Ulang Tahun Raja Charles III di Jakarta Dihadiri AHY hingga JK, Sorot Bidang Berkelanjutan Inggris-Indonesia

Sejumlah politikus dan pejabat pemerintah terpantau hadir di Ulang Tahun Raja Charles III di Jakarta, termasuk AHY dan Annisa Pohan.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 08 Jun 2023, 17:04 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 17:04 WIB
Acara potong kue di ulang tahun Raja Charles III di Jakarta. Kiri-kanan: Menhub Budi Karya, Menko Ekonomi Airlangga Hartarto, Dubes Inggris di RI Owen Jenkins, Mantan Wapres RI Jusuf Kalla, Menkop UKM Teten Masduki.
Momen potong kue di ulang tahun Raja Charles III di St. Regis, Jakarta, Rabu malam (7/6/2023). Kiri-kanan: Menhub Budi Karya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Dubes Inggris di RI Owen Jenkins, Mantan Wapres RI Jusuf Kalla, Menkop UKM Teten Masduki. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Inggris mengadakan perayaan ulang tahun Raja Charles III pada Rabu, 7 Juni 2023. Acara itu mengundang sejumlah pejabat, politikus, duta besar, serta diaspora Inggris di Indonesia. 

Raja Charles III sebetulnya berulang tahun pada 14 November 1948. Namun, raja dan ratu Inggris secara tradisi merayakan ulang tahun dua kali setahun apabila mereka lahir di musim dingin (Charles lahir menjelang musim dingin). 

Pada acara perayaan ulang tahun yang digelar di Hotel St. Regis Jakarta, Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins memotong kue bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Mantan Wapres RI Jusuf Kalla. 

Turut hadir pula Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan. Duta besar negara-negara sahabat juga hadir, seperti Dubes Uni Eropa Vincent Piket, Dubes Ukraina Vasyl Hamianin, serta Dubes Kenya Galma Boru yang baru ditugaskan di Indonesia selama beberapa bulan.

<p>AHY dan Annisa Pohan di acara ulang tahun Raja Charles III di Jakarta, Rabu malam (7/6/2023). Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com</p>

Dalam pidato pembukanya, Dubes Owen menyorot kerja sama di bidang berkelanjutan antara Inggris-Indonesia. Isu lingkungan disebut-sebut merupakan passion dari Raja Charles III.

"Indonesia memiliki kekuatan besar di bidang kehutanan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk energi terbarukan yang murah, bersih, dan andal yang dimilikinya. Inggris sangat berbangga atas dukungan kami terhadap Kemitraan Transisi Energi Indonesia Yang Adil (JETP) yang diluncurkan pada saat G20 yang mana akan membantu Indonesia dalam mempercepat transisi energi, beralih dari bahan bakar fosil menuju energi terbarukan," ujar Dubes Owen Jenkins. 

Dalam kesempatan itu, Dubes Owen menyiratkan bahwa ia akan segera purnatugas sebagai duta besar di Indonesia. 

"Ini akan menjadi Perayaan Ulang Tahun Raja yang terakhir bagi saya di Indonesia. Empat tahun belakangan ini sangat luar biasa bagi saya," ujar Dubes Inggris.

 


Mitra Dialog ASEAN

Potret Resmi Raja Charles III Usai Penobatan
Potret Resmi Raja Charles III Usai Penobatan di Istana Buckingham dengan Mahkota, Tongkat Kerjaan, dan Orb. (Fotografer: Hugo Burnand/Dokumentasi: The Royal Family)

Dubes Owen Jenkins turut menyorot peran Inggris sebagai Mitra Dialog ASEAN. Kawasan Asia Tenggara ini dinilai memiliki kekuatan penting dalam berbagai bidang. 

"Kita mengetahui bahwa ASEAN sangat penting bagi ekonomi, keamanan, serta kepentingan kami dalam tatanan internasional yang terbuka, stabil, dan sejahtera," ujarnya. 

Ia juga memuji keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023. 

"Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini menjadi momen kunci untuk pekerjaan tersebut, dan kami berharap dapat mengembangkan kemitraan baru ini untuk mendukung sentralitas ASEAN, termasuk Epicentrum of Growth," Dubes Owen berkata. 

Terkait akhir masa tugasnya di Indonesia, Dubes Owen turut berterima kasih kepada berbagai pihak saat ia bertugas di Indonesia, termasuk British Council. 

"Izinkan saya juga untuk mengatakan betapa bangga saya terhadap tim yang luar biasa di Kedutaan Besar, Misi Inggris untuk ASEAN dan British Council - mereka telah berkontribusi besar terhadap pencapaian kami selama beberapa tahun terakhir," ucap Dubes Owen.

"Saya tahu bahwa persahabatan Inggris dan Indonesia akan semakin kuat di bawah kepemimpinan Duta Besar inggris selanjutnya dan juga kepemimpinan yang sangat menginspirasi dari bangsa Indonesia," pungkasnya.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya