhir yang memegang gelar itu, Raja William IV.

Berikut daftar usia para raja Inggris ketika naik takhta:


Usia Para Raja Inggris Saat Naik Takhta

Pakaian bersejarah yang akan dikenakan Raja Charles selama penobatannya
Jubah Penobatan, yang terdiri dari Supertunica (kiri) dan Imperial Mantle ditampilkan di Ruang Tahta di Istana Buckingham, London, pada 26 April 2023. Jubah ini akan dikenakan oleh Raja Charles III saat penobatannya di Westminster Abbey pada 6 Mei mendatang. (Victoria Jones/PA via AP)

Berikut ini daftar teratas 10 raja tertua pada saat naik takhta:

  1. Raja Charles III (naik 2023) – berusia 73 tahun
  2. Raja William IV (naik tahun 1830) – berusia 64 tahun
  3. Raja Edward VII (naik tahun 1901) – berusia 59 tahun
  4. Raja George IV (naik 1820) – berusia 57 tahun
  5. Raja George I (naik 1714) – berusia 54 tahun
  6. Raja James II (naik 1685) – berusia 51 tahun
  7. Raja Harold II (naik tahun 1066) – berusia 45 tahun
  8. Raja George V (naik 1910) – usia 44
  9. Raja George II (naik 1727) – berusia 43 tahun
  10. Raja Edward VIII (naik tahun 1936) – berusia 41 tahun
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya