AS Tawarkan Hadiah Rp77 Miliar untuk Informasi Dalang Pembunuhan Capres Ekuador Fernando Villavicencio

Fernando Villavicencio, yang merupakan seorang mantan wartawan dan anggota kongres Ekuador, ditembak mati pada 9 Agustus 2023 usai berkampanye.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 29 Sep 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2023, 14:01 WIB
Calon Presiden Ekuador Fernando Villavicencio Ditembak Mati
Polisi dan pekerja darurat berdiri di luar klinik tempat calon presiden Fernando Villavicencio dibawa setelah dia ditembak mati usai kampanye di Quito, Ekuador, Rabu (9/8/2023). Penembakan ini berlangsung 10 hari menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada 20 Agustus mendatang. (AP Photo/Juan Diego Montenegro)

Liputan6.com, Washington - Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah USD 5 juta atau sekitar Rp77,4 miliar bagi siapa saja yang memberikan rincian yang mengarah pada penangkapan dalang yang mengatur pembunuhan calon presiden Ekuador.

Fernando Villavicencio ditembak mati pada 9 Agustus 2023 usai berkampanye.

Kejahatan terorganisir berada di balik pembunuhan tersebut, kata Presiden Ekuador Guillermo Lasso, saat itu.

AS juga menawarkan hadiah sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp15,4 miliar bagi siapa pun yang memberikan informasi mengenai pemimpin geng yang bertanggung jawab atas kematian Villavicencio.

"AS akan terus mendukung rakyat Ekuador dan berupaya mengadili orang-orang yang berusaha merusak proses demokrasi melalui kejahatan dengan kekerasan," tegas Menteri Luar Negeri Antony Blinken, saat mengumumkan hadiah tersebut, pada Kamis (28/9), seperti dilansir BBC, Jumat (29/9).

"Investigasi (pembunuhan Villavicencio) ini didukung oleh FBI dan hadiah tersebut menunjukkan komitmen Washington untuk memerangi kejahatan terorganisir."

Kampanye pemilu Villavicencio berfokus pada pemberantasan korupsi dan geng kriminal. Dia adalah salah satu dari sedikit kandidat yang menuduh adanya hubungan antara kejahatan terorganisir dan pejabat pemerintah di Ekuador.

Sebagai seorang anggota kongres dan mantan jurnalis, Villavicencio mengecam tindakan yang menurutnya merupakan pendekatan yang lunak terhadap geng, dengan mengatakan bahwa jika dia berkuasa maka akan ada tindakan keras.

Hanya beberapa pekan sebelum Villavicencio dibunuh, wali kota Manta di Ekuador ditembak mati. Pada Februari, wali kota Puerto Lopez juga dibunuh saat berkeliling kotanya.

Namun, penembakan seorang calon presiden di sebuah acara publik di ibu kota adalah serangan paling berani sejauh ini dan merupakan bukti kekuatan geng di Ekuador.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meningkatnya Kehadiran Kartel Kolombia dan Meksiko

Calon Presiden Ekuador Fernando Villavicencio Ditembak Mati
Pekan lalu, Villavicencio yang merupakan seorang mantan jurnalis, mengatakan bahwa dia dan timnya telah diancam oleh pemimpin geng yang terkait dengan perdagangan narkoba. (AP Photo/Juan Diego Montenegro)

Ekuador secara historis merupakan negara yang relatif aman dan stabil di Amerika Latin, namun kejahatan meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Fenomena itu dipicu oleh meningkatnya kehadiran kartel narkoba Kolombia dan Meksiko, yang menyusup ke geng kriminal lokal.

Polisi Ekuador mengatakan bahwa sejauh ini mereka telah menahan enam warga negara Kolombia sehubungan dengan kematian Villavicencio, namun masih mencari tersangka lainnya.

Ini bukan pertama kalinya AS menawarkan imbalan atas informasi kejahatan yang dilakukan di negara lain. Pekan ini mereka menawarkan hadiah hingga USD 5 juta untuk membantu menemukan Abukar Ali Adan, wakil pemimpin kelompok militan al-Shabaab yang berbasis di Somalia.

Tahun lalu, Badan Pemberantasan Narkoba AS juga menawarkan imbalan uang yang sama bagi informasi yang mengarah pada penangkapan anggota penting kelompok kejahatan terorganisir Irlandia, Kinahan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya