Kala Toyota Raize Pilihan Paus Fransiskus di Papua Nugini Jadi Sorotan

Mobil pilihan Paus Fransiskus juga jadi sorotan. Toyota Raize berwarna putih dengan pelat nomor SCV 1 terpantau menjadi pilihan Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Papua Nugini. Ia juga duduk di bangku depan dengan jendela terbuka seperti halnya ia lakukan di Indonesia.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Sep 2024, 11:35 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 11:35 WIB
Paus Fransiskus di Papua Nugini usai kunjungan dari Indonesia. (AFP / DOZIER MARC / HEMIS.FR)
Paus Fransiskus di Papua Nugini usai kunjungan dari Indonesia. (AFP / DOZIER MARC / HEMIS.FR)

Liputan6.com, Jakarta Ribuan orang telah melakukan perjalanan ke ibu kota Papua Nugini (PNG) untuk menemui Paus Fransiskus, yang tiba di Port Moresby dari Indonesia pada Jumat (6/9/2024) malam. Demikian mengutip RNZ News.

Mobil pilihan Paus Fransiskus juga jadi sorotan. Toyota Raize berwarna putih dengan pelat nomor SCV 1 terpantau menjadi pilihan Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Papua Nugini. Ia juga duduk di bangku depan dengan jendela terbuka seperti halnya ia lakukan di Indonesia.

Paus Fransiskus telah mendarat di Port Moresby, Papua Nugini. Pesawat Garuda Airlines yang ditumpanginya mendarat pukul 19:10 waktu setempat pada hari Jumat 6 September, mengawali perjalanan kedua dari Perjalanan Apostoliknya yang ke-45 ke luar negeri.

Anak-anak akan berjejer di jalan, dan para pemusik serta musisi telah berlatih menjelang Misa hari Minggu yang diperkirakan akan menarik massa hingga lebih dari 35.000 orang.

Angka resmi menunjukkan sekitar 6.000 orang telah melakukan perjalanan ke Port Moresby untuk menemui Paus Fransiskus.

Warga Bouganville Priscilla Takusi mengatakan bahwa ia menantikan kunjungan tersebut.

Umat Katolik di Papua Nugini mengatakan kunjungan Paus akhir pekan ini akan memperkuat iman mereka.

Negara ini terdiri dari sedikitnya dua juta umat Katolik.

Lebih dari 35.000 orang diperkirakan akan memenuhi stadion untuk Misa pada hari Minggu (7/9).

Julianna Waeda, yang akan menjadi pengantar untuk pertemuan tersebut mengatakan bahwa kunjungan tersebut sangat penting. "Tidak setiap hari saya bisa ikut misa bersama kepala gereja. Jadi, itu hanya cara saya untuk memperkuat iman saya."

Vatican News menyebut hampir 30 tahun sejak kunjungan Paus ke Papua NuginiIni adalah kunjungan yang sudah lama ditunggu-tunggu, karena terakhir kali seorang Paus melakukan perjalanan ke negara kepulauan ini adalah pada tahun 1995, ketika Santo Yohanes Paulus II datang untuk beatifikasi Peter To Rot, seorang katekis awam Papua yang menjadi martir selama Perang Dunia Kedua karena mengajarkan iman Katolik.

Seperti yang dikatakan oleh manajer media untuk kunjungan Paus, kehadiran Bapa Suci di Papua Nugini menawarkan sumber harapan yang besar bagi umat, sebuah sentimen yang digaungkan oleh banyak umat Katolik Papua yang kami temui beberapa hari ini menjelang peristiwa bersejarah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Curi Perhatian Pakai Toyota Innova di Indonesia, 5 Mobil Pilihan Paus Fransiskus Ini Juga Disorot

Paus Fransiskus menumpang mobil Kijang Innova Zenix berkelir putih saat berkunjung ke Indonesia. (Liputan6.com/Benedikta Miranti T.V)
Paus Fransiskus menumpang mobil Kijang Innova Zenix berkelir putih saat berkunjung ke Indonesia. (Liputan6.com/Benedikta Miranti T.V)

Di Indonesia, Paus Fransiskus diarahkan menuju mobilnya Kijang Innova Zenix berkelir putih. Di depan mobil, nampak terpasang bendera merah putih dan bendera katedral dengan pelat SCV 1. Paus tampak duduk di depan bagian sebelah kiri penumpang.

Paus Fransiskus juga terlihat dikawal dengan mobil mewah Mercedes-Benz G-Class.

Mobil keluaran Toyota itu jadi sorotan, karena tak seperti kebanyakan para pemimpin dunia yang melawat ke Indonesia yang terbilang mewah. Sedan Mercedes Benz umumnya kerap digunakan para tamu negara.

Selain mobil Kijang yang jauh dari kesan mewah, berikut ini pilihan kendaraan Paus Fransiskus saat berkunjung ke sejumlah negara, mengutip sejumlah sumber, Rabu (4/9/2024):

Selengkapnya klik di sini...

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya