Jika Diminta, Universitas Airlangga Siap Produksi Vaksin MERS-CoV

Kini para peneliti di Universitas Airlangga siap untuk memproduksi vaksin MERS-CoV.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 16 Mei 2014, 17:00 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 17:00 WIB
Vaksin MERS Berhasil Diciptakan AS?
Perusahaan vaksin di Amerika, Gaithersburg biotek Novavax dengan Maryland University mengklaim telah berhasil mengembangkan vaksi MERS

Liputan6.com, Jakarta Setelah suskes mengembangkan vaksin untuk Flu Burung (H5N1) beberapa tahun silam, kini para peneliti di Universitas Airlangga siap untuk memproduksi vaksin MERS-CoV.

"Ya, kami tengah menyiapkannya. Alat dan bahan yang tempo hari digunakan untuk vaksin Flu Burung masih ada, dan masih bisa digunakan. Kami sih, siap tempur," kata Peneliti Universitas Airlangga, C.A. Nidom saat dihubungin Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Jumat (16/5/2014)

Sebenarnya, lanjut Nidom, untuk `meracik` vaksin bukanlah perkara sulit. Ketika pemerintah di Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan butuh vaksin, maka timnya akan segera membuatnya.

Meski mudah, Nidom mengaku masih mengalami kesulitan untuk pengadaan virus MERS-CoV itu sendiri. "Kalau virus itu ditemukan pada masyarakat di Indonesia, kami akan minta virus itu. Nah, itu bisa jadi bahan vaksin MERS-CoV. Kalau kondisinya seperti ini, virus itu sudah mengalami adaptasi dengan masyarakat Indonesia," kata dia menambahkan.

Tapi, bila virus itu tak kunjung ditemui, maka cara yang akan dilakukan para peneliti di sana dengan melakukan pendekatan VLP (virus like particel). Menurutnya, cara ini tergolong mudah, hanya membutuhkan sepotong virus yang menginfeksi masyarakat, lalu merekayasanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya