Jamaah Haji, Jangan Saling Pinjam Peralatan Pribadi!

Dr Mulyadi Tedjapranata, MD FIAS menyarankan, para jamaah haji atau umrah untuk tidak meminjamkan peralatan pribadi pada jamaah lainnya.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 16 Mei 2014, 16:00 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 16:00 WIB
Kemenko Kesra Simulasikan Pengendalian MERS di Purwakarta
(Liputan6.com/Fitri Syarifah)

Liputan6.com, Jakarta Agar terhindar dari korona virus atau MERS, mantan dokter yang pernah bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Mulyadi Tedjapranata, MD FIAS menyarankan, para jamaah haji atau umrah untuk tidak meminjam peralatan pribadi pada jamaah lainnya. Mulai dari peralatan makan, mandi, dan lain-lainnya.

Ini merupakan bentuk antisipasi, serta menjaga virus tidak masuk ke dalam tubuh. Memang, akan terkesan tidak sopan dan sombong. Tapi, mau bagaimana lagi? Semua itu demi kebaikan bersama.

"Minta maaf sama-Nya dalam hati saja. Kan tidak maksud seperti itu. Lagian, Dia juga tahu kok, apa yang kita perbuat ini demi suatu hal yang positif," kata Dr Mulyadi pada Health Liputan6.com, ditulis Jumat (16/5/2014)

Bahkan, terang dia, keluarga sendiri yang ingin meminjam peralatan pribadi milik kita pun, sebisa mungkin untuk tidak menurutinya. Karena kita tidak pernah tahu, apakah keluarga sendiri benar-benar sehat, atau justru sebaliknya.

Menurut pria yang juga spesialis infeksi pencernaan, membentengi diri sendiri adalah cara mudah agar terhindari dari virus berjenis RNA ini. Terlebih belum diketahui pasti, apakah penularannya dari unta ke manusia atau dari manusia ke manusia.

"CDC (Center for Disease Contyrol and Prevention) Amerika Serikat, MERS menular pada transmisi kelompok kecil. Jadi, selain menutup mulut, jamaah pun dapat menghindari berbagi peralatan pribadi pada orang lain, khususnya orang yang menurutnya `mencurigakan`," kata dia menerangkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya