Melongok Terowongan Canggih Kartel Narkoba AS-Meksiko

Terowongan itu dilengkapi rel, saluran ventilasi, dan lampu-lampu untuk pencahayaan.

oleh Eko Huda Setyawan diperbarui 01 Nov 2013, 08:00 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2013, 08:00 WIB
trowongan-kartel-131101a.jpg
Sebuah terowongan canggih yang dipakai untuk menyelundupkan narkoba dari Meksiko ke Amerika Serikat ditemukan oleh The Sandiego Tunnel Task Force. Terowongan itu membentang dari Tijuana, Meksiko, hingga San Diego, AS.

Laman NBC News, Jumat (1/11/2013) memberitakan, terowongan tersebut ditemukan pada Rabu malam lalu. Tiga orang ditangkap, 8 ton mariyuana dan sekitar 112 kilogram kokain disita.

Terowongan ini punya perlengkapan yang cukup canggih. Rel, saluran-saluran udara sebagai ventilasi, dan lampu untuk pencahayaan, terpasang rapi di terowongan yang menghubungkan sebuah gudang di kawasan industri Otay Mesa, San Diego, dengan kawasan dekat bandara di Tijuana.

Laman ABC News menulis, setidaknya ada 75 terowongan yang telah ditemukan sejak 2008. Terowongan-terowongan yang pembuatannya didanai kartel narkoba itu memang didesain untuk menyelundupkan mariyuana dari Meksiko ke AS. Selain itui, juga untuk menyelundupkan minyak mentah.

Wilayah San Diego memang disenangi para kartel untuk pembuat terowongan. Sebab, tanah di kawasan itu berjenis tanah liat yang sangat mudah digali. Selain itu, San Diego punya banyak kawasan pergudangan yang tentunya mempermudah operasi para kartel.

Mulut-mulut terowongan itu biasanya dimulai dari lantai sebuah gudang. Namun terkadang mulut terowongan itu berada di sebuah rumah pribadi. (Eks/Yus).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya